Maktabah Syamilah Terbaru Versi 4.0 (Syamilah 1442 H)

Di kalangan peminat studi Islam, Maktabah Syamilah telah dikenal secara luas. Sesuai namanya, Maktabah Syamilah atau perpustakaan komprehensif merupakan perangkat lunak yang mencakup berbagai kitab dalam bidang kajian Islam yang beragam. Bahkan kitab-kitab di dalamnya bisa ditambah sendiri atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Maktabah Syamilah memuat hampir semua kitab mu’tabarah dalam kajian Islam klasik dan tersedia secara gratis.

Ribuan koleksi kitab terkumpul di Maktabah Syamilah yang mudah dikelola, praktis, murah dan informasi isi kitab dapat ditemukan dari menu search, sehingga tidak banyak menghabiskan waktu untuk mendapatkan informasi di dalamnya. Program ini dapat diunduh dari internet dengan alamat https://www.shamela.ws/index.php/main

Maktabah Syamilah sudah diupdate sampai pada tingkat ke empat (4.0) pada awal bulan Januari 2021. Tampilan layar utama dari Maktabah Syamilah 4.0 seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Maktabah Syamilah Tampilan wajah depan-dakwah.id
Layar Utama Maktabah Syamilah 4.0

Jika anda memakai versi Maktabah Syamilah sebelumnya dengan kode nomor 3 (3.48, 3.57, 3.64, dan 3.65) akan tampak tampilan berbeda, menu pencarian kitab yang sebelumnya ada di pokok kanan atas dan cukup ramai, kini disederhanakan dengan 5 icon penting saja. 1) Memilih kitab. Fungsi ini terdapat pada ikon gambar buku terbuka. 2) Membuka al-Quran. Fungsi ini terdapat pada ikon gambar al-Quran. 3) Pencarian (search). Mencari penggalan teks yang terdapat dalam sejumlah kitab yang dipilih. Fungsi ini terdapat pada ikon gambar kaca pembesar. 4) Download PDF. Fungsi ini terdapat pada ikon gambar logo PDF. 5) Update kitab. Fungsi ini terdapat pada ikon gambar logo ceklist berwarna hijau (atau merah jika ada kitab yang perlu diupdate).

Perlu menjadi perhatian bahwa Maktabah Syamilah 4.0 berbeda dengan Maktabah Syamilah versi 3 sebelumnya, karenanya anda tidak bisa update dari Syamilah versi 3 menjadi versi 4.0. Anda harus unduh file baru Maktabah Syamilah 4.0.

Download Maktabah Syamilah 4.0

  1. Versi software tanpa kitab | 266 Mb. DOWNLOAD FILE
  2. Versi software plus kitab | 6,82 Gb DOWNLOAD FILE

Pada percobaan di laptop, saya gunakan Versi software tanpa kitab karena software Syamilah 3.65 masih ada di laptop. Selanjutnya Syamilah akan membuat folder baru di Komputer dengan nama Shamela4.

Update di Maktabah Syamilah 4.0

Beberapa update dari Maktabah Syamilah versi 4.0 sebagai berikut.

  1. Nama buku yang sedang dibuka muncul, karena terkadang ketika membaca buku di syamilah sebelumnya pengguna tidak tahu buku yang apa yang sedang dibaca.
  2. Ketika klik kanan pada kitab akan muncul pencarian بحث في شاملة dan بحث في جوجول. Opsi ini terbukti bekerja dan sangat membantu.
  3. Pada versi 3 Syamilah, ketika berpindah dari Syamilah ke Word key board secara otomatis berubah ke Arab, di versi ke 4.0 ini perpindahan dari word – syamilah tidaj merubah key board.
  4. Pasa versi 3 Syamilah kita harus mengatur komputer agar bisa membaca bahasa Arab, di versi 4.0 hal itu tidak perlu dilakukan.
  5. Tampilan Al-Quran sudah sesuai dengan Rasm Usmani.
  6. Tombol eksport buku dibuat di satu layar yang memungkinkan beberapa buku dapat dieksport dalam satu klik.
  7. Ada daftar khusus yang menyimpan buku-buku yang terakhir diunduh atau diperbarui.
  8. Memungkinkan untuk menyalin seluruh halaman, bukan hanya beberapa teks.
  9. Bisa menyimpan status layar seperti memilih buku dan mencari kitab setelah menutup Al Shamilah.
  10. Mempercepat proses unduh buku-buku dengan mengunduh beberapa buku bersama-sama.
  11. Sebelum unduh kitab, muncul ukuran file dan proses unduhan.
  12. Perombakan dan penyempurnaan antarmuka, dengan tujuan memudahkan penggunaan agar mudah ditemukan, misalnya dengan membuat pemisah tentang tabel hasil penelusuran dan lain-lain, serta membedakan buku-buku sesuai bidang deskriptifnya dengan warna berbeda.

Cara Mencari Kitab di Maktabah Syamilah 4.0

Caranya cukup mudah.

  1. 1. Buka menu اختر كتابا.
  2. Pilih menu الكتب di bagian icon paling.
  3. Ketikkan nama kitab yang ingin Anda cari di kolom pencarian yang tersedia dengan minimal menuliskan tiga huruf. Jika kitab yang Anda cari sudah ada di database Maktabah Syamilah, insyaallah akan muncul.

Tampilan di atas ketika saya mencari kitab, kemudian secara langsung ketika memilih kitab akan ditampilkan keterangan buku, penerbit, tahqiq, tahun terbit dan tahun dimasukkan ke syamilah.

Keterangan logo icon di atas.

  1. الكتب berisi semua daftar kitab yang kita unduh di Syamilah
  2. التصنيف berisi pembagian kitab berdasarkan rumpun keilmuan, misalnya aqidah, ilmu hadis, tarajim wath thabaqat. Misalnya pada rumpun Aqidah di Syamilah kita sudah ada 10 kitab, di rumpun Ilmu hadis sudah ada 25 kitab, akan bertambah sesuai jumlah kitab yang kita unduh.
  3. المؤلفون berisi daftar nama pengarang, keterangan wafat dan jumlah kitabnya.
  4. مفضلة kitab yang sering kita kunjungi
  5. مؤخر kitab yang terakhir kita unduh.

Cara Mencari Teks di Maktabah Syamilah 4.0

Kelebihan Syamilah adalah kemampuan mencari kata atau kalimat dalam kitab yang sedang kita baca, hal ini sangat membantu, adapun caranya sebagai berikut, dengan contoh kitab تهافت الفلاسفة karangan Imam Al-Ghazali.

  1. Pilih menu بحث di bagian pojok kanan kitab yang dilambangkan icon teropong.
  2. Tentukan tema yang akan menjadi batasan pencarian, saya contohkan kalimat الفلاسفة
  3. Ketikkan kata kunci teks yang ingin Anda cari sumbernya di kolom pencarian yang tersedia. Boleh tanpa harakat.
  4. Jika tidak muncul hasil pencariannya, kemungkinan kata kunci yang Anda ketikkan ada yang keliru penulisannya atau memang kata kunci itu benar-benar tidak ada di dalam semua kitab yang ada tentukan batasan pencariannya tadi.
  5. Hasil kata yang dicari akan muncul dengan warna merah, kanan bawah akan muncul jumlah hasil pencarian dan keterangan halaman di bagian tengah.

Cara Takhrij Hadits dengan Maktabah Syamilah 4.0

Takhrij hadits adalah proses mengeluarkan identitas sebuah hadits mulai dari teks matan, seluruh jalur periwayatan, hingga status derajat hadits dari kitab-kitab hadits yang utama.

Tujuan utama takhrij hadits adalah mengetahui status derajat hadits; apakah hadits yang sedang ditakhrij derajatnya maqbul, diterima, sehingga bisa diamalkan dan dijadikan hujjah, ataukah mardud, tertolak, sehingga tidak bisa diamalkan dan dijadikan hujjah.

Di dalam lingkungan akademik, praktek takhrij hadits telah menjadi bagian dari mata kuliah di beberapa fakultas seperti fakultas syariah, dan lainnya.

Ada banyak metode takhrij hadits. Salah satu metode terkini dalam takhrij hadits adalah dengan metode takhrij hadits digital. Takhrij hadits dengan menggunakan perpustakaan digital.

Nah, salah satu perpustakaan digital yang dapat digunakan untuk takhrij hadits adalah Maktabah Syamilah.

Bagaimana cara takhrij hadits dengan Maktabah Syamilah? Berikut tahapan-tahapannya.

  1. Buka software Maktabah Syamilah.
  2. Pilih menu pencarian (بحث).
  3. Pilih kelompok tema كتب السنة. Lalu pilih semua kitab hadits yang muncul di kolom sebelah kiri. Cara memilih semua kitab: klik salah satu kitab dalam kolom, lalu tekan Ctrl + A. Setelah itu pilih opsi اختيار الكتب المحددة yang terdapat di bawah kolom daftar kitab.
  4. Setelah memilih seluruh kitab hadits, ketikkan kata kunci hadits yang ingin ditakhrij di dalam kolom pencarian. Pastikan tulisannya tidak keliru. Boleh tanpa harakat. Setelah itu klik ikon بحث yang bergambar teropong.
  5. Sekarang Anda di hadapkan pada data hasil pencarian.
  6. Setelah itu tugas Anda mencatat teks hadits, nama perawi hadits, terjemah, nomor hadits, nama bab hadits, nama kitab hadits, dan nama penulis kitab haditsnya.
Tampilan takhrij hadits dengan Maktabah Syamilah-dakwah.id

Al-Quran sesuai Cetak Versi Mushaf Usmani

ِTampilan Al-Quran sangat berbeda dengan versi-versi sebelumnya, Mushaf Usmani menjadi tampilan Al-Quran yang nyaman di vesi 4.0 ini.

Posisi permulaan ayat, juz dan hizb sesuai dengan Mushaf Usmani. Jika ingin mencari kata dalam Al-Quran caranya seperti mencari di kitab/buku. Pada gambar di bawah saya contohkan menulis kata العالمين dan mendapatkan hasil beberapa ayat dalam Al-Quran yang terdapat kata tersebut, lengkap dengan nama surat, ayat dan halaman sesuai Mushaf Usmani.

Maktabah Syamilah 4.0 di Linux

Website Itwadi, salah satu web berbahasa Arab yang banyak mereview perkembangan teknologi termasuk teknologi oleh developer muslim telah menulis akan rilisnya versi 4.0 Syamilah sejak 27 Maret 2020 yang lalu.

Itwadi menulis informasi rilisnya Syamilah 4.0 dan akan diteruskan dengan Syamilah 4.0 pada Operasi System Linux.

Berikut tautan infonya;

Kelebihan dan Kekurangan Maktabah Syamilah

Kelebihan Maktabah Syamilah

  1. Efisiensi waktu dan biaya karena kemudahan dan kepraktisan yang diberikan bagi pencari ilmu untuk mendapatkan informasi keislaman.
  2. Maktabah Syamilah tidak memerlukan ruangan yang besar, rak buku dan biaya perawatan yang mahal. Koleksi lebih dari 6000 kitab yang membutuhkan hard disk 50 GB padahal sekarang laptop sudah di atas 100 GB.
  3. Kecepatan dalam pencarian informasi yang diinginkan.
  4. Fleksibilitas yang tinggi, membuka Syamilah bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dapat diakses offline dan tidak harus tersambung internet sehingga mengurangi distraksi online.
  5. Update secara berkala, konten kitab Syamilah selalu diperbarui, jumlah kitab selalu bertambah mengikuti perkembangan keilmuan Islam.

Kekurangan Maktabah Syamilah

  1. Terkadang ada ketidak cocokan nomor halaman antara syamilan dan versi cetaknya, namun seiring waktu Syamilah sudah berbenah, versi 4.0 saat ini sudah lebih baik dalam penomoran halaman dan sesuai dengan versi cetaknya.
  2. Membuat malas membaca informasi keseluruhan karena dimanjakan dengan opsi pencarian di Syamilah
  3. Pencarian isu dengan kata-kata kadang tidak sufficient dalam mencari informasi tentang isu-isu.

Sekian review kami tentang Maktabah Syamilah 4.0. Sila tuliskan pengalaman Anda menggunakan Syamilah versi sebelumnya atau versi terbaru 4.0.

Jumal Ahmad

Tinggalkan komentar