Cara Mendapatkan PIN Google Adsense untuk Wilayah Depok

Ini sharing saya setelah berhasil mendapatkan PIN Adsense dari Google beberapa hari yang lalu. Saat ini saya tinggal di kota Depok namun KTP masih Magelang.

Saya mendaftarkan ke Adsense dengan KTP dan domisili yang sekarang, Alhamdulillah bisa. Ternyata mendaftar Adsense dengan alamat yang berbeda dengan domisili bisa saya lakukan dan verifikasi alamat bisa saya lakukan.

Alhamdulillah setelah beberapa bulan daftar adsense, blog ini sudah bisa memenuhi threshold ($10) untuk mendapatkan PIN yang akan dikirim pihak Adsense untuk verifikasi alamat fisik.

Tidak lama, saya segera melakukan request PIN dan mengirimkannya ke alamat domisili saat ini. Dua bulan berlalu tanpa ada kiriman surat dari Adsense, akhirnya saya membuat request PIN ke 2 dan belum datang juga informasi PIN dari Adsense sampai akhirnya iklan di blog mati ketika sudah sampai batas akhir threshold.

Akhirnya saya berinisiatif untuk mendatangi langsung ke kantor pos terdekat dari rumah di Jalan Nusantara Beji, sampai disana saya menanyakan kepada petugas perihal PIN adsense lalu dijawab oleh petugas bahwa informasi PIN Adsense dapat dilihat di instagram Kantor Pos Depok yaitu IG @kantorposdepok dan ambil langsung ke Customer Service Kantor Pos Depok yang terletak di Jalan Sentosa Raya No 3, Depok. Kartu pos Google Adsense untuk wilayah Depok dikirim dari kantor pos ini.

Berikut flyernya di laman FB Kantor Pos Depok

Keterangan foto tidak tersedia.

Setelah sampai rumah saya infokan ke istri tentang proses pengambilan Adsense yang ternyata sekarang bisa dipantau dari sosial media. Saya coba cari nama saya di daftar penerima PIN Adsense di IG Kantor Pos, saya urut sejak bulan November sampai Agustus, nama saya gak ada. Saya pun inisiatif menulis DM ke admin Kantor Pos untuk coba mencarikan PIN adsense atas nama saya.

Sejurus kemudian saya coba cari lagi ke bulan bulan sebelumnya, dan alhamdulillah ternyata nama saya ada di daftar bulan Juli, cukup lama sebenarnya saya sudah mendapatkan PIN.

Inovasi dari pihak Pos dengan mencamtumkan nama para penerima Adsense, publisher jadi lebih mudah untuk mengecek di satu pintu, tanpa harus mendatangi kantor pos yang lainnya.

Setelah memastikan nama saya ada di daftar, saya langsung pergi menuju kantor pos Depok Timur. Setelah parkir saya masuk ke kantor pos, di pintu paling depan ada petugas satpam yang bertugas memberikan nomor antrian menanyakan kepada saya perihal keperluan.

Saya jelaskan keinginan saya mengambil kartu pos Adsense dan saya diarahkan ke bagian customer service yang ada di belakang tiang.

Customer Service pengambilan PIN Adsense

Tak lama kemudian ada seorang petugas yang datang menghampiri. Saya jelaskan bahwa saya belum menerima kartu pos Google Adsense baik yang pertama ataupun yang kedua. Kemudian petugas tersebut meminta tanda pengenal, saya serahkan KTP saya yang Magelang dan saya jelaskan bahwa saya mendaftar ke akun adsense menggunakan alamat domisili yang sekarang.

Setelah menerima KTP yang saya berikan lalu petugas tersebut pergi ke ruang belakang di sebelah meja kantornya. Dan petugas tersebut akhirnya datang membawa satu kartu pos Google Adsense saya. Alhamdulillah.

Setelah kartu PIN Google Adsense saya terima, saya langsung pulang dan menunjukkan kepada istri tercinta. Dialah yang pertama kali saya minta membuka PIN tersebut. Sempat saya kira, pos dikirim dari Amerika, ternyata punya saya dikirim dari Pos Malaysia International Hub.

Saya inputkan kode PIN yang ada di kartu PIN Google Adsens tersebut ke akun Adsense saya dan hasilnya identifikasi atau verifikasi PIN berhasil, namun iklan belum langsung muncul, setelah 2 sampai 3 jam kemudian, alhamdulillah iklan sudah muncul kembali.

Berikut langkah yang seharusnya dilakukan ketika sudah menerima PIN Adsense:

  1. Login ke Adsense dengan alamat email dan password yang digunakan ketika membuat akun.
  2. Pada menu navigasi sebelah kiri klik Akun > Setelan > Informasi Akun. Kemudian klik Verifikasi Alamat
  3. Masukkan 6 digit PIN Adsense yang tercantum pada surat, kemudian klik Kirim PIN.

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, verifikasi alamat telah berhasil dilakukan.

Jadi jangan bingung lagi untuk mendapatkan kartu pos Google Adsense untuk wilayah Depok, wilayah lain seperti Jakarta, Bekasi dan lainnya saya belum tahu, mungkin bisa di share di kolom komentar jika ada yang ingin berbagi info.

Demikian artikel ini mengenai Cara Mendapatkan PIN Adsense untuk Wilayah Depok. Artikel selanjutnya yang sedang saya siapkan adalah tentang Cara Mudah Mendapatkan Pembayaran dari Google Adsense.

Tulisan sederhana ini sekaligus ingin memberikan apresiasi kepada aparat pemerintah kota Depok atas peningkatan pelayanan publik yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Informasi PIN Adsense di Sosial Media pemerintah merupakan usaha bagus dari pemda Depok memudahkan para publisher di wilayahnya.

Pengalaman lain, saya pernah alami ketika Sidang Tilang di PN Depok, dimana pelanggar tidak perlu datang di persidangan. Cukup Melihat-Bayar dan Ambil, cek pengalaman lengkapnya di sini.

Jumal Ahmad | ahmadbinhanbal.com

Tinggalkan komentar