Resume Launching Buku Online “Curriculum Renewal for Islamic Education: Critical Perspectives on Teaching Islam in Primary and Secondary Schools”

Beberapa pekan yang lalu saya mengikuti beberapa kali Zoom Online launching buku oleh kumpulan peneliti Pendidikan Islam di Australia dan Amerika di bawah naungan CITE Unisa, Australia.

Buku ini berisi agenda-agenda tajdid (pembaruan) atau desain ulang kurikulum Pendidikan Islam untuk K-12 atau SD-SMA. Meskipun penelitian atau penulis buku ini berasal dari latar belakang minoritas muslim, namun esensinya tetap relevan untuk muslim mayoritas seperti di Indonesia. Bagian penting dari buku ini adalah memberikan insight-insight terbaru mengembangkan kurikulum Pendidikan Islam.

Buku ini adalah hasil kolaborasi para ahli pendidikan dalam bidang kurikulum selama beberapa dekade yang dimulai oleh Dr. Nadeem ketika beliau berada di Amerika Utara.

Nadeem banyak mendapatkan pertanyaan tentang apa itu kurikulum apa konteksnya untuk saat ini. Maka menurutnya butuh sekali buku yang bisa membimbing para guru tentang pengembangan kurikulum dan sebagai bacaan profesional dalam masalah kurkulum.

Buku ini sangat berguna bagi para peneliti, mahasiswa doktoral dan akademisi dunia pendidikan, guru PAI dan peneliti kurikulum agama. Demikian juga orang-orang yang tertarik dalam bidang sosiologi dan teori agama akan tercerahkan dengan paparan penelitian.

Buku ini terbagi menjadi 3 sesi.

1. Islamic Studies Curiculum: Quran, Fiqih, Aqidah, Sirah dan Akhlak.

Menjelaskan bagaimana tema-tema di atas bisa menarik oleh para pelajar, memberikan gambaran besar tentang isu-isu konten dan pendekatan dalam mengajarkan materi-materi dalam kelas. Bagaimana pelajar engagment dengan tema yang dibahas. Bukan mengajarkan tetapi memberikan stimulus-stimulus.

2. Islamic Worldview Shaping Curriculum

Susan L. Douglass dalam makalahnya ‘Teaching Islamic History within a Global Paradigm and Integrated Curriculum’ menjelaskan bagaimana belajar sejarah bukan hanya Islam saja tetapi juga sejarah yang lain pada waktu yang sama. Dengan hal ini pelajar bisa mempelajari pengaruh dan kontribusi Islam pada peradaban lain (World history for Us All).

Omar Qureshi  dalam makalah ‘Science Curriculum from an Islamic Worldvies’ memberikan titik tekan bahwa para guru membutuhkan referensi untuk mengembangkan kurkilum ilmu sains, apakah yang dimaksuk dengan integrasi islam dengan sains, menjadi satu bahasan di makalahnya.

3. Islamic Inspired Curriculum Renewal

Salah satu penulis pada sesi ini adalah Claire Alkouatli yang menulis makalah ‘Considering Human Development in Islamic Education’. Claire menulis tentang bagaimana jika kita ingin membahas pengembangan manusia berdasarkan konteks dan sumber Islam. Claire menjadikan hadis Nabi tentang 7 tahun mendidik sebagai dasar pembahasannya.

Menurutnya hubungan anak dengan orang lain sangat penting. Apa hubungannya human development dengan kelas? beliau menjawab tentang pedagogi artinya bahwa pedagogi itu artinya pengembangan dan berhubungan dengan pengembangan manusia. menurutnya perlu ada konteks ketika anak belajar.

Farah Ahmed, dalam makalah ‘Devising an Islamic Approach to Learning and Teaching Through Hadīth Jibrīl’ mengkaji pembelajaran dan pengajaran dalam literatur Islam melalui kajian hadis Jibril. Ada 4 konsep dasar dalam hadis Jibril yaitu Iman, Islam, Ihsan dan bagaimana refleksinya dalam pembelajaran dan pengajaran. Menurutnya, konsep dasar ini bisa digunakan para pendidik dan sekolah untuk memberikan konteks budaya khas dan menghidupkan Islam di dunia anak didik lebih efektif.

—-

Curriculum Renewal for Islamic Education: Critical Perspectives on Teaching Islam in Primary and Secondary Schools

By                                      : Nadeem A. Memon, Mariam Alhashmi, Mohamad Abdalla

Edition                              : 1st Edition

First Published                 : 2021

eBook Published : 11 May 2021

Pub. Location : New York

Imprint : Routledge

DOI : https://doi.org/10.4324/9780429276811

Pages : 278

eBook ISBN : 9780429276811

Subjects : Education, Humanities, Social Sciences

Citation:

Memon, N.A., Alhashmi, M., & Abdalla, M. (2021). Curriculum Renewal for Islamic Education: Critical Perspectives on Teaching Islam in Primary and Secondary Schools (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429276811

Beli bukunya di Link berikut: https://www.routledge.com/Curriculum-Renewal-for-Islamic-Education-Critical-Perspectives-on-Teaching/Memon-Alhashmi-Abdalla/p/book/9780367776442

Preview PDF di link berikut: https://www.taylorfrancis.com/books/edit/10.4324/9780429276811/curriculum-renewal-islamic-education-nadeem-memon-mariam-alhashmi-mohamad-abdalla

Tinggalkan komentar