CariHadis.Com, Mencari Hadis dan Terjemah dengan Mudah

Mengenal Hadis Nabi

Hadits adalah merupakan landasan syariat islam dan dijadikan sumber hukum islam yang kedua setelah alQur’an . Istilah hadits pada dasarnya berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata “Al-hadits” yang artinya adalah perkataan, percakapan atau pun berbicara. Dalam terminologi agama Islam sendiri, dijelaskan bahwa hadits merupakan setiap tulisan yang melaporkan atau pun mencatat seluruh perkataan, perbuatan dan tingkah laku Nabi Muhammad SAW.

Hadits sejauh ini memiliki bermacam-macam jenis diantaranya, yaitu hadits berdasarkan keutuhan rantai sanad, jumlah penutur, dan tingkat keaslian hadits. Para ulama hadis membagi hadis berdasarkan kualitasnya dalam tiga kategori, yaitu hadits shahih, hadits hasan, hadits dhaif.

Hadits pada dasarnya berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata “Al-hadits” yang artinya adalah perkataan, percakapan atau pun berbicara. Jika diartikan dari kata dasarnya, maka pengertian hadits adalah setiap tulisan yang berasal dari perkataan atau pun percakapan Rasulullah Muhammad SAW.

Dalam terminologi agama Islam sendiri, dijelaskan bahwa hadits merupakan setiap tulisan yang melaporkan atau pun mencatat seluruh perkataan, perbuatan dan tingkah laku Nabi Muhammad SAW. Hadis dijadikan sumber hukum Islam selain al-Qur’an, dalam hal ini kedudukan hadis merupakan sumber hukum kedua setelah al-Qur’an. Hadits sejauh ini memiliki bermacam-macam jenis diantaranya, yaitu hadits beradasarkan keutuhan rantai sanad, jumlah penutur, dan tingkat
keaslian hadits.

CariHadis.Com

Pada postingan sebelumnya, saya sering menulis review beberapa aplikasi tentang Alquran yang bisa digunakan untuk belajar membaca, menghafal, mencari ayat dan menyisipkan ayat Alquran dalam artikel seperti aplikasi Alfanous, Quran Gateway, Al-Fatihah Center, Android Alquran, Aplikasi Ayah, Bahits Al-Quran, Huda.id, Lafdzi, Quthrubi.

Dari beberapa aplikasi yang telah saya review masih sedikit aplikasi yang menyediakan bantuan terjemah online tentang hadis. Situs penyedia terjemahan ternyata tidak gratis alias berbayar contohnya Aplikasi Hadis 9 Imam dan sekarang versi online-nya sudah tidak ada lagi.

Admin carihadis.com di facebooknya juga menyatakan hal yang sama, banyak situs yang menyediakan terjemah Al-Quran gratis, namun tidak dengan hadis, kebanyakannya berbayar.

Kali ini saya akan mereview situs penyedia hadis dan terjemahan yang bagus dan dibuat oleh orang Indonesia. Situs ini bisa dikunjungi di alamat berikut: http://carihadis.com/

Sebelum melakukan pencarian, berikut ini ada beberapa petunjuk pencarian sebagaimana disampaikan admin carihadis.

Petunjuk Pencariannya sebagai berikut

  • Mesin pencari akan mencari teks yang dimasukkan tanpa memedulikan karakter sebelum maupun sesudahnya.
  • Pilihlah kata yang unik supaya hasil pencarian lebih akurat.
  • Semakin sedikit kata yang dimasukkan, semakin banyak hasil pencarian.
  • Untuk pencarian teks Arab, hindari sebisa mungkin tasykil/syakal seperti harokat fathah, kasrah, dhammah, sukun, tasydid dan sebagainya.
  • Mesin pencari akan membedakan hamzah washal dengan hamzah qatha’ sehingga ا berbeda dengan أ atau إ.

Beberapa teknik pencarian di Carihadis.Com yang bisa digunakan sebagai sarana takhrij hadis adalah.

  1. Pencarian Hadis Berdasarkan Teks
  2. Pencarian Hadis Berdasarkan Nomor
  3. Pencarian Hadis Berdasarkan Nama Kitab dan Teks

Pencarian Hadis Berdasarkan Teks

Berikut ini saya coba mencari teks hadis berdasarkan teks dengan menuliskan kata “Niat” kemudian klik Cari!

Hasilnya terdapat beberapa kitab hadis yang terdapat kata ini

Pencarian Hadis Berdasarkan Nomor

Pencarian hadis juga bisa dilakukan berdasarkan nomor. Fitur ini memungkinkan kita bisa langsung membuka kitab tertentu dan halaman tertentu secara langsung tanpa mengetahui isi teks di dalamnya. Fitur ini juga memudahkan pengecekan teks atau hadis tertentu pada sebuah kitab yang sudah diketahui nomornya.

Misalnya, saya ingin mengecek kitab Riyadhus Shalihin nomor 14, maka saya cukup memilih kitab dan memasukkan angka tersebut di kolom yang tersedia, lalu saya tekan tombol “Cari!”.

Saya klik nama kitabnya kemudian terdapat halaman ini, pada pilihan nomor dalam kitab saya tuliskan no 14

Pencarian Hadis Berdasarkan Nama Kitab dan Teks

Pencarian teks hadis bisa dilakukan untuk satu kitab tertentu. Misalnya, saya ingin mencari kata “Niat”dalam kitab Riyadhus Shalihin saja, maka anda tinggal memilih kitab Shahih Bukhari pada pilihan nama kitab dan memasukkan kata “Niat”pada kotak teks, lalu klik “Cari!”.

Hasil pencarian ditunjukkan dengan blok kuning warna merah.

BOT Telegram CariHadisBOT

CariHadisBOT adalah mesin bot pencari hadis versi telegram. Dengan bot ini anda bisa mencari hadis dengan sangat mudah. Caranya cukup anda follow akun Telegram Cari Hadis di http://t.me/CariHadisBot kemudian tulis kata yang ingin anda cari lalu mengirimkannya.

Baheth.Info

Di halaman utama web carihadis juga diberikan tautan ke situs baheth.info yang sangat berguna untuk menjadi kamus online bahasa Arab dengan rujukan kitab-kitab sumber yaitu Lisanul Arab, Maqayiisul Lughah, Ash-Shihhah fil Lughah, al-Qamus al-Muhith dan al-Lubab al-Zaakhir.

Sunnah.One

Selain baheth.info, di halaman utama carihadis juga ada link atau tautan ke sunnah.one. Hasil pencariannya sangat bagus dan mendalam, cocok bagi Anda yang punya pemahaman bahasa Arab yang bagus.

Terjemah kitab hadis, disertai fitur untuk pencarian teks atau nomor hadis

Berikut ini judul kitab yg sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia:

  1. Shahih Bukhari http://carihadis.com/Shahih_Bukhari/1
  2. Shahih Muslim http://carihadis.com/Shahih_Muslim/1
  3. Sunan Abu Daud http://carihadis.com/Sunan_Abu_Daud/1
  4. Sunan Tirmidzi http://carihadis.com/Sunan_Tirmidzi/1
  5. Sunan Nasai http://carihadis.com/Sunan_Nasai/1
  6. Sunan Ibnu Majah http://carihadis.com/Sunan_Ibnu_Majah/1
  7. Muwatho Malik http://carihadis.com/Muwatho_Malik/1
  8. Musnad Ahmad http://carihadis.com/Musnad_Ahmad/1
  9. Musnad Darimi http://carihadis.com/Musnad_Darimi/1
  10. Musnad Syafii http://carihadis.com/musnad_syafii_terjemah/1
  11. Mustadrak Hakim http://carihadis.com/mustadrak_hakim_terjemah/1
  12. Shahih Ibnu Hibban http://carihadis.com/shahih_ibnu_hibban_terjemah/1
  13. Shahih Ibnu Khuzaimah http://carihadis.com/shahih_ibnu_khuzaimah_terjemah/1
  14. Sunan Daraquthni http://carihadis.com/Sunan_Daraquthni_Terjemah/1
  15. Riyadhus Shalihin http://carihadis.com/terjemah_riyadhus_shalihin/1
  16. Bulughul Maram http://carihadis.com/Terjemah_Bulughul_Maram/1

Kalau ada kesalahan infokan ke admin@carihadis.com

14 pemikiran pada “CariHadis.Com, Mencari Hadis dan Terjemah dengan Mudah”

  1. Berdasarkan pengalaman saya, akan lebih mudah jika Anda langsung menuliskan redaksi hadis yang ingin dicari. Sebagai contoh saya coba memasukkan kata dalam dalam doa setelah makan yaitu وسقانا kemudian keluar hasil seperti ini: http://carihadis.com/?teks=%D9%88%D8%B3%D9%82%D8%A7%D9%86%D8%A7&perintah=Cari%21 yang menampilkan tabel kitab-kitab hadis, total 24 kitab dengan jumlah hadis yang memuat kata tersebut dan di tabel selanjutnya ada nomor hadis. Sila dicoba dengan redaksi hadis lainnya.

Tinggalkan komentar