Kamus Almaany Online, Paling Lengkap dan Rekomended

Kamus Almaany online adalah kamus paling lengkap saat ini dan banyak dipakai para penuntut ilmu baik kyai, ustadz, santri dan mahasiswa. Sudah ada dalam 9 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Jika dulu saya sering gunakan aplikasi kamus bahasa Arab 3.0, kini lebih suka Almaany karena tersedia online.

Ketua Pusat Bahasa di UIN Jakarta menyarankan (rekomendasi) aplikasi ini bagi mahasiswa yang ingin mencari makna atau terjemah kosa kata Bahasa Arab.

Menggunakan kamus online Almaany sangat mudah, Anda cukup menuliskan kata bahasa Arab dalam kotak yang telah tersedia. Atau menuliskan beberapa huruf awal yang dimaksud sehingga muncul kata kata perkiraan yang sudah ada di bank data. Pilih kata yang dimaksud, dan tekan tombol enter untuk mendapatkan terjemahnya.

Keunggulan kamus Almaani

  • Navigasi mudah
  • Kamus online Almaany didukung dengan sembilan bahasa asing, seperti Inggris, Prancis, Spanyol, Portugal, Turki dan Persia, Asbania, Almania dan Indonesia.
  • Tampilan bahasa bisa diubah sesuai sembilan bahasa di atas, tidak terbatas bahasa Arab.
  • Hasil pencarian seperti thesaurus, menampilkan kosakata semakna (sinonim).
  • Berbasis referensi kamus klasik dan modern.
  • Hasil pencarian diklasifikasikan secara sistematis, (1) kelas kata (kata kerja, kata benda, kata sifat atau keterangan); (2) makna kata sesuai kelas kata; (3) sinonim dan istilah dengan penjelasan kategorinya.
  • Tersedia laman istilah dalam bidang tertentu, seperti istilah kimia, kedokteran, dan lain-lain.
  • Laman download kamus ebook.
  • Forum diskusi, fungsinya mengakomodasi istilah kontemporer terbaru yang belum ditemukan dalam pencarian untuk didiskusikan dengan sesama pengguna. (WAJAN).
  • Dalam mengartikan bahasa arab ke bahasa arab, website ini menggunakan beberapa referensi, yaitu: mu’jam al’itishab, mu’jam al wasith, mu’jam al ghany, mu’jam allughah al arabiyah al mua’ashirah, mu’jam al mukhtar as shihhah, mu’jam mustalah al fiqhiyah, mu’jam ma’ani al asma’ dan mu’jam al ashwat.
  • Dalam website ini juga terdapat pengertian-pengertian kalimat al quran yang diambil dari beberapa tafsir, seperti tafsir jalalain, mu’jam kalimat al quran (Syaikh Muhammad Husnaini al Makhluf dan) tafsir Muyassar.

Cara Menggunakan Kamus Online Almaani

Cara menggunakan kamus Almaani online dan unduh Playstore

  1. Kunjungi Kamus Online Almaani

    Kamus Al Maany dalam bahasa Indonesia bisa dikunjungi tautan berikut:https://www.almaany.com/dicpdf.php?language=indonesian

  2. Masukkan kata atau frasa di kolom pencarian untuk mencari artinya

    Anda bisa gunakan keyboar online di sebelah kanan dalam kolom pencarian untuk menulis huruf Arab. Hasilnya akan muncul daftar kata bahasa Arab dan artinya.almaany

  3. Unduh Kamus Almaani di Playstore

    Masuk Playstore ketikkan kata “Almaany” pada kotak pencarian yang ada di posisi paling atas (seperti di gambar bawah ini) atau Anda langsung unduh aplikasinya di tautan berikut; https://play.google.com/store/apps/details?id=com.almaany.ararkamus almaani di playstore

Fitur lain selain bahasa

  • Kalimaat Alquran‘ yang bisa membantu kita mencari kata dalam Alquran, mirip seperti Alfanous search engine.
  • Muradif dan Mudhodh yaitu mencari sinonim dan antonim kata bahasa Arab.
  • Ma’ani Asmaa’ yaitu mencari arti nama nama seperti arti Safwah, Ghani, Zaki dan lainnya. Cocok buat rujukan mencari nama atau arti nama anda atau putra putri anda.
  • Fawaid Lughawiyah, disini kita bisa belajar dan mengetahui makna beberapa istilah dalam bahasa Arab, karena luasnya bahasa Arab satu kejadian atau sesuatu bisa dimaknai dengan beberapa makna seperti Annu’as, Azzafiir dan lainnya.
  • Aqwal Ma’tsurah atau Quote juga ada, diambil dari perkataan sahabat, tabiin dan para ulama. Cocok buat rujukan anda belajar quote islam dan bahan update sosial media.

Itulah beberapa kelebihan Almaany.

Rekomendasi lain berdasarkan penelitian menggunakan instrumen angket telah dilakukan pada jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Malang tentang penggunaan kamus Al Maany, kesimpulan penelitian tersebut menyatakan adanya respon positif dari mahasiswa dalam menggunakan aplikasi ini.

Maka baik sekali jika aplikasi ini digunakan bukan hanya mahasiswa, namun juga para santri di pesantren yang sedang belajar bahasa Arab. Di Pesantren yang belum mengizinkan adanya menggunakan smartphone bisa menggunakan Al Maany dari desktop.

Jumal Ahmad

Islamic Character Development

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

10 Comments

  1. Kak minta tlong share ttg profil ataupun pendiri kamus al-maany dong kak. Atau semacam perusahaanya.
    Terima kasih

  2. Terima kasih atas kunjungannya. Saya belum mendapatkan informasi valid siapa pendiri Almmany, jika sudah dapat akan segera kami infokan. Bisa jadi banyak orang terlibat dalam kamus ini dengan banyaknya bahasa dunia yang tersedia di aplikasi.🙏

  3. Maaf pak, saya mau Tanya.. kan diatas disebutkan 9 bahasa asing di kamus almaany, nah perbedaan bahasa Spanyol dan asbania itu apa ya? Mohon penjelasannya..

  4. Excellent post, Jumal! I’ve been looking for a reliable online dictionary for a while now, and your recommendation of Kamus Almaany Online has caught my attention. I’ll definitely give it a try and see how it compares to other dictionaries I’ve used in the past. Thanks for sharing!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *