Cara Mengganti Nama Gambar di WordPress dengan Plugin Meow Apps

Cara Mengganti Nama Gambar dan File Media di WordPress – Hari ini saya menyimak artikel dan video pembelajaran SEO Image Optimizer dari Bapak Halim P di website beliau halimp.com. Ada beberapa insight yang beliau berikan, diantaranya adalah menyimpa gambar dalam format WEBP yang formatnya lebih ringan dari JPEG dan PNG. Bapak Halim mengajarkan pembuatan format WEBP dengan plugin dari Photoshop.

Untuk format WEBP ini, di website ini sudah saya terapkan beberapa bulan lalu dengan menginstal plugin WebP Express, alhamdulillah dengan plugin ini gambar sudah berekstensi WEBP, ketika di unduh, iconnya akan berubah menjadi icon chrome atau browser lain sesuai di device.

Selanjutnya, insgiht lain yang penting adalah nama file gambar, nah ini yang saya pusing keliling, karena banyak dari gambar saya upload tanpa menuliskan nama yang membantu untuk mendukung SEO.

Meskipun WordPress memungkinkan Anda untuk mengubah tag alt dan caption gambar, tidak ada opsi bawaan untuk mengubah nama file gambar dari area admin.

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada cara mengganti nama gambar dan file media dengan mudah di WordPress dengan plugin yang saya gunakan setelah lelah mencari-cari. Juag saya tambahkan cara untuk mengganti file media di wordpress dengan file lain yang sudah lengkap keterangan namanya dari komputer.

Kenapa Penting Mengganti Nama Gambar dan Nama File Media di WordPress?

Gambar dapat membantu lebih banyak lalu lintas ke situs web kita. Terutama, jika kita mengunggah gambar asli dan file media lainnya ke situs web.

Namun, tidak seperti teks, mesin pencari dan pengguna sama-sama membutuhkan bantuan kita untuk menggambarkan gambar-gambar itu. Ini adalah bagian utama dari mengoptimalkan SEO gambar (SEO Image Optimizer).

Salah satu cara terbaik untuk membantu mesin pencari dan pengguna web menemukan gambar-gambar ini adalah dengan memberi mereka nama file yang berarti. Misalnya, nama file seperti masjid-istiqlal.jpg jauh lebih bermanfaat daripada DSC00789.jpg.

Sekarang masalahnya adalah banyak pengguna mengunggah gambar langsung dari ponsel atau kamera mereka. Beberapa pengguna seperti saya, sering mengunduh gambar dari sumber lain dan lupa untuk menamainya kembali sebelum diunggah.

Setelah kita mengunggah gambar-gambar itu ke WordPress, tidak ada opsi default untuk mengganti nama gambar-gambar itu atau file media apa pun. Karena itu, mari kita lihat cara mengubah nama gambar dan file media dengan mudah di WordPress menggunakan plugin dari Meow Apps.

Mengganti Nama Gambar dan File Media di WordPress dengan Plugin dari Meow Apps

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan Media File Renamer plugin yang dibuat oleh Jordy Meow. Caranya masuk ke Bagian Plugin WordPress kemudian masukkan di kolom pencarian ‘Media file Renamer‘ dan pilih Media File Renamer dari Meow Apps yang logonya kucing lucu.

Selesain install, Masuk ke Bagian Media dan Klik Renamer, atau klik logo Meow Apps di bawah Setting. Kita akan masuk ke halaman awal (dashboard) media file renamer .

Dashboard Media File Renamer by Jordy Meow
Dashboard Media File Renamer by Jordy Meow

Klik Analyze Library untuk menganalisa seluruh gambar di website kita. Waktunya cukup cepat, saya butuh 5 menitan untuk analis semua file gambar web.

cara mengubah nama file di meow apps

Pada gambar di atas, saya mengunci gambar yang saya anggap sudah sesuai dengan gambar yang dimaksud, adapun gambar yang tidak ada keterangan namanya, maka saya klik auto rename dan nanti akan berubah sesuai nama file yang tertulis di sampingnya, seperti yang kita tulis di Alt Text Gambar.

Dengan mengklik auto rename, file nama gambar yang bukan SEO Friendly akan diubah dan secara otomatis menjadi SEO friendly.

Jika ingin mengubah file gambar secara manual, bisa klik logo pena di sebelah nama gambar sebelah kiri dan ganti dengan nama yang sesuai.

Link Tutorial lengkap: Tutorial for Renaming Files with WordPress | Meow Apps

Tinggalkan komentar