Mengenal JAIS: ChatGPT dalam Bahasa Arab

Jais adalah model open language yang berfokus pada bahasa Arab dan media menyebutnya sebagai ChatGPT Arab. Jais ini mengungguli model open-source yang ada untuk bahasa Arab dan dapat menandingi ChatGPT dalam beberapa tugas.

Apa itu JAIS dan apa yang membuatnya spesial?

Jais adalah model bahasa yang mengesankan yang berfokus pada bahasa Arab. JAIS merupakan hasil kolaborasi antara Mohamed bin Zayed University of Artificial Intelligence (MBZUAI) di Abu Dhabi, Silicon Valley’s Cerebras Systems, dan Inception, anak perusahaan dari perusahaan AI G42 yang berbasis di UEA.

Apa yang membuat Jais istimewa adalah:

  • Telah dilatih dengan 13 miliar parameter dan baru-baru ini diperbarui menjadi 30 miliar parameter, menjadikannya salah satu model terbesar yang tersedia.
  • Dibandingkan dengan model open source lainnya untuk bahasa Arab, Jais secara signifikan mengungguli mereka, memberikan solusi yang kuat untuk pemrosesan bahasa Arab.
  • Data mentah diperoleh dari database yang tersedia untuk umum seperti Abu El Khair atau BAAI, serta dari terjemahan mesin sumber bahasa Inggris berkualitas tinggi. Korpus Abu El-Khair adalah korpus teks Arab yang berisi lebih dari lima juta artikel surat kabar. Ini berisi lebih dari satu setengah miliar kata secara total, sekitar tiga juta unik.
Informasi tentang JAIS

Darimana nama JAIS berasal?

Jais diambil dari nama salah satu gunung tertinggi di Uni Emirat Arab (UEA). Jabal Jais (جَبَل جَيْس) adalah sebuah gunung di Semenanjung Musandam (جَزِيرة مُسَنْدَم). Bagian dari bagian barat laut Pegunungan Hajar (جِبال ٱلْحَجَر) di Oman dan Emirat Ras al-Khaimah (رأس الخَيمة) di Uni Emirat Arab. Puncaknya mencapai ketinggian 1934 meter (6345 kaki).

Pemandangan Gunung Jais

Apa yang Membedakan JAIS dengan Model Bahasa lainnya?

Apa yang membedakan Jais dari model bahasa lain adalah fokusnya pada bahasa Arab. Ini telah dilatih dengan 395 miliar token, termasuk 116 miliar token Arab. Proses pelatihan intensif ini memungkinkan Jais untuk mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang seluk-beluk bahasa Arab dan dengan demikian memberikan hasil berkualitas tinggi.

Selain itu, Jais-chat telah disempurnakan dengan tambahan 10 juta pasangan instruksi / respons, menjadikannya salah satu chatbots Arab / multibahasa terbaik di pasar.

Apa Mekanisme Keamanan dari Jais-Chat?

Tim di belakang Jais-chat telah menerapkan sejumlah mekanisme keamanan untuk menyaring permintaan dan output yang tidak diinginkan. Mekanisme ini mencakup filter dan pengklasifikasi yang memastikan Jais-chat memberikan tanggapan yang tepat dan bertanggung jawab. Ini memastikan pengalaman pengguna yang aman dan positif.

Selain itu, Jais, seperti model AI generatif lainnya, menggunakan pengoptimalan perintah untuk mencegahnya menghasilkan respons “toksik” atau “berbahaya”. Tidak ada hasil yang dapat menyebabkan menyakiti diri sendiri, membahayakan orang lain, atau kecanduan. Tanggapan yang dihasilkannya mengikuti aturan dan kebiasaan setempat tentang topik-topik seperti homoseksualitas dan narkoba.

Bagaimana saya bisa menggunakan JAIS dan JAIS-Chat?

Sebelumnya Jais dan Jais-chat tersedia di platform Hugging Face, Anda dapat mengunduhnya, menguji model dan mengintegrasikannya ke dalam aplikasi Anda sendiri.

Kini JAIS bisa Anda kunjungi di laman berikut.

Halaman login seperti ini.

Menggunakan Jais dan Jais-chat memungkinkan Anda memanfaatkan kemampuan pemrosesan bahasa Arab berkualitas tinggi dan memberi pengalaman baru dalam komunikasi.

Kesimpulan

Jais adalah model bahasa yang mengesankan yang mewakili langkah besar menuju peningkatan kecerdasan buatan dalam bahasa Arab. Dengan fitur-fitur canggih dan mekanisme keamanannya, ia menawarkan alternatif yang kuat untuk model bahasa yang ada.

Jais memungkinkan pengembang dan perusahaan untuk secara efektif memproses bahasa Arab dan mengembangkan aplikasi inovatif yang memenuhi kebutuhan pengguna berbahasa Arab.

Sumber: Arabic for Nerds, Alexander Freihoff, The Decoder.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Sila bagikan kepada yang lain.

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID