Cara Mengubah atau Memindahkan Folder Penyimpanan Kitab di Maktabah Shamilah

Salah seorang pengunjung blog ini menanyakan tentang cara mengubah folder penyimpanan kitab-kitab di Maktabah Shamilah. (tautan pertanyaan)

Pertama sekali, saat menginstal Maktabah Syamilah kita diberikan pilihan untuk menyimpan folder instalasi dan kitab di direktori mana, Direktori C atau D atau lainnya, biasanya kita pilih yang paling longgar.

Setelah dipilh akan muncul folder di laptop kita bertuliskan shamela4 atau versi terbarunya shamela1444. Di foldernya berisi sub folder yang sekarang lebih sedikit yaitu folder: app, database, pdf dan launcher.

Setahu saya, mengubah folder kitab misalnya merubah nama, tidak perlu dan tidak disarankan. Adapun untuk memindahkan folder Shamilah masih memungkinkan, namun Shamilah sendiri memberikan catatan di notepad yang tersimpan di zip instalasinya (versi sebelumnya)

هام جدا لنسخ الشاملة بشكل صحيح

محرك الشاملة يعمل في الخلفية، ليحقق بدء أسرع للشاملة
ولهذا تكون بعض الملفات مستخدمة فلا يمكن نسخ الشاملة أو نقلها بشكل سليم
ولو تم نقلها فلن يعمل البرنامج (المنسوخ) لنقص بعض الملفات التي لم تنسخ

ولهذا؛ لا بد من إغلاق المحرك (تماما) قبل نسخ الشاملة
حتى لو لم تكن شغلتها أصلا، لأن المحرك يعمل في الخلفية كما سبق

ولإغلاق المحرك تماما، قم بالآتي

شغل الشاملة-

من شريط الأيقونات العلوي، اختر شاشة الخيارات-

ستجد صفحة في الخيارات اسمها «إغلاق تام» اضغط الزر الوحيد هناك، فتغلق الشاملة والمحرك بشكل نهائي

ويمكنك بعد ذلك نسخ الشاملة أو نقلها لمجلد آخر بكل سهولة

ولا ينصح باستخدام هذا الزر كثيرا، لأنه يبطئ من بدء تشغيل البرنامج في المرات القادمة
استخدمه فقط قبل نسخ أو نقل الشاملة

Kurang lebih maksudnya demikian.

Hal yang perlu perhatian agar menyalin/ memindahkan Syamilah dengan benar

Mesin Syamilah berjalan di belakang, agar Syammilah bisa membuka dengan lebih cepat, oleh karena itu, beberapa file digunakan, sehingga Syamilah tidak dapat disalin atau dipindahkan dengan benar.

Jika program dipindahkan atau disalin, bisa jadi tidak akan berfungsi karena kurangnya beberapa file yang belum disalin. Oleh karena itu, program harus dimatikan (sepenuhnya) sebelum penyalinan Syamilah. Bahkan jika Anda tidak menyalakannya sama sekali, karena mesin berjalan di latar belakang.

Untuk mematikan mesin sepenuhnya, lakukan hal berikut

  • Buka Syamilah
  • Dari bilah ikon atas, pilih layar opsi
  • Anda akan menemukan halaman dalam opsi yang disebut «Complete Close» tekan satu-satunya tombol di sana, dan keseluruhan dan mesin menutup secara permanen

Anda kemudian dapat menyalin keseluruhan atau memindahkannya ke folder lain dengan mudah.

Tidak disarankan untuk sering menggunakan tombol ini, karena memperlambat dimulainya program di waktu berikutnya. Gunakan hanya sebelum menyalin atau memindahkan keseluruhan.

Versi Shamilah 4.0

Alhamdulillah, di versi 4.0, Syamilah yang terbaru, opsi «إغلاق تام» sudah tidak diperlukan lagi, artinya kalau kita mau copy atau pindahkan folder Syamilah, bisa kita lakukan cukup dengan menutup Syamilah, tanpa perlu masuk ke complete close.

Keterangan di Syamilah.

عدم الحاجة للإغلاق (التام) كما كان بالإصدار السابق، والاكتفاء بالإغلاق العادي عند إرادة نَسْخ الشاملة أو نقلها

Tidak perlu penutupan lengkap (complete close) seperti pada versi sebelumnya, dan cukup dengan penutupan normal ketika akan menyalin atau memindahkan folder Syamilah. (tautan info).

Review Singkat | Maktabah Syamilah 4 versi 1444 H | Jumal Ahmad

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID