4 Cara Membaca Maktabah Syamilah Online

Salah satu hal yang terkadang saya lakukan waktu membuka internet untuk sekedar browsing atau mencari bahan tulisan untuk blog, saya kunjungi web atau blog software-software islam seperti syamilah, elkirtasse, quthrub atau open source yang lain. Dengan mengikuti setiap perkembangan software tersebut saya selalu menemukan hal yang baru untuk ditulis di blog saya.

Sungguh, dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat hari ini kita mesti bersyukur karena jika digunakan untuk kebaikan akan sangat bermanfaat, salah satu yang sangat saya syukuri adalah adanya Maktabah Syamilah, ini sangat membantu saya yang ingin baca kitab tapi tidak punya banyak buku, software ini sangat membantu saya dan saya berdoa semoga orang-orang yang mengabdikan dirinya untuk membuat software ini diberikan pahala yang besar dan menjadi amal jariyah mereka di akhirat nanti.

Bagi sahabat yang ingin belajar tentang Makatah Syamilah, silahkan melihat dan menyimak artikel berikut tentang Tutorial Mudah Belajar Maktabah Syamilah.

Tutorial yang saya tulis lengkap dari tool di Syamilah, cara pencarian ayat Al-Quran, cara mencari di kitab-kitab Syamilah dan cara melakukan ekspor kitab.

Di web ini saya menulis setiap perkembangan Syamilah dari masa ke masa, setiap ada info baru dari laman resmi syamilah, saya coba update syamilah dan tulis reviewnya.

Berikut beberapa upgrade Syamilah yang pernah saya tulis.

Dari list artikel perkembangan Syamilah, kita jadi tahu bahwa syamilah sudah dikembangkan bertahun tahun, yang paling baru adalah update Syamilah versi 4.0 yang keluar awal tahun 2021.

Selanjutnya, perkembangan Syamilah saat ini sudah meningkat dari basis aplikasi kepada basis onlie, artinya kita bisa membaca Syamilah secara online tanpa perlu instal Syamilah. Ini bisa memudahkan sebagian orang yang tidak ingin space hard disk terkurang banyak namun bisa menikmat sajian Syamilah.

Berikut ini 4 Sumber Online Maktabah Syamilah yang pernah saya coba.

1. Maktabah Syamilah Online dari Shamela.ws

Salah satu web yang baru-baru ini saya kunjungi adalah webnya syamilah, ada sesuatu yang baru dari web ini selain upgrade syamilah 3.48 yaitu hadirnya maktabah syamilah online, artinya kita bisa membaca kitab-kitab yang tersedia dalam Maktabah Syamilah tanpa harus men-download-nya terlebih dahulu. Pencarian bab atau sub bab, berpindah ke halaman tertentu atau juz tertentu sudah tersedia. Versi ini juga kompatibel dengan web browser aplication yang sudah kita kenal seperti Mozilla, Chrome, Opera atau Explorer, namun belum begitu sempurna dalam browser smartphone atau tablet.

Kehadiran versi online ini sekaligus menjadi kabar gembira bagi para pengguna OS Linux  yang sudah bingung nyari kesana-kesini tutorial menginstal maktabah syamilah di linux  tapi tak kunjung ketemu, karena yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet meskipun agak lemotز

Di atas adalah informasi resmi peluncuran web syamilah online, kurang lebih terjemahannya demikian;

PENGUMUMAN PENTING

  • Telah selesai menyiapkan sebagian besar kitab untuk diakses dan sisanya disiapkan berikutnya, insya Allah.
  • Pencarian kata dalam naskah semua kitab akan bisa digunakan tidak lama lagi, dengan izin Allah. Sementara sekarang ini fasilitas pencarian kata masih berfungsi untuk kitab yang dibuka saja.
  • Anda bisa menggunakan panah kanan dan kiri untuk berpindah halaman kitab.
  • Browsing tidak bisa dilakukan kecuali menggunakan browser terbaru. Karena itu tidak bisa mengakses menggunakan Internet Explorer. Kami harap Anda mendownload versi terbaru dari Firefox (Arab/Inggris) atau Chrome (Arab/Inggris). Kedua software ini gratis.
  • Browsing tidak bisa diakses dengan baik menggunakan smartphone dan tablet. Dalam waktu dekat insya Allah akan diselesaikan versi khusus untuk tablet dan smartphone.
  • Untuk pertanyaan dan pelaporan masalah silahkan hubungi kami.

Meskipun fasilitasnya tidak sepenuh versi offlinenya, insya Allah masih sangat bermanfaat karena dimana pun kita berada, asal ada koneksi internet kita bisa menikmati perpustakaan digital yang berisikan 5300 judul kitab (berdasarkan keterangan dari website resminya).

Berikut ini screenshot saya ketika mencoba syamilah online dan membaca kitab Ushulus Sunnah li Imam Ahlis Sunnah Ahmad bin Hanbal rahimahullah. Pertama saya mencari daftar kitab yang ingin saya baca di Qaimatul Aqsam wal Kutub atau daftar kategori dan nama kitab, tampilannya seperti di bawah ini.

syameela online1
syameela online2

ini tampilan dari kitab tersebut.

New Picture (4)

Update:

Tautan Maktabah Syamilah Online dari web Syamilah sudah tidak aktif, sepertinya laman tersebut sebagai ujicoba dari pihak Syamilah, ketika saya kunjungi kembali tautan yang menghubungkan ke Syamilah Online sudah tidak ada di link berikut: https://shamela.ws/browse.php.

Sebagai gantinya, ahli IT muslim mengembangkan secara sendiri web Maktabah Syamilah Online di situs al-maktaba.org.

2. Maktabah Syamilah Online di al-maktaba.org

Berdasarkan keterangan pengembang di web resminya, Syamilah Online ini tidak ada kaitan dengan seri asli atau tidaknya Syamilah. Ini murni hasil kerja ahli IT yang cinta ilmu pengetahuan. Katanya ini masih versi awal dan akan banyak pengembangan ke depan, mereka minta kontribusi dari kita untuk menulis review atau menyampaikan kritik untuk pengembangan Syamilah Online.

Ini tampilan awal Maktabah Syamilah Online

Tampilan awal Maktabah Syamilah Online

Mari kita coba melihat bebeberapa halaman dari Syamilah Online.

Pada laman أقسام المكتبة terdapat beberapa rumpun keilmuan dengan jumlah kitab yang tersedia, كتب العقيدة ada 678 kitab, كتب التفاسير ada 171 kitab, كتب علوم القرآن ada 364 kitab, كتب متون الحديث ada 189 kitab, كتب مخطوطات حديثية ada 299 kitab dan rumpun keilmuan lainnya dengan total hampir 3000 kitab.

Saya coba membuka كتب العقيدة, maka terbentang daftar kitab-kitab para ulama dengan keterangan kitab dan penulisnya. Di bawah ini nampak kitab كتاب الفقه الأبسط karangan Abu Hanifah, Nu’man bin Tsabit

Coba buka kitab tersebut dan akan nampak tampilan seperti ini, bilah kanan akan nampak daftar isi kitab dan sebelah kiri nampak isi kitab. Harakat kitab bisa ditampilkan atau disemnbunyikan, font bisa dibesarkan atau dikecilkan dan teks bisa copy paste tanpa harus blok teks karena ada icon copas di setiap akhir paragraf.

Sila dicoba di browser Anda melalui HP, Tab atau Komputer.

3. Kitab Tafsir Online dari Quran-Tafsir.net dan Tafsir.app

Di bagian paling kiri web ada laman موسوعة التفاسر atau ensiklopedi Tafsir, ketika mengkliknya kita akan dibawa ke laman https://quran-tafsir.net/. Ada ratusan kitab tafsir dulu dan kontemporer tersedia disini.

Saya mencoba mencari tahu project ini di laman حول المشروع dan disebutkan bahwa Quran Tafsir ini adalah bagian lain dari projek الجامع التاريخي لتفسير القرآن الكريم dari mobdii.com.

Mata saya langsung terkesan dengan project di atas, dan ternyata sudah hampir selesai, berikut flyer pengumumannya.

Project Tafsir ini bisa dilihat di tautan ini; https://www.mobdii.com/Aljamaie.html

Saya melakukan konfirmasi ilmiah kepada Dr. Sohaib Saeed yang memiliki akun twitter @tafsirdoctor perihal proyek Al-Jami’ ini, dan ternyata aplikasi ini sering beliau gunakan ketika membahas tafsir secara intensif atau kronologis.

Ini jawaban beliau di kanal twitter.

Kini juga telah hadir software atau aplikasi Bahits Qurani yang bisa diinstall di android atau dibuka melalui lama web.

Di Android, Anda bisa mengunduh aplikasinya di tautan berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.thedawah.furqan menuju laman unduh Bahits Qurani di Playstore.

Tampilan aplikasi di Playstore

Sudah dikembangkan juga Bahits Qurani berbasis web untuk kalangan pelajar Islam. Sofware ini membantu mereka mencari dan mengetahui ilmu tafsir yang terbagi menjadi dua. 

  1.  Ilmu yang berkaitan dengan tafsir ayat seperti tafsir, gharib maani,  i’rab, qiraat dan asbabun nuzul. 
  2. Ilmu yang berkaitan dengan maajim seperti mufradat alafadz alquran, judhur kalimat Alquran, dan beberapa kamus bahasa: lisanul arab, bahrul muhith dan maqayis allughah. 
  3. Ada tafsir dengan ketegori Luhgah wa Balaghah (Bahasa dan retorika, keindahan); at-Tahrir wa Tanwir, al-Muharrar al-Wajiz Liibn Athiyah, al-Bahr al-Muhith, al-Basith lil Qahidi, Al-Kasyyaf.
  4. Kategori Mausu’ah (ensiklopedi); ada kitab tafsir ar-Razi dan al-Alusi.
  5. Kategori Mu’ashir (tafsir modern); al-Muyassar, aysaruttafasir, dan lainnya.
  6. Dan ada kategori; Murakkaz Ibarah (yang mengkaji makna kata dan kalimat ); Tafsir Jalalain, Jami’ul al-Bayan, Baidhawi dll. Dan beberapa kategori lainnya.

Website bisa dikunjungi di https://tafsir.app/20/110

Aplikasi Online ini sering digunakan Dr. Sohaib Saeed ketika mengajarkan tafsir secara online yang saya ikuti.

4. Maktabah Syamilah Online di app.turath.io

Website app.turath.io adalah web alternatif untuk membuka Syamilah secara online. Buku atau kitab dibaca secara online yang sumbernya adalah kitab-kitab dari Maktabah Syamilah. Keunggulan dari web ini, proses membuka kitab sangat cepat, mayoritas kitab yang diupload sudah dalam versi berharakat.

Saya mencoba opsi search di web turath dengan menuliskan kata نية dan tampil dengan cepat kurang lebih 105.290 hasil dalam kitab-kitab yang mencamtumkan kata itu.

Berikut screenshot hasil pencarian.

Pencarian lebih lanjut bisa dilakukan pada كتب atau مؤلفون dengan menuliskan nama kitab atau pengarang yang diinginkan.

Link: https://app.turath.io/

Maktabah Syamilah Versi 4.0

Selain update Syamilah Online, berita terbaru di tahun ini adalah Syamilah merilis versi ke empat (4.0) Maktabah Syamilah. Syamilah ini lebih powerfull dari versi sebelumnya, ini sudah saya review lengkap di tautan ini. Maktabah Syamilah Terbaru Versi 4.0 (Syamilah 1442 H).

Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah informasi tentang perkembangan teknologi islam.

Jangan lupa share pengalaman Anda bersama Syamilah di kolom komentar.

Jumal Ahmad | ahmadbinhanbal.com

4 pemikiran pada “4 Cara Membaca Maktabah Syamilah Online”

  1. Kunjungi web resmi syamilah di http://www.shamela.ws lalu di laman utama anda cari di list artikel dari syamilah tentang maktabah online kalau tidak salah ada di nomer paling bawah.

    Jika sudah ketemu silahkan komentar ulang di laman ini atau sekiranya masih ada pertanyaan lain, saya siap membantu.

    update:
    jinaan.com juga membuat syamilah versi online, sampai sekarang masih dalam tahap pengembangan.

    Silahkan kunjungi alamat berikut untuk mencoba. maktaba.jinaan.com/

Tinggalkan komentar