ARSIP

Tekno

  1. Misykal: Sofware Pemberi Harakat Teks Arab

Sering sekali saya mendapatkan teman-teman yang mengeluh dengan tugas kuliahnya yang mengharuskan dia bergumul dengan tulisan arab apalagi harus meng-harakatinya. Kehadiran Sofware Misykal bisa mengatasi masalah di atas. Misykal bisa dipergunakan untuk memberi harakat sebuah kalimat atau sebuah paragraf.

2. Lafdzi-Aplikasi Pencari Lafadz Al-Quran Menggunakan Huruf Latin

Aplikasi Lafzi dibuat untuk memudahkan pencarian ayat dengan lafaz tertentu pada Al-Quran hanya dengan aksara Latin biasa berdasarkan pelafalan pembicara bahasa Indonesia, tanpa perlu mengetikkannya dalam aksara Arab. Dengan sistem ini, seseorang dapat mencari ayat al-Qur’an berdasarkan lafaz yang diingatnya dengan penulisan aksara Latin.

3. Quthrubi, Aplikasi Tashrif di Android

Sore ini, saya mendapatkan update tulisan dari Tuan Thaha Zaruqi, beliah founder dari aplikasi Quthrub untuk mentashrif Bahasa Arab. Beliau memberikan informasi bahwa beliau dan dua orang temannya telah mengembangkan aplikasi Quthrubi yang bisa digunakan untuk anak-anak belajar Bahasa Arab.

4. Dekati Al-Quran dengan 4 Software Al-Quran Search Engine ini

Maka untuk memudahkan pembaca menghayati Al-Quran, saya mencoba mengulas beberapa software pencarian dalam Al-Quran, harapannya bisa membantu pembaca untuk lebih dekat dengan Al-Quran juga agar bisa tahu tentang informasi teknologi Islam, terutama dalam bidang Al-Quran. 4 software yang akan saya bahas adalah : Alfanous, Lafdzi, Quran Project, Tarteel

5.

Tafsir

  1. Mengenal Ilmu Ushul Tafsir

Membahas tentang kaidah, pokok-pokok dan pengantar dalam memahami tafsir, rujukannya adalah pendapat dari Syaikh Fahd Ar-Rumi dan Musaid Ath-Thayyar.

2. Thuruq Tafsir Menurut Ibnu Taimiyyah

Thuruq tafsir merupakan langkah yang harus dilalui seorang mufasir dalam menafsirkan Al-Quran secara ideal. Urutan thuruq tafsir yang ideal menurut Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah adalah 1) Menafsirkan Al-Quran dengan Al-Quran, 2) Menafsirkan Al-Quran dengan sunnah yang shahih, 3 & 4) Memanfaatkan tafsir sahabat dan tabi’in.

3. Tafsir Pada Masa Nabi Dan Sahabat

Slide tentang tafsir pada masa Nabi dan Sahabat. Di antara bahasannya; Metode tafsir Nabi, kelebihan tafsir sahabat, metode tafsir dan mufasir dari kalangan sahabat.

4. Tafsir Pada Masa Tabi’in dan Masa Tadwin (Kodifikasi Tafsir)

Slide share Tafsir Pada Masa Tabi’in dan Masa Tadwin (Kodifikasi Tafsir)

5. Bentuk-Bentuk Tafsir Al-Quran

Secara garis besar bentuk-bentuk Tafsir bisa dibagi menjadi tiga: Tafsir bil Ma’tsur, Tafsir bir Ra’yi dan Tafsir Isyari.

6. 3 Sesepuh Dalam Tafsir

Ada tiga orang yang dianggap sesepuh dalam tafsir, mereka adalah Ibnu Abbas yang mewakili para sahabat, Mujahid yang mewakili Tabi’in dan Ibnu Jarir yang menjadi pionir ketika masa kodifikasi.

7. Hamka dan Tafsir Al-Azhar

Membahas tentang metode tafsir Hamka dan motivasi Hamka menulis tafsir Al-Azhar.

8. Pandangan Al-Quran Tentang Homoseksual

Penjelasan kata ‘Fahishah’ dalam Qs. Al-A’raf ayat 80-81 dimana tafsir Al-Azhar, tafsir ibnu Katsir dan tafsir Zamakhsyari memaknainya dengan perbuatan melampaui batas yang dikenal dengan nama Homoseksual

9. Al-Baqarah ayat 26 dan Fenomena Corona

Allah Swt menyebut kata “ba’udhah” yang dalam bahasa Indonesia diartikan “seekor nyamuk” dan dalam bahasa Inggris diartikan “the lowest of creature” dan oleh ahli tafsir kata-kata tersebut dihubungkan dengan “suatu makhluk yang sangat lemah dan memiliki kecerdasan yang menakjubkan”. Terkait dengan hal tersebut, kata-kata “bau’dhah= the lowest of creature =suatu makhluk yang sangat lemah dan memiliki kecerdasan yang menakjubkan” ini terkait dengan sifat-sifat virus.

10. Al-Hajj Ayat 73-74 dan Fenomena Corona

Ayat ini berbicara kepada orang-orang musyrik yang menyembah Tuhan selain Allah, ayat ini juga berbicara tentang kelemahan manusia yang tunduk bahkan pada sesuatu sekecil lalat. Ada yang menafsirkan, “Sama lemahnya yang disembah dan lalat itu.” Masing-masing lemah, dan yang lebih lemah lagi adalah orang yang bergantung dengan yang lemah itu dan menempatkannya sejajar dengan Rabbul ‘alamin.

11. Tentang Terjemahan Surat Al-Maidah 51

Tentang sejumlah mushaf Al Quran yang berisi terjemahan surah Al Maidah 51  dan ramai di sosmed dan WAG.

12. Tafsir Al-Fatihah (Ar-Rahman, Ar-Rahim)

Resume kajian Tafsir bersama Ust. Arifin Jayadiningrat di Rumah Cinta Quran Bintaro.

13. Inspirasi Tips Bisnis dari Surat Al-Mudattsir Ayat 1 – 7

Pembahasan ini BUKAN TAFSIR, tapi inspirasi yang dapat digali utk memberikan energi SPIRITUAL bagi para pebisnis muslim.

14. Tafsir Surat At-Takatsur

Slideshare dari Tafsir Surat At-Takatsur.

15. Antara Nar dan Nur

Di dalam Surat Al-Baqarah ayat 17, Allah SWT menggambarkan keadaan orang-orang munafik dan fasik terhadap cahaya petunjuk-Nya.

“Perumpamaan mereka adalah seperti orang yang menyalakan api, maka setelah api itu menerangi sekelilingnya Allah hilangkan cahaya (yang menyinari) mereka, dan membiarkan mereka dalam kegelapan, tidak dapat melihat”.

Dalam ayat ini dijelaskan bahwa api (nar) dapat menghasilkan cahaya (nur) dan sekaligus panas. Namun bagi orang munafik dan fasik, mereka hanya merasakan efek panasnya api tersebut dan tidak menikmati efek terang cahayanya, karena Allah telah menghilangkannya.

16. Tafsir Mu’tazilah

Secara bahasa kata mu’tazilah berasal dari kata azala- ya’tazilu ‘azlan yang artinya menyingkir atau memisahkan. Dan dalam istilah, Muktazilah berarti sebuah sekte sempalan yang mempunyai lima pokok keyakinan (Al-Ushul Al-Khamsah) meyakini dirinya merupakan kelompok moderat di antara dua kelompok ekstrim yaitu murji’ah yang menganggap pelaku dosa besar tetap sempurna imannya, dan khawarij menganggap pelaku dosa besar telah kafir.

17. Israiliyyat dalam Kisah Yusuf – Zulaikha

Kita harus waspada tentang hal ini, apakah benar nama istri perdana mentri Mesir itu adalah Zulaikha? Apakah benar Yusuf dan Zulaikha itu kemudian menjadi suami istri, sehingga mereka hidup rukun dan bahagia? Jika tidak maka kita telah menuduh nabi Yusuf as hidup bahagia dengan Zulaikha, seorang perempuan yang bukan istrinya.

18. Biografi Hamka dan Tafsir Al-Azhar

Nama tafsir Al-Azhar diambil dari nama masjidAl-Azhar dimana Buya Hamka sering memberikan pelajaran tafsir seusai shalat subuh, yang mana nama Al-Azhar itu langsung diberikan oleh syekh Mahmud Syaltut, Syeikh (rektor) universitas Al-Azhar di Kairo, seraya berharap semoga masjid Al-Azhar tersebut menjadi Al-Azhar di Indonesia sebagaimana adanya Al-Azhar di Kairo.

19. Pandangan Al-Quran Tentang Homoseksual

Penyimpangan seksual yang kian marak di masyarakat adalah fenomena buruk yang berdampak pada anak anak, remaja dan orang dewasa. Gaya hidup dan seks bebas menjadi salah satu alasan mengapa tingkat penyinpangan seks di masyarakat kian bertambah.

Hafal Al-Quran

  1. Efektivitas Sabak, Sabki, Manzil dalam Pembelajaran Tahfidhul Quran

Ringkasan dari penelitian penulis berjudul “Penerapan Metode Pakistani Dalam Rangka Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Tahfidhul Quran di Pondok Pesantren Bina Qolbu Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor”. Dimana penulis mengambil penelitian di Pondok Pesantren Bina Qolbu, Cisarua-Bogor.

2. Menjaga Hafalan Al-Quran dengan Metode Sabak, Sabki dan Manzil

Elaborasi dari penelitian penulis berjudul “Penerapan Metode Pakistani Dalam Rangka Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Tahfidhul Quran di Pondok Pesantren Bina Qolbu Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor”. Dimana penulis mengambil penelitian di Pondok Pesantren Bina Qolbu, Cisarua-Bogor.

3. Menjadi Keluarga Allah

Menjelaskan dan mengelaborasi hadis Nabi yang berbunyi “Sesungguhnya Allah memiliki keluarga, Beliau ditanya: Siapakah mereka wahai Rasulullah? Nabi menjawab: “Ahlu al-Quran adalah keluarga Allah dan orang yang mendapat kekhususan-Nya.” (HR Ibnu Majah).

4. Tentang Penjagaan Allah Swt Terhadap Al-Quran

Al-Baahi mengatakan: “kitab kita dijaga oleh tua dan muda, tidak mungkin terkurangi dan ditambah, orang yang membacanya di timur sama dengan yang membaca di barat tanpa ada sama sekali kekurangan, perbedaan dalam harakat dan titik.”

5. Komitmen Dengan Al-Quran

Berisi 28 Nasehat dari seorang hafidz Al-Quran tentang menjaga komitmen dengan Al-Quran.

6. Menghafal Al-Quran Di Atas Motor

Dari Ibnu Abbas r.a., beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah saw. “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.”(HR. Tirmidzi).

7. Bagaimana Mudah Menghafal Al-Quran

kita harus selalu mendekat kepada Al-Quran, karena ibarat Unta yang tidak diikat, hafalan kita pun akan buyar, dan butuh tenaga ekstra lagi untuk memgembalikannya, seperti kita menghafal dari awal.

8. Tips Mengulang Hafalan Al-Quran

Tips-tips jitu menghafal Al-Quran agar tidak mudah lupa.

9. Antara Membaca Dan Menghafal Al-Quran Di Bulan Ramadhan

Apakah menghafal Al-Qur’an lebih utama daripada (sekedar) membacanya pada bulan Ramadhan?

10. Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Prestasi Belajar

Menghafal Al-Quran merupakan kebutuhan Umat Islam sepanjang zaman. Sebuah masyarakat tanpa hufadz (para penghafal) Al-Quran akan sepi dari suasana Al-Quran yang semarak. Oleh karena itu pada zaman Rasulullah SAW mereka yang menghafal Al-Quran akan mendapat kedudukan yang khusus. Tanpa menghafal Al-Quran dan mengamalkannya, umat Islam tidak akan meraih kembali izzahnya.

11. Aplikasi Mutabaah Tahfidz Alquran untuk Memonitor Hafalan

Dalam melaksanakan program tahfiz alquran, mengevaluasi hafalan alquran peserta didik yang dicatat dalam buku mutabaah merupakan hal yang penting karena suatu program tidak akan berjalan dengan baik ketika tidak adanya suatu pemantauan/monitoring. Dengan buku mutabaah ini guru tahfidz dapat mengevaluasi hafalan murid dengan penilaian tertentu sesuai kemampuan hafalan siswa.