Doa Mencintai Al-Quran

MENCINTAI AL-QURAN – Orang yang membaca Al-Quran dan menghafalnya belum tentu Al-Quran sampai kepada hati dan ruhnya. Tidak sedikit bacaan Al-Quran kita baru sampai di tenggorokan belum masuk ke dalam hati.

Berikut ini saya sampaikan riwayat tentang doa mencintai Al-Quran, dengan membacanya semoga Allah memudahkan Al-Quran masuk ke dalam hati dan jiwa kita. Cinta itu letaknya di hati, sedangkan kita tidak mampu menguasai hati. Hati berada di bawah kekuasaan Allah.

Doa ini sangat Agung, mengharapkan kebahagiaan yang abadi yaitu ketika Al-Quran menjadi penyejuk hati. Ibarat air menyiram hati yang mati dan keras sehingga tumbuh dan kuat.

Hendaknya setiap Muslim terlebih lagi seorang penghafal Al-Qura mengulang ulang doa ini setiap hari 3 atau 5 kali dalam sehari dengan penuh harap agar diijabahi. Di antara tanda diijabahnya doa ini, dilapangkan dadanya untuk lebih banyak membaca Al-Quran dan lebih rajin mengerjakan Shalat di malam hari.

Dari Ibnu Mas’ud berkata, Rasulullah SAW telah bersabda: “Tidaklah seorang hamba yang sedang mendapatkan musibah, kesedihan hati dan kegundahan jiwa kemudian membaca:

اللَّهُمَّ إِنِّى عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِيْ بِيَدِكَ مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَداً مِنْ خَلْقِكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِى كِتَابِكَ أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِى عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِيْ وَنُورَ صَدْرِيْ وَجَلاَءَ حُزْنِيْ وَذَهَابَ هَمِّيْ

“Ya Allah, aku ini adalah hamba-Mu, putra dari hamba-Mu, putra dari umatmu. Ubun-ubunku ada di genggam-Mu, menerima segala keputusan-Mu, dan memandang adil apa saja hukum-Mu. Aku memohon dengan asma apa juga yang Engkau sebutkan terhadap diri-Mu, atau Engkau turunkan pada kitab-Mu, atau pernah Engkau ajarkan kepada salah seorang di antara makhluk-Mu, atau Engkau simpan dalam perbendaharaan ghaib dari ilmu-Mu, agar Al-Quran itu Engkau jadikan kembang hatiku, cahaya dadaku, pelenyap duka dan penghilang susahku”.

Maka pastilah Allah akan menghilangkan semua kesedihan dan kesulitannya serta menggantikan dengan jalan keluar baginya. Lalu seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW “Ya Rasulallah, bolehkah kami menghafalkannya?”. Beliau menjawab : “Aku anjurkan bagi yang mendengarnya agar menghafalkan (dan mengamalkannya)”. (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban).

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang sedang mendapatkan musibah, kesedihan hati dan kegundahan jiwa kemudian membaca do’a ini pastilah Allah akan menghilangkan semua kesedihan dan kesulitannya serta menggantikan dengan jalan keluar baginya”.

Lalu seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW “Ya Rasulallah, bolehkah kami menghafalkannya ?”. Beliau menjawab : “Aku anjurkan bagi yang mendengarnya agar menghafalkan (dan mengamalkannya)”. (HR. Hakim)

Doa mencintai Al-Quran yang lain;

اَللَّهُمَّ نَوِّرْ قُلُوْبَنَا بِالْقُرْآنِ اَللَّهُمَّ نَوِّرْ وُجُوْهَنَا بِالْقُرْآنِ اَللَّهُمَّ اشْرَحْ صُدُوْرَنَا بِالْقُرْآنِ اَللَّهُمَّ أَذِلْ هُمُوْمَنَا وَ غُمُوْمَنَا بِالْقُرْآنِ اَللَّهُمَّ أَذِلْ هُمُوْمَنَا وَغُمُوْمَنَا بِالْقُرْآنِ اَللَّهُمَّ عَلِّمْنَا مِنْهُ مَا جَهِلْنَا وَذَكِّرْنَا مِنْهُ مَا نَسِيْنَا وَ ارْزُقْنَا تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَ أَطْرَافَ النَّهَارِ عَلَى الْوَجْهِ الَّذِيْ يُرْضِيْكَ عَنَّا .

‘Allahumma nawwir quluubanaa bilquraan, Allahumma nawwir wujuuhanaa bilquraan, Allaummashrah shuduuranaa bil quraan. Allahumma adzill Humuumanaa wa ghumuumanaa bilquraan, Allahumma adzil humuumanaa wa ghumuumanaa bilquraan. Allahumma ‘allimnaa maa jahilnaa wa dzakkirnaa minhu maa nasiinaa warzuqnaa tilaawatahu aanaa allaili wa athraafan nahaar ‘alal  wajhil ladzii yurdhiika ‘anna”

Ya Allah berikanlah hati kami cahaya dengan Al-Quran, Ya Allah berikanlah wajah kami cahaya dengan Al-Quran, Ya Allah berikanlah kelapangan dada kami dengan Al-Quran. Ya Allah hilangkanlah rasa sendih dan gundah kami dengan Al-Quran, Ya Allah hilangkanlah rasa sendih dan gundah kami dengan Al-Quran. Ya Allah ajarkanla apa yang belum kami ketahui dan ingatkan kami apa yang kami lupa, berikanlah rizki kepada kami untuk bisa membaca Al-Quran sepanjang siang dan malam dengan cara yang Engkau ridhai.

Amalkan juga doa indah ini

اَللَّهُمَّ اجْمَعِ الْقُرْآنَ فِيْ قَلْبِيْ حِفَظاً وَعَلَى لِسَانِيْ تِلَاوَةً وَفِيْ سُلُوْكِيْ خُلُقاً وَارْزُقْنِيْ مِنْهُ الْعِلْمُ وَالْعَمَلُ. اَللَّهُمَّ كَمَا جَعَلْتَ كُلَّ نَبْضَةً تَزِيْدُ مِنِّي عُمْرًا فَأَجْعِلْهَا تَزِيْدُنِيْ مِنْكَ قُرْبًا

Allahummajma’il quraana fii qalbii hifdhan wa ‘alaa lisaanii tilaawatan wa fii suluukii khuluqan warzuqnii minhul ‘ilma wal ‘amal. Allahumma kamaa ja’alta kulla nabdhatan taziidu minnii umran, fa aj’ilhaa taziidunii minka qurban

Ya Allah kumpulkan Al-Quran di dalam hatiku sebagai hafalan, di lisanku sebagai bacaan dan di perilakuku sebagai akhlak dan berikanlah aku kemampuan ilmu dan amal. Ya Allah sebagaimana engkau jadikan detak jantung menambah umurku maka jadikanlah Al-Quran ini menambahkan diriku mendekat kepada-Mu

Semoga Allah memudahkan kita untuk mengamalkan doa ini agar Al-Quran menjadi penyejuk hati dalam kehidupan kita. Hanya orang yang berpikiran mendalam yang mencintai Al-Quran melebihi segalanya. [ ]

Jumal Ahmad | ahmadbinhanbal.com

3 pemikiran pada “Doa Mencintai Al-Quran”

Tinggalkan Balasan