Aplikasi Pemberi Harokat Otomatis di Android

Bahasa Arab memiliki kekhasan sendiri yang tidak dimiliki oleh bahasa yang lain salah satunya adalah dalam masalah harakat atau  tanda baca. Selesai menulis huruf bahasa Arab di komputer atau HP tidak otomatis ada harakatnya.

Misykal bisa dipergunakan untuk memberi harakat sebuah kalimat atau sebuah paragraf.

Software ini dibuat oleh bebereapa programmer dari Aljazair yaitu Thaha Zaruqi sebagai programmer utama dengan dibantu oleh Ashim Syalli, Shuhaib Afifi dan Basim Jarks.

Dengan menggunakan software Mishkal memungkinkan kita bisa memberi harakat secara otomatis pada ketikan Arab. Selain itu software ini bisa kita gunakan untuk mengoreksi peroses pemberian harakat. Software Mishkal bisa kita dapatkan secara gratis langsung dari developernya.

Sebelum Anda membaca ulasan tentang aplikasi Harokat Otomatis ini, ada baiknya kita belajar sebentar tentang sejarah Harakat.

Siapakah orang pertama yang memberikan harakat dalam Al-Quran? Sehingga kita umat Islam di seluruh dunia bisa dengan mudah membaca dan memahami Al-Quran.

Di zaman Khalifah Utsman ra, tulisan mushaf al-Quran belum diberi harakat karena pada umumnya kaum muslimin di zaman sahabat, paham bahasa fushah (bahasa arab fasih). Sehingga mushaf yang diterbitkan di zaman khalifah Utsman ra, ditulis tanpa harakat dan bahkan belum ada titik-titik huruf. Bagi orang yang tidak memahami bahasa arab yang asli, huruf ba’, ta, dan tsa’ bentuknya sama. Namun bagi para sahabat, dan mereka yang memahami karakter asli bahasa arab, bisa membedakan huruf-huruf itu.

Dalam kitab an-Nuqath al-Mathbu’ ma’a al-Muqni’, hlm. 129, disebutkan bahwa orang yang pertama kali membubuhkan harakat dan tanwin dalam kalimat bahasa arab adalah Abul Aswad ad-Duali. Ini beliau lakukan ketika beliau menulis sebuah buku tentang belajar bahasa arab, dalam rangka meluruskan kekeliruan kalimat bahasa arab yang umumnya diucapkan masyarakat. Ada juga yang mengatakan, Orang yang pertama memberi harakat dan tanwin adalah Nashr bin Ash al-Laith.

Di kalangan penuntut ilmu, nama Abul Aswad ad-Duali yang lebih dikenal sebagai peletak dasar Harakat dan Tanwin. Berasal dari Bani Kinanah dan dijuluki Bapak Bahasa Arab.

Harakat menjadi masalah penting bagi orang yang ingin belajar bahasa Arab agar bisa membaca dengan benar dan menghasilkan makna dan pemahaman yang benar terhadap teks. Melihat hal ini, saya tertarik untuk mengeksplore aplikasi-aplikasi yang bisa membantu belajar bahasa Arab.

Sebelumnya saya pernah menulis tentang Harakat.ae yaitu aplikasi online yang bisa digunakan untuk memberikan harokat secara otomatis. Aplikasi ini masih terus dikembangkan untuk menjadi lebih baik lagi. Jika sebelumnya masih dalam bentuk aplikasi online, sekarang sudah bisa didapatkan Google Play Store dan bisa diunduh langsung di HP.

Aplikasi ini dibuat oleh Multillect yang membantu memproses teks tanpa harakat dalam bahasa Arab. Aplikasi semacam itu akan sangat berguna bagi pelajar bahasa Arab yang ingin memperdalam pengetahuan mereka tentang sastra atau yang ingin membaca teks dalam bahasa Arab.

Dengan aplikasi ini, belajar bahasa Arab menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Untuk mengunduhnya, sila ketik ‘Harakat Multilect’ di Google Play Store

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.multillect.harakat&hl=en_US

Fitur lain Harakat;

  • Translator dari bahasa Arab ke Inggris dan bahasa lainnya termasuk bahasa Indonesia.
  • Ada Save Image, yang bisa kita jadikan status gambar di FB atau Twitter.
  • Google Speak
  • Share with ke akun sosial media
  • Copy dan Paste

Saya mencoba install Harakat versi pertama di Redmi Note 5 saya dan menulis salam dalam bahasa Arab, hasilnya tidak mengecewakan, saya menulis السلام عليكم kemudian di bagian bawahnya muncul hasil harakatnya.

Setelah muncul update Harakat 2.02, saya coba install dan gunakan, namun ada masalah dengan koneksi internetnya. Saya coba menuliskan salam seperti di atas, tidak ada hasil harakatnya. Saya menulis review-nya di Google Play agar masalah ini segera diperbaiki. []

Mishkal di Android

Harakat menjadi masalah penting bagi orang yang ingin belajar bahasa Arab agar bisa membaca dengan benar dan menghasilkan makna dan pemahaman yang benar terhadap teks. Melihat hal ini, saya tertarik untuk mengeksplore aplikasi-aplikasi yang bisa membantu belajar bahasa Arab.

Saat ini Anda bisa menggunakan Mishkal di Android di playstore. Jika mau mengunduhnya, sila ketik ‘Mishkal’ di Google Play Store anda atau langsung klik tautan ini.

Gambar Screenshot
Tampilan Mishkal di Android

Saya mencoba menuliskan bahasa Arab di Mishkal dan mendapatkan hasil sebagai berikut.

Kesimpulannya , jika sahabat berurusan dengan pemberian harakat pada teks-teks Arab yang banyak, Mishkal jelas akan sangat membantu. Bayangkan jika sahabat melakukannya secara manual dengan menggeser tombol arrow (panah) keyboard kekiri lalu memberi harakat pada tiap-tiap huruf satu persatu.

Dengan Mishkal, sahabat cukup membukanya via open file atau copy-paste ke Mishkal. Lalu tekan satu tombol tasykiil , maka Mishkalakan memproses sendiri secara otomatis. Selanjutnya sahabat tinggal mengoreksi bagian-bagian yang diperlukan saja hanya dengan klik kanan-pilihkata dan klik sekali.

Software Pemberi Hakarat Mishkal di Web

Mishkal dibuat oleh tiga developer muslim yaitu Taha Zerrouki, Ziouche Walid dan Sohaib Afifi. Anda bisa menggunakan Mishkal secara online di webnya dengan tampilan seperti ini.

Terlihat contoh hasil Mishkal masih salah, huruf ba’ pada kitaab dan mim pada mufiid mestinya berharakat dhamah.

Agar mudah mengoreksi harakat, sila gunakan versi windowsnya karena ada pilihan untuk memperbaiki harakat. Web ini bisa digunakan secara online untuk memberikan harokat.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

9 pemikiran pada “Aplikasi Pemberi Harokat Otomatis di Android”

  1. Assalamu’alaikum min, aplikasi nya di hp saya kok ga bisa ya?? Keterangan nya “no internet access” padahal masih online, saya hapus dan download lg tetap tidak bisa…

  2. Waalaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.

    Aplikasi ini bagus, saya pernah menggunakan versi pertamanya dan diversi ke 2 masih ada masalah seperti yang disebutkan, saya mencobanya dan mendapatkan hal yang sama, info ini juga sudah saya sampaikan ke pihak developer agar diperbaiki. Jazakallah.

Tinggalkan Balasan