Cara Berhenti Donasi di Yayasan Sayangi Tunas Cilik (Save The Children)

AHMADBINHANBAL.COM – Ada banyak manusia yang telah berhasil menjadi contoh karena seringnya memberikan bantuan berupa donasi tetap (donatur) kepada organisasi kemanusiaan. Seperti Jackma. Ia adalah pendiri sekaligus pemilik Alibaba. Di dunia kemanusiaan jackma juga sering turun tangan. Tahun 2020 yang lalu, Jack Ma dan Alibaba memberikan donasi sebesar 201,6 M untuk pasien Covid dan riset vaksin Corona.

Allah Subhanahu Wata’ala dan Rasul-Nya sangat menganjurkan umatnya untuk berdonasi, yang dikenal dengan kata sedekah. 

Sedekah menyimpan begitu banyak keutamaan. Bahkan, seorang Muslim kelak akan menyesal jika menyia-nyiakan amalan sedekah. Ketika sudah tahu keutamaannya, niscaya manusia ingin mendapatkan perpanjangan umur untuk mengeluarkan sebagian hartanya melalui sedekah.

Allah Swt berfirman;

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: ‘Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)-ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?” (QS. Al-Munafiqun: 10).

Beberapa bulan yang lalu saya dan istri pergi ke Tip Top di kota Depok untuk belanja kebutuhan sehari-hari setelah pergi silaturahim ke rumah salah satu teman. Keluar dari gedung ini, saya ditemui oleh relawan dari Yayasan Save The Children Indonesia yang menawarkan program donasi untuk anak-anak di seluruh Indonesia.

Program yang sangat bagus ya, saat ini saya juga masih aktif di yayasan Aksi Peduli Bangsa yang memiliki perhatian yang sama untuk anak-anak Indonesia khususnya di Pedalaman Mentawai. Sempat kami menawarkan kerjasama antar lembaga untuk program anak-anak di Mentawai, namun karena dia hanya bertugas mencari donatur, si mbaknya hanya bisa memberikan alamat kantor yayasan Save The Children di Jl. Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Saya juga ingin tahu bagaimana cara volunter menjaring donatur, meskipun sebenarnya istri sudah bilang gak usah ikut karena kita juga ada yayasan sendiri, donasikan saja ke yayasan tempat kita kerja. Namun sekali lagi saya tetap ke depan dan mendapatkan penjelasan dari volunter.

Mbaknya memegang tab atau apa itu dan menjelaskan program-programnya, kemudian menawarkan selembar kertas formulir Otorisasi Debit Langsung. Di Kertas dua rangkap itu kita memberikan nama dan data sesuai KTP, dan mengisi data kartu kredit atau ATM lengkap dengan rekening dan nomor kartunya.

Dengan cara direct debit maka kita telah memberikan otorisasi kepada yayasna ini untuk mengatur pendebitan dana dari account kita. Saya mencoba cara ini dengan niatan ikhlas namun sudah saya rencanakan tidak akan terus-terusan karena ada kebutuhan yang lain, maka si mbaknya bilang ini bisa dicancel kapan saja, silakan disampaikan ke nomor telepon atau email.

Setelah beberapa kali donasi di Save the Children, saya ingin berhenti karena demi memenuhi kebutuhan keluarga dan donasi nantinya akan dialihkan ke program yayasan Aksi Peduli Bangsa dan pembangunan masjid Nurul Huda di Magelang, tempat kelahiran saya.

Ada beberapa langkah bagaimana caranya agar dapat berhenti Donasi dari Save The Children Indonesia agar bisa di Approve.

Ini 3 Cara Berhenti Donasi Save The Children  Indonesia:

  1. Menghubungi Layanan Khusus Donatur Indonesia di Nomor Telepon: (021) 782 4418 atau WA 0811 1900 1234. Anda juga dapat menjelaskan alasan stop donasi.
  2. Mengirimkan Pesan melalui Email: DonorServices.ID@savethechildren.org . Ini khusus Anda yang mengutamakan email untuk mobilitas sehari hari.
  3. Mendatangi langsung kantor Save the Children di Jl. Bangka IX No. 40 A, B RT 01/10, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan 12720.

Itu cara mudah berhenti donasi di Save the Children.

Pengalaman saya ketika memberhentikan donasi adalah menggunakan email dengan membalas informasi donasi yang rutin masuk ke email kita. Saya mengirimkan email pada jam kerja pada jam 8 pagi dan beberapa waktu setelahnya mendapatkan respon bahwa mereka sangat sedih jika saya memberhentikan donasi. Namun saya balas lagi bahwa kebutuhan yang mendesak membuat saya harus berhenti donasi.

Berikut Kiriman Email dari saya.

JA

Selamat pagi.

Saya Jumal Ahmad, sudah mencoba donasi di Yayasan ini, sekarang saya minta berhenti mendebit dari rekening saya karena akan digunakan untuk keperluan
yang lain.

SCI

Dear Kak Jumal Ahmad,

Kami sangat mengerti sekali dengan kondisi Kakak saat ini, semoga di manapun kakak membantu rezeki nya di mudahkan selalu ya Kak dan cepat mendapatkan pekerjaan. tetapi berat rasanya kami mengabarkan hal ini ke adik adik bahwa mereka akan kehilangan orang baik.

Ucapan terima kasih dari Stephen salah satu anak yang telah menerima maanfaat langsung berkat donasi Kakak melalui program (Education) telah mewujudkan distribusi paket belajar untuk membantu anak-anak yang tergolong marginal di wilayah intervensi Program Sponsorship di Sumba yang kesulitan mengakses dan keluarga berpenghasilan rendah yang terkena dampak pandemi saat ini untuk terus belajar menggunakan paket belajar.

JA

Saya pun merasa sedih untuk mengabarkan hal ini. Namun karena ada kebutuhan lain dan bersifat pokok yang mendesak, dengan berat hati saya ingin berhenti dari donasi. Kondisi ekonomi di masa pandemi ini membuat keluarga kecil saya harus lebih baik lagi mengelola keuangan.

Mohon maaf ya…Tolong infokan lagi ke kami jika donasi benar2 sudah dihentikan.

SCI

Dear Kak Jumal Ahmad,

Baik Kak, Kami akan bantu proses pemberhentian donasi Kakak, Stop donasi ini akan membutuhkan waktu 10 hari kerja terhitung hari ini ya Kak.

Sekali lagi terima kasih banyak atas donasi Kakak selama ini, semoga di lain waktu kita bisa sama sama bergabung untuk membantu adik adik ya Kak, berat rasanya kami menginformasikan hal ini ke adik adik bahwa mereka akan kehilangan orang baik :'(

JA

Baik.

Terima kasih atas kerjasamanya.

***

Alhamdulillah, berdasarkan pengalaman saya dengan admin SCI, cepat membalas email dan memberikan informasi yang kita butuhkan. Sedikit berbeda dengan pengalaman teman-teman lain ketika berhadapan dengan admin SCI yang susah menjawab baik via telpon atau email.

10 hari setelah pemberitahuan via email, tepatnya tanggal 3 februari kemarin, sudah tidak ada lagi pengurangan dari rekening saya.

Mungkin sekian sharing dari kami. Semoga bermanfaat.

Jumal Ahmad | ahmadbinhanbal.com

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

5 Comments

  1. Terima kasih informasinya.
    Saya baru bergabung dengan SCI, tapi mau berhenti langsung karena ada keperluan juga.
    Maaf, kalau boleh tau, pengurangan dari atm kita itu di tanggal yg sama kah?
    Terima kasih.

  2. Makasi inponya bang,
    Bener, waktu dimintai stop donasi kesannya memaksa biar tidak jadi berhenti.
    Dan qt masih kekeh mau stop diakhir jadi ketus banget cs nya

  3. Assalamualaikum.Saya ingin meminta maaf yg sedalam-dalamnya,dikarenakan saya ingin mengakhiri di yayasan ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *