Maktabah Syamilah Android 2021 - JUMAL AHMAD

Maktabah Syamilah Android 2021

Tulisan ini merupakan update dari review yang pernah kami tulis pada tahun 2013 tentang Maktabah Syamilah di Android. Saya mereview dua maktabah Syamilah dari Smarter Soft dan Nyitgroup.

Dua aplikasi Syamilah di atas tidak dikeluarkan resmi oleh pihak Shamela Official. Adapun Maktabah Syamilah Android yang saya review kali ini adalah resmi dari Shamela Official yang dirilis di twitternya.

Klik gambar di atas untuk ke link Syamilah Android

Jika kita menelusuri APK Syamilah di Google Playstore, ada apk yang sudah banyak diunduh pengguna seperti apk dari nyit group yang sudah rilis sejak 2013, sampai sekarang sudah diunduh lebih dari 1.000.000 pengguna.

Apk lain dari devna developers dengan tampilan yang lebih menarik, dapat rating 4,4 dan sudah diunduh oleh 10.000 pengguna.

Apk Maktabah Syamilah dari Shamela Official baru diunduh 5.000 lebih pengguna. Gambar penampakan halaman awal, kategori kitab dan isi kitab dan fontnya dapat dilihat di gambar di bawah.

Font di Syamilah Android masih menggunakan illegible font atau font yang susah dibaca. Sedikit berbeda dengan Syamilah Online yang menggunakan font seperti ini hanya di judul kitab dan kategori kitab, sementara isi kitab menggunakan traditional arabic yang sudah cukup nyaman terbaca.

Alhamdulillah, saya telah mecoba dan menggunakan Maktabah Syamilah 2021 di android saya dan berikut ini beberapa pengalaman saya ketika menggunakannya:

  1. Selesai mengunduh, saya buka dan muncul informasi pilihan untuk 1) تحميل الكتاب yaitu mengunduh kitab, kumpulan kitab atau satu kategori kitab lengkap, 2) ابحث عن كتب yaitu pilihan kita untuk mengunduh kitab tertentu atau dari penulis tertentu.
  2. Selanjutnya kita diminta untuk mengunduh salah satu buku dulu. Dari sekian cover kitab yang muncul, saya memilih kitab فتح القريب المجيب على الترغيب والترهيب oleh Hasan bin Ali Al-Fayoumi. Klik icon kitabnya, akan muncul dibawahnya keterangan sinopsis buku dan biografi singkat penulis kitab.
  3. Di bagian atas kanan, ada tanda panah ke bawah untuk unduk kitab. Sila klik dan proses unduh akan berjalan.
  4. Buka di kategori kitab yang muncul kemudian klik kitab yang sudah diunduh. Ada beberapa icon di atas halaman yang cukup menarik, di antaranya: التشكيل untuk memunculkan dan menyembunyikan harakat, حجم الخط untuk membesarkan atau mengecilkan font dan لون الخط untuk merubah warna tulisan, ada juga تدوير untuk merotate kitab sehingga kita bisa membaca kitab dengan posisi hp melebar.

Demikian review sederhana Syamilah Android 2021. Sila share pengalaman Anda mengunakan Syamilah di laman komentar. Terima kasih.