Panduan Lengkap Penggunaan Maktabah Syamilah Online (المكتبة الشاملة الحديثة) - JUMAL AHMAD

Panduan Lengkap Penggunaan Maktabah Syamilah Online (المكتبة الشاملة الحديثة)

Maktabah Syamilah Online – Saat ini dunia mengalami perubahan begitu pesat, terutama perkembangan dunia digital, dikena dengan era disrupsi. Kemajuan dunai teknologi tersebut juga telah memasuki dunia perpustakaan, memunculnya apa yang disebut konsep digital library.

Digital library bukan unit software pelayanan pustaka, tetapi subsitusi dari pustaka manual, semua data dikelola menggunaakn software perpustakaan, bahan pustakan dalam bentuk format digital yang tersimpan dalam arsitektur komputerisasi.

Satu-satunya program pustaka digital yang memuat ribuan kitab baik dari salaf maupun khalaf dan beberapa buletin islami, kumpulan fatwa dan lain sebagainya adalah Maktabah Syamilah atau Pustaka Syamilah. Sesuai dengan namanya, Syamilah mencakup ribuan koleksi kitab terkumpul dalam software Maktabah Syamilah yang mudah dikelola, praktis, dan biaya murah. Bahkan kitab-kitab yang ada di dalamnya disa ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan.

Maktabah Syamilah sudah mengeluarkan beberapa versi, berdasarkan rekaman review yang penulis tuliskan setiap peluncurannya, Maktabah Syamilah hadir versi 3.48, versri 3.57, versi 3.64, versi 3.65 dan yang terbaru adalah versi 4.0. Software ini diakui atau tidak telah membantu banyak penuntut ilmu dalam mencari referensi di bidang ilmu-ilmu keislaman seperti hadits. Maktabah Syamilah pun sudah sangat dikenal pada kalangan pesantren, akademisi, dan cendekiawan muslim.

Maktabah Syamilah sangat cocok digunakan di dunia pesantren, Pesantren Tinggi bahkan Perguruan Tinggi Islam seperti di Universitas Islam Negeri atau Sekolah Tinggi Agama Islam.

Program sarjana (S1) seperti Ilmu Aqidah, Ilmu Al-Quran, Ilmu Hadis dan Tafsir, Ilmu Perbandingan Agama, Filsafat Agama, dan Sosiologi Agama, yang dalam kajian akademisnya banyak mempelajari dan memahami kajian-kajian keislaman memerlukan keberadaan software. Maktabah Syamilah yang memberikan kemudahan bagi para mahasiswa dalam pencarian informasi hadist dan kitab.

Dalam pencarian informasi, kebanyakan dari mahasiswa lebih menginginkan yang cepat, mudah, dan tepat serta tidak membuang-buang waktu.

Kali ini penulis akan memberikan review dari Maktabah Syamilah online, kehadiran versi online ini menjadi solusi berharga bagi penutut ilmu atau mahasiswa yang memiliki laptop windows dengan spek rendah atau memori kecil sehingga untuk menginstal Maktabah Syamilah tidak bisa, atau pengguna Mac OS yang ingin menggunakan Syamilah akan tetapi tidak ada software-nya dalam versi laptop Apple (untuk pengguna Mac Os kini hadir Mausuah Asfar). Yang dibutuhkan hanya jaringan internet dan kemampuan bahasa Arab.

Mengenal Maktabah Syamilah Online

Pertama kali penulis mendapatkan informasi maktabah syamilah online adalah dari al-maktaba.org dengan alamatnya di link https://al-maktaba.org/, ketika syamilah online ini dikembangkan, disebutkan bahwa isi kitabnya adalah pengembangan dari software Maktabah Syamilah.

Berikut adalah tampilan dari Maktaba.org

tampilan dari Maktaba.org

Saat ini ketika Anda membuka link di atas, ada informasi resmi bahwa link al-maktaba.org sudah diintegrasikan dengan web resmi Syamilah yaitu shamela.ws di https://shamela.ws/. Laman lama web shamela.ws sudah tidak dimunculkan tetapi bisa Anda kunjungi di tautan ini https://old.shamela.ws/

old shamela
Tampilan lama Maktabah Syamilah Resmi

Ini masih versi awal dan akan banyak pengembangan ke depan, pengembang minta kontribusi dari kita untuk menulis review atau menyampaikan kritik untuk pengembangan Syamilah Online. Yang bisa saya lakukan hanyalah mereview, semoga bisa membantu mengenalkan kepada umat.

Kehadiran Syamilah versi online menjadi kabar gembira bagi para pengguna OS Linux  yang sudah bingung nyari kesana-kesini tutorial menginstal maktabah syamilah di linux  tapi tak kunjung ketemu. Dengan versi syamilah online, yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet.

Maktabah Syamilah Online di Shamela.ws

Saat ini ketika Anda mengunjungi link https://al-maktaba.org/, disebutkan bahwa Shamela sudah dilakukan integrasi sempurna ke laman web Syamilah Online yang resmi yaitu https://shamela.ws/, ke depan jika Anda menggunakan Maktabah Syamilah online, sila kunjungi langsung web resminya, penambahan kitab akan terus dilakukan di shamela.ws, bukan lagi di Maktaba.org.

syamilah online
Tampilan Maktabah Syamilah Online Resmi dari web resmi shamela.ws

Panduan Syamilah Online

Tampilan layar Syamilah online menggunakan latar belakang terang cenderung putih. Latar belakang ini membuat nyaman untuk membaca, karena faktor penting bagi sebuah pustaka online adalah keterbacaan. Perancang web al-maktaba bisa jadi meniru buku-buku yang berwarna terang dan putih.

Font Header web dan judul-judul kitab dituliskan dengan font Arab Syakkal Majalla sedangkan isi kitabnya menggunakan font yang sudah biasa digunakan di kitab-kitab Arab yaitu font traditional Arabic.

Saat ini Syamilah Online sudah menyediakan 7 juta halaman, 8 ribu kitab dan 3 ribu penulis. Mari kita lihat menu-menu yang ada di halaman awal.

menu syamilah online

Menu Syamilah online ada di bagian paling atas, awal membuka, dia berlatar belakang kecoklatan, ketika sudah scrolling akan berlatang belakang putih abu-abu.

Al-Raisiyyah

Menu utama/home, setelah membuka kitab dan melakukan pencarian, untuk kembali ke menu utama/ tampilan awal, sila klik menu ini.

Aqsam al-Maktabah

Kategori bidang keilmuan, berisi folder-folder bidang keilmuan islam yang saat ini sudah tersedia 40 folder, setiap foldernya di bagian kiri disebutkan isi jumlah kitab.

Fahras al-Muallifin

Daftar penulis kitab di Syamilah online, untuk mencari nama penulis kitab, ada 3 cara yang bisa kita gunakan yaitu berdasarkan tahun wafatnya, berdasarkan abjad huruf, dan berdasarkan jumlah kitab.

cara mencari penulis kitab di syamilah online

Haulal Masyru’

Informasi tentang proyek Syamilah, disebutkan bahwa Syamilah onlinen adalah proyek gratis yang bertujuan untuk mengumpulkan apa yang dibutuhkan para penutut ilmu berupa buku dan penelitian, dalam ilmu syariat dan ilmu alat dalam format teks yang dapat dilakukan pencarian dan dapat disalin.

Tanzil al-Maktabah

Berisi tautan untuk mengunduh program Maktabah Syamilah, tersedia tautan untuk unduh aplikasi di App Android dan App Apple. Dan unduh aplikasi di Windows versi Rajab 1443 dengan pilihan lengkap 7 Gigabyte, atau versi aplikasi Syamela yang hanya 226 Megabyte, kitab-kitab bisa Anda unduh nantinya.

Tashaf al-Maktabah

Menu ini ada dibagian tengah tampilan awal, ketika Anda mengkliknya, akan diarahkan ke Aqsam al-Kitab.

Bahts fi al-Maktabah

Menu ini ada dibagian tengah tampilan awal, atau di menu atas paling kiri yang bertanda icon pencarian.

Fitur yang paling penting dan paling sering digunakan para penuntut ilmu syar’i, untuk melakukan pencarian di Syamilah online, ada beberapa pilihan pencarian yaitu al-muhtawa atau pencarian isi kitab, pencarian berdasarkan nama kitab (asma al-kutub) atau melakukan pencarian berdasarkan nama penulis (asma al-muallifin).

format pencarian di syamilah online

Pencarian isi atau al-muhtawa bisa dilakukan dengan pencarian di semua kitab atau pada bagian tertentu.

Pencarian pada kategori (aqsam) misalnya dilakukan di lebih 2 atau 3 kategori, demikian juga pencarian pada muallif dan kitabnya, bahkan ada opsi pencarian berdasarkan qurun/masa penulis.

Menu dalam Isi kitab

Ada beberapa menu yang bisa digunakan ketika membaca Syamilah online, berikut saya tampilkan salah satu kitab yang baru dimasukkan di direktori syamilah yaitu kitab Mukhtashar al-Muzanni dalam fikih Syafi’i.

Berikut tampilannya

tampilan kitab mukhtashar al-muzanni

Tampilan kitabnya terbagi menjadi dua bagian, paling kanan adalah daftar isi kitab, kita bisa memilih tema dan isi kitab yang ingin dibuka dengan men-scroll dan mengklik materi. di sebelah kiri adalah isi tampilan kitab. Di bagian paling atas ada informasi jilid dan halaman kitab yang sedang kita buka.

Pada tombol paling kiri bagian atas, ada tombol التشكيل untuk menampilkan syakal /harakat atau tidak menampilkan. Sampingnya ada tombol mengecilkan dan membesarkan font halaman. Ini sangat membantu jika ingin membaca teks lebih jelas. Disampingnya ada pilihan untuk men-share link ke FB dan Twitter atau hanya copy link saja.

Disampingnya lagi ada logo pencarian yang bisa kita gunakan untuk melakukan di dalam isi kitab, klik icon-nya dan akan muncul bar pencarian seperti di bawah ini, sila tuliskan yang ingin Anda cari.

 pencarian isi kitab

Tambahan lain yang menarik bagi para peneliti adalah adanya opsi copy paste dalam setiap paragraf, di ujung paragraf sudah disediakan tombol copy paste dengan tanda dua buku berjejer. Setelah di copy, muncul halaman teks yang kita copy paste dan informasi halaman, nama kitab dan sumber dari syamilah lengkap dengan link rujukannya. Wah, ini sangat membantu sekali.

salah satu paragraf di kitab mukhtashar al-Muzanni
salah satu paragraf di kitab mukhtashar al-Muzanni

Ada beberapa pilihan di bagian bawah yaitu ‘iidraj alfaqrat altaaliah yang artinya sisipkan pada paragraf selanjutnya, mohon maaf, penulis belum terlalu faham dengan penggunaan ini. Naskh ma’a al-rabith, yaitu mencopy isi paragraf dengan tautan, naskh nash faqath, yaitu hanya meng-copy isi paragraf saja, dan naskh al-rabith faqath yaitu hanya mencopy tautan saja. Klik Ilgha’ untuk keluar dari tampilan ini.

Satu hal yang menurutnya saya kurang dan bisa ditambahkan di pengembangan web Syamilah ke depan adalah mode terang dan gelap. Mode gelap akan membantu ketika membaca di tempat gelap sehingga tidak terlalu terang dan meyakitkan mata.

Video Tutorial Maktabah Syamilah Online

Penulis membuat beberapa video sederhana untuk mengenalkan Maktabah Syamilah online, harapannya jika pembaca merasa kurang penjelasan dari artikel ini bisa menyimak langsung pada videonya.

Video 1 : Tutorial Lengkap Penggunaan Maktabah Syamilah Online

Video yang mereview hampir semua menu dan pilihan di maktabah Syamilah, termasuk cara melakukan pencarian (search) di Syamilah online.

Video 2 : Mengenal Menu dan Ikon di Maktabah Syamilah Online

Mempelajari lebih detail menu dan ikon apa saya yang bisa digunakan di Maktabah Syamilah online.

Video 3 : Penggunaan Read Aloud dan Immersive Reader di Syamilah Online

Jika ada video review terbaru tentang Syamilah online, insya Allah akan saya upload juga disini, semoga berkenan menontonnya. Mohon maaf jika pembawaan kami masih kurang bagus.

Bagaimana pendapat Anda tentang Syamilah online ini? Share pengalaman Anda menggunakan Syamilah versi komputer dan syamilah online di kolom komentar.

Semoga informasi ini bermanfaat. Sila dishare kepada teman, saudara atau kenalan yang membutuhkan informasi ini.

Saya membuat pin board di Pinterest untuk tulisan-tulisan tentang Maktabah Syamilah, sila kunjungi di tautan ini ya..https://pin.it/2SGaC4A

Sila Pin gambar ini juga

titurial mudah maktabah syamilah online