Download Software Pemberi Harakat Mishkal di Windows

Mishkal dibuat oleh tiga developer muslim yaitu Taha Zerrouki, Ziouche Walid dan Sohaib Afifi. Anda bisa menyimak cara saya menggunakan Mishkal secara online di webnya di video berikut.

Agar mudah mengoreksi harakat, sila gunakan versi windowsnya karena ada pilihan untuk memperbaiki harakat.

Beberapa kegunaan dari Misykal sebagai berikut:

  1. Memberi harakat pada kalimat atau paragraf berbahasa Arab.
  2. Memberi harakat secara otomatis
  3. Mengkoreksi tulisan berharakat dalam Bahasa Arab
  4. Membantu untuk memberi harakat
  5. Bisa diperbesar atau diperkecil tampilan atau ukuran hurufnya.
  6. Tampilan lebih menarik dari versi sebelumnya

Informasi unduh file di tautan berikut;

Selesai mengunduh file, selanjutnya klik winrar untuk ekstraksi file dan install Misykal. Maka Anda akan mendapatkan tampilan seperti ini.

Tool di bagian atas pada baris pertama terlihat tanda-tanda harakat yang bisa Anda gunakan untuk menuliskan harakat sendiri. Misalkan saya menlis تسير السفن في البحار dan memberi harakat dengan tombol harakat yang ada.

Kemudian saya coba menggunakan Tombol otomatis تشكيل dengan mencentang تشكيل أواخر الكلمات yaitu memberikan harakat di akhir kata.

Setelah selesai mengetik huruf Arab pada jendela Mishkal, untuk memberi harakat silakan Anda klik tombol (تشكيل). Anda juga bisa memberi harakat pada ketikan Arab yang dibuat pada program lain, misal dari Office Word. Caranya cukup copy paste saja ketika Arab tersebut.

Berikut adalah contohnya ketikan Arab yang sudah diberi harakat menggunakan software Mishkal :

Meskipun software Mishkal dirancang khusus untuk memberi harakat secara otomatis, namun tidak terlepas juga dari kesalahan. Kemungkinan akan terdapat satu atau lebih kata yang tidak sesuai. Artinya pemberian syakal dengan Mishkal tidak menjamin 100% benar. Untuk itu silakan koreksi setiap Anda selesai memberi syakal.

Untuk mengoreksi setiap kata yang salah caranya cukup mudah, Anda tinggal klik kanan pada kata yang mau dibenarkan dan pilih bacaan mana yang benar.

Jika pilihan bacaan yang direkomendasikan Mishkal tidak ada, maka Anda harus membuat harakat secara manual. Tenang, karena Mishkal sudah menyediakan pilihan harakat manual pada Toolbar.

Selain itu software Mishkal tidak hanya bisa kita gunakan untuk memberi harakat saja. Kita bisa mengubah tampilan huruf menjadi lebih besar atau lebih kecil. Kita juga bisa mencetak (print) hasil huruf Arab. Atau mungkin saja kita ingin mengubah jenis huruf Arab dengan font lain.

Unduh file Mishkal untuk Windows di tautan berikut.

http://sourceforge.net/projects/mishkal/files/mishkal-Desktop-Win-0.1.4.zip/download

Tinggalkan Balasan