Alfanous, Mesin Telusur Al-Quran Canggih dan Modern

Mengenal Alfanous Search Engine

Alfanous search engine adalah mesin pencari Alquran yang berfungsi secara dinamis, komprehensif, dan open source yang menyediakan bagi pengguna layanan pencarian dasar dan lanjutan untuk Alquran. Alfanous dibangun dengan dasar-dasar mesin pencari modern yang memiliki fitur-fitur yang memudahkan pengguna untuk mencari kata dan mendapatkan hasil kata terkait di Al-Quran.

Alfanous adalah mesin pencari yang dikembangkan untuk konteks bahasa Arab, khususnya Al-Quran. Memberikan analisis morfologis praktis, dimulai dengan ekstraksi akar dan berbagai operasi lainnya. Ini akan memberi pengguna lebih banyak kebebasan dalam perumusan kueri, sebagai serta meningkatkan akurasi pencarian dan kelengkapannya. Alfanous tidak hanya untuk pengguna tetapi juga Python API yang berfungsi sebagai alat bantu bagi para pengembang yang mengerjakan aplikasi yang berhubungan dengan Alquran dan ingin memanfaatkan layanan pencarian yang disediakan oleh Alfanous untuk membuat antar muka yang independen untuk desktop , berbasis web, Android, iOS, ponsel Windows, aplikasi untuk Facebook, Twitter, dan Google +.

 Aplikasi alfanous menyediakan banyak fitur dan layanan pencarian yang beragam, powerful, dan memiliki stabilitas yang tinggi serta kecepatan pencarian yang tinggi dibandingkan dengan mesin pencari Alquran lainnya. Banyak fitur Alfanous termasuk fitur pencarian lanjutan: pencarian berdasarkan bidang; cari berdasarkan frase; temukan kalimat atau cari bagian dari kata tersebut; gunakan pencocokan tepat untuk kata-kata sebagai default dan fuzzysearch untuk mencari semua kata yang terkait erat dengan kata-kata yang dicari, pencarian wildcard atau jokers (ekspresi reguler); hubungan logis (sinonim dan antonim); mencari dengan indeks yang berbeda seperti indeks tematik; mencari kesamaan dalam Alquran; pertimbangan diakritik; mengabaikan perbedaan bentuk Hamza.

Fitur lainnya adalah mencari kata dengan menambahkan pengecualian (yang berisi, tidak berisi, Dan / Atau / Kecuali, hanya menyertakan, atau keduanya); mencari berdasarkan properti kata (berdasarkan akar dan jenis kata Arab); cari di derivasi kata (derivasi kata benda; konjugasi kata kerja). Mengizinkan pencarian stemming bahasa Arab; distribusi hasil di halaman; hasil diurutkan berdasarkan kriteria yang dipilih oleh pengguna; sorot kata-kata yang ditemukan.

Tafsir dan terjemahan makna ayat Alquran; memberikan informasi pertanyaan statistik tentang Al-Qur’an (jumlah kemunculan kata dalam Al-Qur’an; rincian tentang ayat-ayat dan Bab yang berisi kata-kata yang dicari); mendengarkan ayat-ayat yang menyertakan kata-kata yang dicari. Ada 11 bahasa yang didukung untuk pengaturan antarmuka pengguna web.

Alfanous adalah mesin pencari khusus dan canggih. Alfanous bisa bekerja di berbagai aplikasi ponsel pintar seperti iPhone, iPad dan iPodTouch, dan mendukung iOS11; Antarmukanya sangat sederhana dan dianggap sebagai mesin pencari Alquran yang canggih dan memberikan kemampuan luar biasa untuk mencari Alquran.

Mungkin tidak terlalu berlebihan jika saya katakan demikian, dengan fiturnya yang lengkap dan terus disempurnakan ia akan menjadi jawara dalam persaingan serach engine Al-Quran. Desain dan Interfacenya berbeda dengan Zekr dan Othman yang terlalu sederhana dan sedikit fitur pelengkapnya.

Alfanous adalah mesin pencari Al-Quran yang bisa digunakan pada system operasi Linux dan Windows, sangat bagus dan menyediakan fitur-fitur yang lengkap, layanan pencarian yang beragam, serta memiliki stabilitas tinggi dan pencarian dengan kecepatan tinggi, sehingga mestinya setiap orang islam memiliki dan menggunakan aplikasi ini.

Semoga saja proyek mengagumkan ini tidak akan bernasib seperti imhalal, search engine yang gulung tikar gara-gara tidak mampu menanggung beban biaya operasional yang semakin meningkat, dan diperparah ketika para investor dan pemilik modal hanya mampu mengeluarkan uang mereka di tempat-tempat yang basah alias menghasilkan banyak uang seperti real estate.  

Mengenal Assem Chelli , Founder dan Developer Alfanous

Assem Chelli (Baca : Ashim Syally) lahir di Jijel, Algeria tahun 1988, belajar menjadi enginer di Sekolah Tinggi Nasional Ilmu komputer-Algeria dan Alfanous adalah proyek untuk kelulusannya yang mulai dikerjakan awal September 2009 dan sampai ia lulus tahun 2010, proyek tersebut masih ia lanjutkan.

Setelah lulus, ia memasukkan proyeknya ini ke situs sourceforge.net, situs yang menjadi tempat bagi Open Source applications and software directory sambil melakukan perbaikan-perbaikan yang perlu.

Lalu tentang pemilihan nama “alfanous” untuk search engine ini, assem menyebutkan bahwa awalnya ia mencoba untuk mencari nama binatang untuk nama software ini, sebuah binatang yang cocok dijadikan sebagai simbol untuk software Al-Quran Search engine. Lantas ia menemukan sebuah nama, yaitu ‘Ankaboot (laba-laba), namun kemudian ia berpikir nama ini asing di telinga orang, begitu juga di telinganya. Akhirnya, ia menemukan gambar sebuah lentera, mushaf, dan jam pada google.

Dan akhirnya ia memilih lentera (bahasa arab : Alfanous) sebagai nama untuk Al-Quran Search Engine. Assem pernah diwawancarai oleh onislam.net dan artikelnya dimuat di situs itu dengan judul “Jazairi yuthlaqu muharrik batsun syailun lil quran”.

Alfanous dulu dan sekarang

Pertama kali mengenal Alfanous di Sabily saya langsung ngeksplor aplikasi ini, cukup bagus namun terasa sekali tampilannya terlalu ramai, dan banyak menu di sebelah kiri dan kanannya, pengen nulis tentang alfanous gak jadi gara-gara tampilannya kurang cool seperti itu. Dan beberapa waktu yang lalu saya kunjungi lagi alfanous, dan saya hanya bisa mengatakan “Masya Allah, jamiil jiddan”, tampilan sekarang lebih rapi, simple dan sederhana dan mirip google. Dan memang sejak Json output service ditambahkan ke dalam web alfanous pada tanggal 26 Juli lalu design dan interface webnya berubah fantastis.

Download Alfanous Desktop 04.20.exe  versi windows  disini.

Alfanous juga ada dalam versi mobile, sampai tulisan ini dibuat, alfanous mobile sudah di tes dan bekerja baik di Ipad 2 tapi belum bisa di Samsung 5233 WIFI karena vocalisasi (harakat) yang belum support. 

Fitur-fitur dalam Alfanous

Berikut ini penjelasan dari fitur-fitur yang ada di Alfanous dengan beberapa keterangan tambahan.

Fitur  unggulan

  1. Fielded Search.
  2. Joker atau mencari dengan kata-kata yang biasa. Kita bisa mencari dengan kata-kata yang hurufnya tidak kita ketahui, gunakan tanda ? untuk huruf yang belum diketahui dan * untuk kumpulan huruf yang lebih dari satu. Contohnya mencari kata “المسيطرون” atau المصيطرون” cukup mencarinya dengan menulis الم؟يطرون“.
  3. Mencari kata-kata yang memiliki hubungan logis. Misalnya mencari ayat-ayat yang terdapat kata ” الصلاة” dan “الزكاة” dengan kata penghubung “و” atau hanya memiliki dua kalimat itu dengan kata penghubung “أو” atau ayat yang terdapat kata ” الصلاة” dan tidak terdapat kata “الزكاة” dengan menggunakan kata penghubung “وليس“. Contoh: أو عليم(“  و (بصير سميع
  4. Pencarian kalimat (phrase). Kalimat tesebut bisa berupa fi’il dan huruf seperti ” إن جهنّم atau Mudhaf dan Mudhaf Ilaih seperti “بنو إسرائيل” atau Isim dan Sifat seperti شهرين متتابعين” atau Fi’il dan Isim seperti “قال ربّ “.
  5. Pencarian interval (kata yang berdekatan). Bisa mencari kata-kata yang berdekatan dalam satu kalimat atau satu paragraph yang terpisah beberapa kalimat. Contoh mencari kata “رسول من الله” cukup dengan menulis kata “رسول” dan “الله“.
  6. Mencari letak suatu ayat. bisa mencari ayat, surat atau hizb suatu ayat, contoh untuk mencari lafadz Allah dalam 10 hizb yang pertama bisa ditulis dengan “الله حزب: [1-10]”

Fitur tambahan

  1. Koreksi ejaan ketika salah menulis. Koreksi muncul ketika user menulis kata dengan salah ejaan atau tidak ada. Seperti jika user menulis kata ” إبراهام” akan diganti dengan ” إبراهيم“.
  2. Pagination (Pemberian nomor)
  3. Penyortiran
  4. Penyorotan (Highlight) dengan warna kuning

Pengaturan bahasa

  1. Mencari makna suatu ayat. Terkadang kata yang kita cari terdapat dua makna, seperti kata rabb, memiliki arti illah dan sayid (tuan), maka dalam pencarian akan dibedakan, contohnya seperti ini: [يوسف: 42] (اذْكُرْنِي عِنْدَ رَبِّك) وفي [الفاتحة:42] ( الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ)
  2. Mencari persamaan kata dan lawan kata. Contoh kata “النعيم”، persamaan katanya “الجنة”و “الفردوس”.. dan lawan katanya “الجحيم” و “جهنم” و “سقر”…
  3. Mencari berdasarkan harakat.
  4. Kata imbuhan, contoh ketika mencari kata ” فسيكفيكهم” hiraukan kata imbuhannya dan cukup mencari dengan kata “يكفي“.
  5. Akar kata Bahasa Arab.
  6.  Konjugasi kata kerja.
  7. Derivasi kata kerja
  8. Tipe kata Bahasa Arab
  9. Pola kata Bahasa Arab atau yang dikenal dengan wazan dalam bahasa Arab
  10. Pengabaian perbedaan bentuk tulisan hamzah

Pengaturan Al-Quran

  1. Pencarian sesuai dengan cetakan Utsmani atau Al-Quran standar. Contoh menulis “الصلوة” untuk mencari kata “الصلاة”
  2. Pencarian kesamaan dalam Al-Quran.
  3. Memperluas pencarian untuk semua hal berkenaan ilmu Al-Quran seperti terjemah ayat dan tafsirnya.
  4. Mencari menggunakan indeks kata-kata khusus
  5. Pengaturan secara structural, seperti mencari juz, hizb dan ruku’ ayat
  6. Informasi secara statistic. Seperti berapa jumlah lafadz Allah dalam surat Al-Mujadalah atau kalimat apa yang paling banyak disebut dalam Al-Quran

Selain dari fitur yang disebutkan di atas, fitur lain yang sangat menarik adalah adanya fasilitas muratal setelah kita searching, ada sekitar 13 syaikh seperti syaikh Munsyawi, Musyari Rashid dan Abdul Bashith Abdus Shamad yang pastinya makin menambah kita betah saja.

Selamat mencoba dan rasakan kelengkapan fiturnya. Dan ada berita gembira dari developer alfanous, bahwa Indonesia adalah alfanouser terbanyak, sehingga insya Allah akan dirilis alfanous dalam seri bahasa Indonesia.

Web Alfanous dalam bahasa Indonesia

Alhamdulillah, sekarang web apikasi Alfanous search engine sudah ada dalam bahasa indonesia. Ngomong-ngomong di antara yang nerjemahin webnya itu ana. he..he…senang sekali bisa berkontribusi untuk aplikasi islam yang muantap ini. ini linknya : http://dj.alfanous.org/id/aya/

Lampiran Fatwa Ulama:

Fatwa Ma’jma’ Fiqih Islam di Makkah Al-Mukaramah tentang  Hukum Membuat Software Al-Quran dan ilmu Al-Quran.

Majma’ Fiqih Islam di Makkah Al-Mukaramah pada tanggal 12/17/1406 H menetapkan kebolehan membuat software tentang Al-Quran dan Ilmu Al-Quran yang bisa dibuka di komputer sebagai salah satu khidmah untuk Al-Quran dan mempermudah masyarakat untuk lebih dekat dengan Al-Quran.
Untuk itu mereka menetapkan beberapa syarat sebagai berikut:

  1. Dibuat dengan bahasa Arab dengan ketelitian dalam menulis nash dan harakatnya.
  2. Nash Al-Quran ditulis dalam rasm Utsmani
  3. Menyertakan para spesialis software dan ulama yang tsiqah yang mendalam dalam ilmu Al-Quran sebagai penasehat untuk meneliti keotentikan software tersebut. (sumber: Fiqih Nazilah, dirasah ta’shiliyyah tathbiqiyyah oleh Dr. Muhammad Husain Al-Jaizarani, hal.32 juz II, Dar Ibnu Jauzi cet I tahun 2005 M)

Alhamdulillah, Alfanous sesuai dengan kriteria yang disebutkan ulama kita di atas. :).

Sumber:

Ashim Syally, Alfanous Quran Search Engine API, slideshare, link.

Web resmi alfanous, www.alfanous.org

Moulay Ibrahim El-Khalil Ghembaza, Specialized Quranic Semantic Search Engine: Features and Architecture, International Journal of Computer Science and Information Security (IJCSIS),Vol. 17, No. 2, February 2019

Tampilan antar muka Alfanous

Tampilan Alfanous di Desktop

الفانوس محرك بحث قرآني متقدم
Al Fanous Hasil Pencarian web

Tampilan Alfanous di smartphone

19 pemikiran pada “Alfanous, Mesin Telusur Al-Quran Canggih dan Modern”

  1. salam, mungkinkah alfanous ini memiliki fitur-fitur software yang hampir sama dengan software holy qur’an ver. 6.50 milik sakhr.

    kebetulan saya sedang mencari software yang dapat mencari akar kata sebuah ayat.
    syukran

    wassalam,
    HR

  2. Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.

    Sebelumnya saya mengucapkan selamat datang di blog sederhana saya dan juga terima kasih telah berkenan untuk meninggalkan jejak kata di blog ini.

    Software yang antum maksud itu saya belum pernah melihat hanya saja tadi sekilas browsing di interrnet saya menyatakan bahwa fitur alfanous itu jauh lebih baik bahkan yang terbaik menurut saya untuk program quran search engine.

    Alfanous itu cocok digunakan jika antum ingin mencari jumlah kata dalam al-quran misalnya kata اليوم ada berapa kali disebutkan dan dalam surat apa saja, itu bisa dilakukan alfanous.

    Adapun untuk mencari atau mengetahui akar suatu kata saya sarankan anda menggunakan kitab Mu’jam Mufahras karangan Fuad Abdul Baqi.

  3. Terima kasih atas komentarnya.

    Alhamdulillah alfanous sudah ada dalam 5 bahasa salah satunya bahasa Indonesia, dengan ini semoga aplikasi ini semakin memudahkan kita untuk lebih dekat dan bergaul dengan Al-Quran.

    Dan saya termasuk salah satu kontributor terjemah bahasa indonesianya.

  4. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Terima kasih atas informasinya. Alahmdulillah Saya membuat project, yang Insya Allah hampir sama dengan project alfanous, Project ini menggunakan bahasa indonesia, perkata, bisa mencari kata dengan bahasa arab atau dengan akar kata, bisa dengan bahasa indonesia, lengkap dengan tafsir, terjemah 5 bahasa dengan lebih dari 20 penerjemah.

    rencana saya project kalau bisa terintegrasi dengan kehidupan social kita ummat islam, sehingga bisa membangun islam secara utuh

    ini videonya pencarian dengan bahasa arab
    https://www.youtube.com/watch?v=6XclctKa37E

    ini contoh pencarian dengan akar kata alif mim dan nun
    http://quranuniverselife.org/search/words-ar/امن

    ini adalah halaman Al Quran nya:
    http://quranuniverselife.org/surah/show/

    jika ingin lihat apayang sedang saya bangun lihat disini
    http://quranuniverselife.org/presentation

    dan masih banyak lagi.

    Mudah-mudah bisa membantu. Quran Project bersifat netral dan tidak dimiliki oleh golongan manapun, Quran Project Project dakwah dan Project non komersil. Quran Project dibangun untuk ummat islam agar mudah mempelajari Al Quran dan Assunah. Mohon disebarkan ke teman-teman agar ummat islam bisa lebih kuat lagi. Terima kasih

Tinggalkan Balasan