Maktabah Syamilah Online 2021 (المكتبة الشاملة الحديثة)

Salah satu cara membaca maktabah syamilah online adalah dari al-maktaba.org dengan alamatnya di link https://al-maktaba.org/

Saat ini ketika Anda membuka link di atas, ada informasi resmi bahwa link al-maktaba.org sudah diintegrasikan dengan web resmi Syamilah yaitu shamela.ws di https://shamela.ws/. Laman lama web shamela.ws sudah tidak dimunculkan tetapi bisa Anda kunjungi di tautan ini https://old.shamela.ws/

Ini masih versi awal dan akan banyak pengembangan ke depan, pengembang minta kontribusi dari kita untuk menulis review atau menyampaikan kritik untuk pengembangan Syamilah Online. Yang bisa saya lakukan hanyalah mereview, semoga bisa membantu mengenalkan kepada umat.

Kehadiran Syamilah versi online menjadi kabar gembira bagi para pengguna OS Linux  yang sudah bingung nyari kesana-kesini tutorial menginstal maktabah syamilah di linux  tapi tak kunjung ketemu. Dengan versi syamilah online, yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet.

Laman web Syamilah Online https://shamela.ws/ menggunakan latar belakang terang cenderung putih. Latar belakang ini membuat nyaman untuk membaca, karena faktor penting bagi sebuah pustaka online adalah keterbacaan. Perancang web al-maktaba bisa jadi meniru buku-buku yang berwarna terang dan putih.

Font Header web dan judul-judul kitab dituliskan dengan font Arab Usmani yang kurang nyaman untuk dibaca sedangkan isi kitabnya menggunakan font yang sudah biasa digunakan di kitab-kitab Arab yaitu font traditional Arabic.

Pada tombol paling kiri bagian atas, ada tombol التشكيل untuk menampilkan syakal /harakat atau tidak menampilkan. Sampingnya ada tombol mengecilkan dan membesarkan font halaman. Ini sangat membantu jika ingin membaca teks lebih jelas.

Tambahan lain yang menarik bagi para peneliti adalah adanya opsi copy paste dalam setiap paragraf, di ujung paragraf sudah disediakan tombol copy paste dengan tanda dua buku berjejer.

Setelah di copy, muncul halaman teks yang kita copy paste dan informasi halaman, nama kitab dan sumber dari syamilah lengkap dengan link rujukannya. Wah, ini sangat membantu sekali.

Satu hal yang menurutnya saya kurang dan bisa ditambahkan di pengembangan web Syamilah ke depan adalah mode terang dan gelap. Mode gelap akan membantu ketika membaca di tempat gelap sehingga tidak terlalu terang dan meyakitkan mata.

Mari kita coba melihat bebeberapa halaman dari Syamilah Online.

old shamela
Tampilan lama Maktabah Syamilah Resmi
Tampilan Maktabah Syamilah Online Resmi dari web resmi shamela.ws

Saat ini Syamilah Online sudah menyediakan 7 juta halaman, 8 ribu kitab dan 3 ribu penulis.

Berikut beberapa link kategori buku dan daftar penulis Syamilah online

  • Halaman awal Syamilah (link)
  • Kategori kitab di Syamilah (link), saat ini ada 41 kategori
  • Penulis/pengarang di Syamilah (link)

Kehadiran Syamilah online bisa menjadi alternatif bagi dai atau penuntut ilmu yang ketergantungan dengan kitab kitab pdf atau yang mempunyai laptop dengan hard disk rendah, karena file Syamilah di komputer sangat banyak memakan space. Jika ingin mengunduh maktabah syamilah 2021 di komputer Anda, sila kunjungi infonya di tautan ini.

Bagaimana pendapat Anda tentang Syamilah online ini? Share pengalaman Anda menggunakan Syamilah versi komputer dan syamilah online di kolom komentar.

Semoga informasi ini bermanfaat. Sila dishare kepada teman, saudara atau kenalan yang membutuhkan informasi ini.

Sila Pin artikel ini..

Satu pemikiran pada “Maktabah Syamilah Online 2021 (المكتبة الشاملة الحديثة)”

Tinggalkan komentar