Film Animasi: Bilal, Sang Pahlawan Baru

Sebuah film animasi diproduksi oleh Barajoun Entertainment tentang kisah Sahabat Nabi Bilal bin Rabah yang dipilih oleh Nabi sebagai penyeru adzan pertama.

Bilal bin Rabah bercita cita menjadi seorang pahlawan, namun pada umur 7 tahun Bilal bersama saudara perempuannya diculik dan dijadikan budak, dibawa ke tempat yang jauh dari rumah, menghadapi dunia yang keras, ketidak keadilan, Korupsi dan siksaan mereka hadapi. Tidak kalah menarik dengan film terkenal seperti Moana dan Coco yang bercerita keberanian seorang anak.

Kisah Bilal adalah kisah menarik tentang sebuah perjuangan mempertahankan aqidah. Kisah yang tidak akan pernah membosankan walau diulang ulang sepanjang zaman.

Bilal lahir di As-Sarah sekitar 43 tahun sebelum hijrah. Ayahnya bernama Rabah dan ibunya bernama Hamamah, seorang budak wanita berkulit hitam sehingga Bilal kadang dipanggil Ibnu Sauda’ (putra wanita hitam).

Bilal menjadi budak Umayyah bin Khalaf, tokoh Quraisy yang menjadi penentang risalah Muhammad bersama Abu Jahal. Ketika Bilal masuk Islam, Umayyah menjadi orang yang paling sadis menyiksa Bilal, mencambuk, menindih dada telanjang dengan batu besar yang panas dan mengikat leher Bilal dengan tali yang kasar dan menariknya di jalanan Makkah. Di tengah siksaan itu, Bilal terus mengumandangkan pernyataan agungnya “Ahad …Ahad …Ahad..” terus menerus tanpa merasa bosan dan lelah.

Lewat tekanan hidup yang dia hadapi, Bilal berusaha mencari kekuatan dalam dirinya untuk menjadi apa yang dia perjuangkan dan membuat perubahan. Bilal mengajarkan keberanian dan kesabaran, Bilal mengajarkan kebebasan sejati dan menjadi pahlawan sejati yang selalu diingat dalam sejarah dan waktu.

Ayman Jamal, penulis skenario ingin memberikan inspirasi anak anak dengan superhero yang nyata ada dan bisa menjadi suri tauladan, bukan Superman yang hanya ada dalan cerita dan buku.

Untuk menghasilkan film yang akurat. Ayman bekerjasama dengan 11 peneliti selama 8 tahun, hasilnya Berdasarkan penelitian bukan imajinasi mereka.

Bilal bin Rabah dialih suarakan oleh aktor asal Inggris, Adewale Akinnuoye-Agbaje, yang pernah berperan sebagai Killer Croc di film Suicide Squad. Adewale berperan mengisi suara karakter utama Bilal bin Rabah yang menggambarkan sosok sahabat Nabi Muhammad.

Sebelum diputar reguler, film โ€˜Bilalโ€™ sempat mencuri perhatian saat diputar di Festival Film Cannes dan mendapat penghargaan sebagai Best Inspiring Movie dalam kategori Animasi.

Versi lengkap akan dirilis 2 Februari 2018 sebagaimana info akun @bilalmovie.

Sebelum itu, anda bisa menikmati beberapa trailer resmi Bilal. Trailer animasi Bilal pertama terbit 21 Desember 2017.

Dan trailer terbaru terbit 16 Januari kemarin.

Jacob Latimore sebagai Bilal Kecil

China Anne sebagai Ghufaira kecil

Adewale, bintang Game of Thrones sebagai Bilal Muda

Beberapa screen dari film Animasi Bilal

Satu pemikiran pada “Film Animasi: Bilal, Sang Pahlawan Baru”

Tinggalkan Balasan