Kenapa di Maktabah Syamilah Terbaru Tidak ada Icon Tarajimnya?

Salah seorang pengnjung video youtube saya tentang Tutorial Takhrij Hadis Menggunakan Maktabah Syamilah Terbaru menanyakan di kolom komentar kenapa di Maktabah Syamilah terbarunya tidak ada icon tarajim seperti yang ada di video.


Tarajim (bentuk jamak dari tarjamah) berarti “biografi”, sedangkan rawi adalah orang-orang yang meriwayatkan hadits secara lisan maupun tulisan.

Bagi sebagian mahasiswa yang menggeluti studi hadis, ketika dihadapkan dengan tugas untuk mencari biografi para perawi hadis, pasti langsung terbayang dengan kitab-kitab tebal berbahasa Arab yang berisi biografi para perawi hadis. Baik itu kitab Tahżīb al-KamālTahżīb at-TahżībSiyar al-A‛lam dan kitab biografi tentang al-rijal wal Tarajim wath Thabaqat.

Di video ini saya menjelaskan cara mencari biografi perawi, bahkan bagan rawi dari perawi atas sampai ke bawah menggunakan aplikasi Maktabah Syamilah versi 4.

Langkah pertama saya buka Maktabah Syamilah

Langkah kedua, di icon teropong, saya tuliskan hadis dengan keyword yang saya tuliskan yaitu نية, di hasil pencarian kata ini muncul berwarna merah.

Langkah ketiga, saya pilih salah satu hadis untuk mengetahui perawinya, hadis yang saya pilih berbunyi: اليمين على نية المستخلف seperti yang ada di layar.

Di bagian menu icon sebelah kanan ada tanda rawi dan tanda bagan rawi. Sangat membantu untuk mengetahui rawi dan biografi mereka.

Tangkapn layar Syamilah 4

Kenapa di Syamilah terbaru menu ini gak ada?

Syamilah yang saya gunakan di video ini adalah Syamilah versi 4 yang keluar tahun 2021, kemudian Syamilah update lagi di bulan Syawal tahun 2023 yang lalu, dikenal dengan Syamilah 1444. Ketika saya buka lagi, menu di atas tidak ada, icon yang baru adalah icon pdf, dimana kita bisa membandingkan teks asli dalam pdf dengan teks di Syamilah.

Tangkapan layar dari Syamilah 1444 H

Untuk menjawab pertanyaan ini saya cek di situs Shamela, link: https://shamela.ws/page/download. Pada bagian keterangan umum/ التوضيحات العامة terdapat penjelasan berikut.

خدمات مقارنة التفاسير والتخريج والتراجم، سيتم إضافتها، بعد مراجعتها وتقديمها بشكل أدق إن شاء الله تعالى

Bahwa opsi untuk membandingkan kitab-kitab tafsir, takhrij hadis dan tarajim/ biografi rawi akan disempurnakan setelah dikaji ulang dan akan diluncurkan dengan bentuk yang lebih detil Insya Allah.

Dari penjelasan di atas, bagi Anda yang memakai Syamilah 1444, silakan bersabar, adapun yang versi 4 sebelumnya, bisa menggunakan ini.

Semoga bermanfaat.

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID