Bersosial Media Dengan Blog

Saya termasuk orang yang merasakan perubahan demi perubahan dari platform WordPress, dari sejak buat akun ini sekitar empat tahun yang lalu, banyak perubahan yang saya rasakan salah satunya di laman dashboard.

Sampai akhirnya muncul WordPress for Android yang saya makin betah sama WordPress,  memudahkan saya membalas komentar, lihat jumlah pengunjung juga posting artikel baru. Android saya hanya sebesar saku namanya aja Galaxy Pocket, lewat Android mini ini saya senang bisa terus memberikan manfaat kepada orang lain semampu saya.

Dengan semakin banyaknya orang yang punya blog maka blogging itu sudah jadi sosial media sama seperti twitter, facebook atau google plus.

Teman saya seorang da’i di daerah Temanggung sudah berkali-kali ganti akun facebook dari Nahnu Usudul Badr I sampai ke Nahnu Usudul Badr V, kena hack atau black list karena tulisan-tulisan dia di laman facebook tentang Syiah. Seandainya uraian atau bantahan dia ditulis di blog mungkin akan lebih banyak dirasakan orang lain karena tidak perlu khawatir hilang dan bisa keindeks oleh google search dan bisa lebih bermanfaat.

Beberapa orang terkenal seperti kek Jamil Azzaini trainer dan inspirator ini paling rajin menuliskan tiap pengalaman mereka di web dan saling tegur sapa di form komentar. Dan saya termotifasi untuk menulis postingan tiap dua hari sekali setelah membaca tulisan kek Jamil Azzaini yang berkomitmen menulis di web tiap hari kerja dari hari senin-jumat.

Artinya, bloging di WordPress atau di Bloger atau yang lainnya sudah menjadi sosial media seperti twitter dan facebook, tulisan kita akan aman dan gak takut hilang selama punya akun blog dan tulisan kita bisa keindeks mesin pencari.

Sudah satu tahun ini saya jarang banget update status di facebook, saya sudah berazam untuk update facebook hanya dari artikel dari blog yang diteruskan ke akun facebook. Setelah terprogram seperti ini saya merasa lebih nyaman dan bisa menggunakan facebook sebagaimana mestinya yaitu sebagai sarana bersilaturahim dengan keluarga, teman dan orang-orang yang saya kenal.

Bagaimana dengan anda, apakah setuju kalau blogging itu sama dengan bersosial media? silahkan tulis komentar anda.

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *