JAIS: Open ChatGPT Alternatif untuk Bahasa Arab

AHMADBINHANBAL.COM – Jais adalah model bahasa yang fokus untuk bahasa Arab dan open model terbaik saat ini.

Peneliti dari Uni Emirat Arab berkolaborasi dengan Cerebras memperkenalkan dua model open language yaitu Jais dan Jais-chat. Model ini telah ditraining dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris dan menghasilkan performan yang bagus untuk model bahasa Arab.

Jais telah dilatih dengan 13 miliar parameter dan baru-baru ini diperbarui menjadi 30 miliar parameter, menjadikannya salah satu model terbesar yang tersedia. Sementara Jais chat telah dilatih dengan 10 miliar instuksi atau respon.

Jais bisa mengalahkan ChatGPT dalam beberapa hal

Situs web Arab, buku, berita, dan Wikipedia digunakan sebagai data pelatihan, dengan semua data disaring sebelum pelatihan. 232 miliar token data bahasa Inggris dari The Pile oleh EleutherAI digunakan untuk mengimbangi data Arab terbatas yang tersedia. Tim juga menggunakan 46 miliar token kode.

Dalam tolok ukur, Jais dan Jais-chat mengungguli model Arab yang ada dan tersedia secara bebas dengan akurasi 11 hingga 15 poin, dan bersaing dengan LLaMa2 Meta untuk bahasa Inggris, menurut tim. Model komersial seperti ChatGPT OpenAI atau Claude Anthropic masih unggul rata-rata dalam tolok ukur, tetapi juga jauh lebih besar. Namun, untuk beberapa tugas, seperti menulis, Jais dan Jais-chat setara dengan ChatGPT, kata tim.

Tim juga menyediakan sejumlah mekanisme keamanan lainnya untuk Jais-chat, seperti filter dan pengklasifikasi untuk permintaan dan output yang tidak diinginkan.

Fitur khusus lain dari model ini: tidak dilatih pada GPU Nvidia, tetapi pada sistem CS-2 Cerebra. Perusahaan memproduksi chip AI berukuran wafer yang dipasang di sistem CS-2.

Hasil tes perbedaan Jais dan ChatGPT-4 bisa Anda simak di tulisan Mazen Lahham di LinkedIn

Bagaimana saya bisa menggunakan JAIS dan JAIS-Chat?

Sebelumnya Jais dan Jais-chat tersedia di platform Hugging Face, Anda dapat mengunduhnya, menguji model dan mengintegrasikannya ke dalam aplikasi Anda sendiri.

Kini JAIS bisa Anda kunjungi di laman berikut.

Halaman login seperti ini.

halaman login jais

Untuk pengguna awal/ new user bisa daftar di Join the Waitlist yang ada di bawah tombol Sign.

Akan muncul kolom yang perlu diisi seperti ini.

join waitlist in Jais

Setelah diisi semua, klik join dan nanti akan muncul notitf success.

Karena masih harus menunggu, saya lampirkan tangkapan layar percakapan menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Arab menggunakan Jais GPT Arab dari file Jais white paper.

conversation with jais

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID