Antara Membaca, Menghafal dan Tadabbur Al-Quran Di Bulan Ramadhan - JUMAL AHMAD

Antara Membaca, Menghafal dan Tadabbur Al-Quran Di Bulan Ramadhan

Ramadhan identik dengan Al-Quran, di bulan inilah Al-Quran diturunkan dan di bulan ini pula Rasulullah Shallahu Alaihi Wasallam menyetorkan hafalannya kepada Malaikat Jibril as, dan di akhir hidupnya sebanyak dua kali setoran hafalan.

Pengalaman saya waktu ngapal quran, waktu Ramadhan lebih banyak saya gunakan untuk menghafal dan mengulang hafalan dari pada membaca Al-Quran karena saya mau ambil berkah waktu Ramadhan dan lingkungan pun dibuat mendukung untuk banyak menghafal Al-Quran.

Anjurannya memang waktu Ramadham kita banyakin membaca Al-Quran, tetapi karena ingin mengejar target hafalan, saya perbanyak waktu untuk menghafal dan mengulang hafalan.

Jika saya perbanyak membaca Al-Quran, saya tidak bisa mengulang-ulang apa yang telah saya hafal. Jika saya perbanyak menamatkan Al-Qur’an, dua, tiga, sampai empat kali, maka saya tidak bisa mengulang-ulang juz yang saya hafal di setiap tamat bacaan.

Jika saya muraja’ah, maka insyaallah ta’ala, setelah Ramadhan nanti saya bisa menyambung kembali hafalan.

Ini bagi saya dulu waktu lagi ngejar target hafalan. Setelah sekarang selesai hafalan, saya mau memperbanyak bacaan dan juga hafalan. Mungkin saya tambah lagi dengan membaca tafsirnya biar makin banyak dapat pahalanya.

Alhamdulillah, pagi ini di awal Ramadhan saya mendapatkan kiriman WA fatwa dari Syaikh Utsaimin tentang pertanyaan manakah yang lebih utama di bulan Ramadhan apakah menghafal atau membaca Alquran.

Berikut ini fatwa beliau dalam bahasa Arab.

📌ﺃﻳﻬﻤﺎ ﺃﻓﻀﻞ ﻓﻲ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﺣﻔﻆ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﻣﺮﺍﺟﻌﺘﻪ ﻭﺗﺜﺒﻴﺖ ﺍﻟﺤﻔﻆ .. ﺃﻡ ﺗﻼﻭﺗﻪ؟

📝ﺳﺆﺍﻝ ﻫﺎﻡ ﻳﺨﻄﺮ ﻓﻲ ﺑﺎﻝ ﺍﻟﺤﻔﻈﺔ .. ﻭﺍﻟﺬﻳﻦ ﻳﺴﻴﺮﻭﻥ ﻓﻲ ﻃﺮﻳﻖ ﺣﻔﻆ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ .. ﻫﻞ ﺍﺗﺎﺑﻊ ﺣﻔﻈﻲ ﻓﻲ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻭﺃﺛﺒﺖ ﺣﻔﻈﻲ .. ﺃﻡ ﺍﺭﻛﺰ ﻋﻠﻰ ﺗﻼﻭﺓ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﻟﻜﻲ ﺍﺧﺘﻢ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻋﺪﺓ ﺧﺘﻤﺎﺕ ﻓﻲ ﺭﻣﻀﺎﻥ؟ ..

✍🏻 ﻟﻘﺪ ﺳﺌﻞ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺍﺑﻦ ﻋﺜﻴﻤﻴﻦ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺴﺆﺍﻝ .. ﻓﻜﺎﻧﺖ ﺇﺟﺎﺑﺘﻪ
:
ﺃﻳﻬﻤﺎ ﺃﻓﻀﻞ ﻓﻲ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﺣﻔﻆ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺍﻟﻜﺮﻳﻢ ﺃﻡ ﺍﻟﺘﻼﻭﺓ ؟
ﺍﻟﺠﻮﺍﺏ :
ﺍﻷﻓﻀﻞ ﺣﻔﻆ ﺍﻟﻘﺮﺍﻥ ﻷﻥ ﺣﻔﻆ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ , ﺣﻔﻆ ﻭﺗﻼﻭﺓ ﻭﻛﺜﻴﺮ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺇﺫ ﺩﺧﻞ ﺭﻣﻀﺎﻥِِ ﻧﺸﻂ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻔﻆ ﻭﺣﻔﻆ ﻛﺜﻴﺮﺍ ﻓﻴﻜﻮﻥ ﻫﺬﺍ ﺃﻓﻀﻞ ﻷﻥ ﺃﺟﺮ ﺍﻟﺘﻼﻭﺓ ﻻ ﻳﻔﻮﺕ ﺇﺫ ﺃﻥّ ﻟﻪ ﺑﻜﻞ ﺣﺮﻑ ﻋﺸﺮ ﺣﺴﻨﺎﺕ ﺳﻮﺍﺀ ﻋﻦ ﻇﻬﺮ ﻗﻠﺐ ﺃﻭ ﺑﺎﻟﻤﺼﺤﻒ .
📚 ﻣﻦ ﺷﺮﻳﻂ ﻓﺘﺎﻭﻯ ﺭﻣﻀﺎﻧﻴﺔ ﻟﻠﺸﻴﺦ ﺍﺑﻦ ﻋﺜﻴﻤﻴﻦ

📝ﻭﻳﻮﺟﺪ ﺍﺳﺘﺸﺎﺭﺓ ﻟﻠﺸﻴﺦ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻋﺜﻴﻤﻴﻦ – ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ – ، ﻳﻘﺮﺭ ﻓﻴﻬﺎ ﺃﻥ ﺍﻟﺤﻔﻆ ﻓﻲ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻣﻘﺪﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﺮﺍﺀﺓ ، ﻭﺫﻛﺮ ﺃﺳﺒﺎﺏ ﻣﻨﻬﺎ :

-1 ﺃﻧﻚ ﺧﻼﻝ ﺍﻟﺤﻔﻆ ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺟﻌﺔ ﺳﺘﻘﺮﺃ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ .
-2 ﺃﻧﻚ ﺳﺘﻜﺮﺭ ﺍﻵﻳﺔ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﻣﺮﺓ ، ﻭﻗﺪ ﻳﺘﻌﺪﻯ ﻋﺸﺮﺍﺕ ﺍﻟﻤﺮﺍﺕ .
-3 ﺃﻧﻚ ﺗﺤﻔﻆ ﻓﻲ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﺑﺄﺟﺮ ﻛﺒﻴﺮ ﻟﻤﺎ ﻟﺮﻣﻀﺎﻥ ﻣﻦ ﻣﻨﺰﻟﺔ ﻭﻣﻀﺎﻋﻔﺔ ﻟﻸﺟﺮ !

┈┈ ••✦✿✦•• ┈┈

Syaikh Utsaimin ditanya perihal seseorang ketika Ramadan, manakah yang paling utama antara menghafal, memurajaah dan menguatkan hafalan atau membaca Alquran.

Simpulan dari jawaban beliau bahwa menghafal Al-Quran ketika Ramadan lebih diutamakan dari membaca Al-Quran dikarenakan sebab-sebab berikut:

  1. Ketika menghafal dan memurajaah hafalan, secara tidak langsung engkau juga membacanya.
  2. Engkau akan mengulang satu ayat lebih dari sekali dan bisa berpuluh-puluh kali.
  3. Menghafal ketika Ramadan mendapatkan pahala yang besar karena kemuliaan Ramadan dan pahala yang berlipat.

Pertanyaan lain yang sering ditanyakan adalah perihal mengkhatamkan Al-Quran atau membaca Al-Quran secara Tadabbur.

Saya kumpulkan beberapa penjelasan Ulama

Pendapat Imam Nawawi

Penjelasan dari Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam kitab Syarah Shahih Bukhari ketika menyitir penjelasan Imam Nawawi tentang masalah ini.

بن حجر العسقلاني ( شرح الباري لصحيح البخاري )

جاء في فتح الباري {باب في كم يقرأ القرآن؟ شرح الحديث5052}:(..عَنْ اِبْن مَسْعُود ” اِقْرَءُوا الْقُرْآن فِي سَبْع وَلَا تَقْرَءُوهُ فِي أَقَلّ مِنْ ثَلَاث ” وَلِأَبِي عُبَيْد مِنْ طَرِيق الطَّيِّب بْن سَلْمَان عَنْ عُمْرَة عَنْ عَائِشَة ” أَنَّ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ لَا يَخْتِم الْقُرْآن فِي أَقَلّ مِنْ ثَلَاث “

وَهَذَا اِخْتِيَار أَحْمَد وَأَبِي عُبَيْد وَإِسْحَاق بْن رَاهْوَيْهِ وَغَيْرهمْ وَثَبَتَ عَنْ كَثِير مِنْ السَّلَف أَنَّهُمْ قَرَءُوا الْقُرْآن فِي دُون ذَلِكَ ، قَالَ النَّوَوِيّ : وَالِاخْتِيَار أَنَّ ذَلِكَ يَخْتَلِف بِالْأَشْخَاصِ ، فَمَنْ كَانَ مِنْ أَهْل الْفَهْم وَتَدْقِيق الْفِكْر اُسْتُحِبَّ لَهُ أَنْ يَقْتَصِر عَلَى الْقَدْر الَّذِي لَا يَخْتَلّ بِهِ الْمَقْصُود مِنْ التَّدَبُّر وَاسْتِخْرَاج الْمَعَانِي ، وَكَذَا مَنْ كَانَ لَهُ شُغْل بِالْعِلْمِ أَوْ غَيْره مِنْ مُهِمَّات الدِّين وَمَصَالِح الْمُسْلِمِينَ الْعَامَّة يُسْتَحَبّ لَهُ أَنْ يَقْتَصِر مِنْهُ عَلَى الْقَدْر الَّذِي لَا يُخِلّ بِمَا هُوَ فِيهِ ، وَمَنْ لَمْ يَكُنْ كَذَلِكَ فَالْأَوْلَى لَهُ الِاسْتِكْثَار مَا أَمْكَنَهُ مِنْ غَيْر خُرُوج إِلَى الْمَلَل وَلَا يَقْرَؤُهُ هَذْرَمَة . وَاللَّهُ أَعْلَم ).

Pendapat Ibnu Qayyim Al-Jauziah

Penjelasan Ibnu Qayyim Al-Jauziah dalam kitab Zaadul Ma’ad Jilid 1

اختلف الناس في الأفضل من الترتيل وقلة القراءة ، أو السرعة مع كثرة القراءة : أيهما أفضل ؟ على قولين

:فذهب ابن مسعود وابن عباس رضي الله عنهما وغيرهما إلى أن الترتيل والتدبر مع قلة القراءة أفضل من سرعة القراءة مع كثرتها . واحتج أرباب هذا القول بأن المقصود من القراءة فهمه ، وتدبره ، والفقه فيه ، والعمل به ، وتلاوته وحفظه وسيلة إلى معانيه ، كما قال بعض السلف : نزل القرآن ليعمل به ، فاتخذوا تلاوته عملا ، ولهذا كان أهل القرآن هم العالمون به ، والعاملون بما فيه ، وإن لم يحفظوه عن ظهر قلب ، وأما من حفظه ولم يفهمه ولم يعمل بما فيه فليس من أهله ، وإن أقام حروفه إقامة السهم .قالوا : ولأن الإيمان أفضل الأعمال ، وفهم القرآن وتدبره هو الذي يثمر الإيمان ، وأما مجرد التلاوة من غير فهم ولا تدبر فيفعلها البر والفاجر والمؤمن والمنافق ، كما قال النبي صلى الله عليه وسلم : ( ومثل المنافق الذي يقرأ القران كمثل الريحانة : ريحها طيب ، وطعمها مر ).والناس في هذا أربع طبقات : أهل القرآن والإيمان ، وهم أفضل الناس . والثانية : من عدم القرآن والإيمان . الثالثة : من أوتي قرآنا ولم يؤت إيمانا . الرابعة : من أوتي إيمانا ولم يؤت قرآنا .قالوا : فكما أن من أوتي إيمانا بلا قرآن أفضل ممن أوتي قرآنا بلا إيمان ، فكذلك من أوتي تدبرا وفهما في التلاوة أفضل ممن أوتي كثرة قراءة وسرعتها بلا تدبر . قالوا : وهذا هدي النبي صلى الله عليه وسلم ، فإنه كان يرتل السورة حتى تكون أطول من أطول منها ، وقام بآية حتى الصباح .

وقال أصحاب الشافعي رحمه الله : كثرة القراءة أفضل ، واحتجوا بحديث ابن مسعود رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ( من قرأ حرفا من كتاب الله فله به حسنة ، والحسنة بعشر أمثالها ، لا أقول الم حرف ، ولكن ألف حرف ، ولام حرف ، وميم حرف ) رواه الترمذي وصححه .قالوا : ولأن عثمان بن عفان قرأ القرآن في ركعة ، وذكروا آثارا عن كثير من السلف في كثرة القراءة .

والصواب في المسألة أن يقال : إن ثواب قراءة الترتيل والتدبر أجل وأرفع قدرا ، وثواب كثرة القراءة أكثر عددا : فالأول : كمن تصدق بجوهرة عظيمة ، أو أعتق عبدا قيمته نفيسة جدا . والثاني : كمن تصدق بعدد كثير من الدراهم ، أو أعتق عددا من العبيد قيمتهم رخيصة . وفي ” صحيح البخاري ” عن قتادة قال : سألت أنسا عن قراءة النبي صلى الله عليه وسلم فقال : ( كان يمد مدا ) . وقال شعبة : حدثنا أبو جمرة ، قال : قلت لابن عباس : إني رجل سريع القراءة ، وربما قرأت القرآن في ليلة مرة أو مرتين ، فقال ابن عباس : لأن أقرأ سورة واحدة أعجب إلي من أن أفعل ذلك الذي تفعل ، فإن كنت فاعلا ولا بد فاقرأ قراءة تسمع أذنيك ، ويعيها قلبك . وقال إبراهيم : قرأ علقمة على ابن مسعود – وكان حسن الصوت – فقال : رتل فداك أبي وأمي ، فإنه زين القرآن .وقال ابن مسعود : لا تهذُّوا القرآن هذَّ الشعر ، ولا تنثروه نثر الدقل ، وقفوا عند عجائبه ، وحركوا به القلوب ، ولا يكن هم أحدكم آخر السورة . – والهذّ : سرعة القراءة ، والدَّقَل : رديء التمر -.وقال عبد الله أيضا : إذا سمعت الله يقول : ( يأيها الذين آمنوا ) فأصغ لها سمعك ، فإنه خير تؤمر به ، أو شر تصرف عنه . ” انتهى.” زاد المعاد ” (1/337-340)

Artinya:

Ibnu Qoyyim rahimahullah mengatakan, “Orang-orang berbeda pendapat, mana lebih utama antara membaca tartil dengan sedikit bacaan atau membaca cepat dengan bacaan banyak, manakah yang paling utama. Ada dua pendapat;

Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas radhiallahu anhuma dan selain dari keduanya berpendapat bahwa tartil dengan tadabbur meskipun sedikit bacaannya itu lebih utama dibandingkan dengan mempercepat dan mendapatkan banyak bacaan.

Pendapat ini berdalil bahwa maksud dari bacaan adalah memahami, mentadaburi, mendalami dan beramal dengannya. Sementara tilawah dan hafalannya merupakan sarana menuju (maknanya). Sebagaimana ungkapan sebagian ulama’ salaf, “Al-Qur’an diturunkan untuk diamalkan, sehingga mereka menjadikan tilwahnya untuk beramal. Oleh karena itu ahli Al-Qur’an adalah orang-orang yang berpengetahuan dan mengamalkan apa yang ada di dalamnya. Meskipun mereka tidak hafal di luar kepala. Sementara orang yang telah hafal, sementara tidak faham dan tidak mengamalkannya, maka dia bukan termasuk ahlinya. Meskipun mereka menunaikan hak hurufnya dengan teliti. Mereka mengatakan, “Karena keimanan adalah amalan terbaik, sementara memahami dan mentadaburi Al-Qur’an adalah buah dari keimanan. Adapun kalau hanya sekedar dibaca tanpa dipahami dan ditadaburi, itu dilakukan oleh orang baik, orang buruk, orang mukmin dan orang munafik. Sebagaimana sabda Nabi sallallahu alaihi wa sallam:

( ومثل المنافق الذي يقرأ القران كمثل الريحانة : ريحها طيب ، وطعمها مر ).

“Perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Qur’an adalah seperti buah Raihanah, baunya sedap, tetapi rasanya pahit.”

Orang-orang dalam hal ini ada empat tingkatan; Pertama, ahlu Al-Qur’an dan Iman, mereka adalah orang yang terbaik. Kedua, tidak punya Al-Qur’an dan Keimanan. Ketiga, orang yang diberi Al-Qur’an tapi tidak diberi keimanan. Keempat, orang yang diberi keimanan dan tidak diberi Al-Qur’an.

Mereka mengatakan, “Sebagaimana orang yang diberi keimanan tanpa Al-Qur’an itu lebih utama dibandingkan orang yang diberi Al-Qur’an tanpa Keimanan. Begitu juga orang yang melakukan tadabur dan pemahaman dalam tilawah itu lebih utama dibandingkan orang yang banyak membaca dengan cepat tanpa tadabur.”

Mereka menambahi lagi, “Ini adalah petunjuk Nabi sallallahu alaihi wa sallam, biasanya beliau membaca surat dengan tartil sampai (surat) terpanjang yang ada. Beliau membaca satu ayat sampai subuh.

Para ulama pengikut mazhab Syafi’i rahimahumullah mengatakan, “Bacaan yang banyak itu lebih utama, mereka berdalil dengan hadits Ibnu Mas’ud radhiallahu anhu berkata, Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda:

من قرأ حرفا من كتاب الله فله به حسنة ، والحسنة بعشر أمثالها ، لا أقول الم حرف ، ولكن ألف حرف ، ولام حرف ، وميم حرف (رواه الترمذي وصححه)

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah, maka dia mendapatkan satu kebaikan. Dan satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali. Saya tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Tirmizi, dia menyatakan shahih)

Mereka mengatakan, “Karena Utsman bin Affan radhiallahu anhu membaca (seluruh) Al-Qur’an dalam satu rakaat. Dan mereka juga menyebutkan banyak riwayat dari ulama salaf tentang bacaan yang banyak.

Yang benar dalam masalah ini dapat dikatakan, “Bahwa pahala bacaan secara tartil dan tadabur itu lebih mulia dan lebih tinggi kedudukannya. Sementara pahala bacaan yang banyak itu lebih banyak bilangannya. Yang pertama bagaikan bersodaqah dengan perhiasan mulia atau memerdekakan budak yang harganya mahal sekali. Sementara kedua bagaikan orang yang bershodaqah dengan dirham yang banyak atau memerdekakan banyak budak yang harganya murah.

Dalam ‘Shahih Bukhari’ dari Qatadah dia berkata, saya menanyakan Anas tentang bacaan Nabi sallallahu alaihi wa sallam, maka beliau mengatakan, “Beliau biasanya membacanya dengan baik (tartil).”

Syu’bah mengatakan, Abu Hamzah memberitahukan kepada kami, saya bertanya kepada Ibnu Abbas. Sesungguhnya saya cepat dalam membaca. Terkadang saya dapat membaca dalam semalam sekali atau dua kali (hatam). Maka Ibnu Abbas berkata, “Jika saya membaca satu surat itu lebih saya sukai dibandingkan seperti apa yang anda lakukan. Jika harus anda lakukan, maka bacalah bacaan yang terdengar oleh telinga anda dan dipahami hati anda.”

Ibrahim mengatakan, “Al-Qomah membacakan (Al-Qur’an) dihadapan Ibnu Mas’ud –beliau bagus suaranya- maka beliau mengatakan, “Bacalah secara tartil. Sungguh, karena hal itu termasuk menghiasi Al-Qur’an.”

Ibnu Mas’ud radhiallahu anhu mengatakan, “Jangan mempercepat bacaan Al-Qur’an (seperti membaca) syair. Dan jangan disebarkan (seperti) menyebarkan kurma jelek. Renungilah keindahannya, gerakkan hati dengannya. Jangan sampai target kalian hanyalah akhir surat.

Abdullah juga mengatakan, “Kalau anda mendengar Allah berfirman ( يأيها الذين آمنوا ) maka pasang telinga anda, bisa jadi ia merupakan suatu kebaikan yang Dia perintahkan atau keburukan yang Dia larang. “

(Zadul Ma’ad, 1/337-340)

Pendapat Dr. Kamilin Jamilin

Saya merujuk jawaban Dr. Kamilin Jamilin ketika beliau menjawab pertanyaan di atas.

Masa Ramadan ni, sebaiknya dikhatamkan bacaan al-Quran atau dibaca secara tadabbur walaupun tidak khatam?

======================================================

Saya menerima banyak soalan ini.

Jawapan saya, ia bergantung kepada keadaan si pembaca.

Khatam itu ada dua jenis:

  1. Khatam secara bacaan (qiraah).Khatam jenis ini boleh dilakukan dengan pantas bagi yang mampu membaca dengan lancar.
  2. Khatam secara memahami (tadabbur). Khatam jenis ini mengambil masa yang lama.

Sekiranya seseorang itu pada ketika selain Ramadan sering mengikuti kelas-kelas tafsir atau tadabbur, maka digalakkan baginya mengkhatamkan al-Quran secara bacaan ketika Ramadan. Manakala sekiranya dia tidak begitu meluangkan masa bersama al-Quran sebelum Ramadan, maka digalakkan baginya membaca al-Quran secara tadabbur supaya dapat difahami isinya untuk diambil pengajaran.

Bukankah para ulama terdahulu ramai yang mengkhatamkan bacaan al-Quran setiap hari atau selang sehari ketika Ramadan? Benar, kerana kehidupan seharian mereka sebelum Ramadan sentiasa bersama al-Quran, yakni sebelas bulan sebelumnya mereka habiskan untuk mentadabburi al-Quran.

Selain itu mereka juga memahami intipatinya dengan baik. Justeru mereka cuba merebut peluang ketika Ramadan untuk membaca al-Quran sebanyak yang mungkin.Apa yang penting dari seruan Ramadan bulan al-Quran ialah, kita meluangkan banyak waktu kita bersama al-Quran baik secara bacaan atau kefahaman.

-Dr. Kamilin Jamilin-

Maka, apapun rencana anda Ramadhan ini, memperbanyak hafalan atau bacaan Al-Quran, semuanya baik, dan akan diterima Allah jika kita lakukan dengan ikhlas, hanya pamrih kepada Alla saja.

Pilihlah apa yang kiranya lebih pantas untuk diri kita kemudian istiqamah, karena kita lebih tahu akan keadaan diri kita masing-masing.

Ya Allah, izinkan kami bertemu dengan bulan Ramadhan, kami ingin lebih dekat dengan-Mu, kami ingin dekat dengan kitab-Mu. Selama ini kami banyak menjauh dari-Mu, maka izinkanlah Ramadhan ini sebagai sarana kami mendekat kepada-Mu.

Jumal Ahmad | ahmadbinhanbal.com

Tinggalkan komentar