Misykal: Sofware Pemberi Harakat Teks Arab

Bahasa Arab memiliki kekhasan sendiri yang tidak dimiliki oleh bahasa yang lain salah satunya adalah dalam masalah harakat atau  tanda baca. Selesai menulis huruf bahasa Arab di komputer tidak otomatis ada harakatnya, kita harus secara manual mengetikkan harakatnya dengan gabungan shift dan huruf tertentu.

Sering sekali saya mendapatkan teman-teman yang mengeluh dengan tugas kuliahnya yang mengharuskan dia bergumul dengan tulisan arab apalagi harus meng-harakatinya. Kehadiran Sofware Misykal bisa mengatasi masalah di atas. Misykal bisa dipergunakan untuk memberi harakat sebuah kalimat atau sebuah paragraf.

Software ini dibuat oleh bebereapa programmer dari Aljazair yaitu Thaha Zaruqi sebagai programmer utama dengan dibantu oleh Ashim Syalli, Shuhaib Afifi dan Basim Jarks. Nama yang pertama dan kedua itu saya sedikit kenal.

Dengan menggunakan software Mishkal memungkinkan kita bisa memberi harakat secara otomatis pada ketikan Arab. Selain itu software ini bisa kita gunakan untuk mengoreksi peroses pemberian harakat. Software Mishkal bisa kita dapatkan secara gratis langsung dari developernya. Kita tidak perlu menginstall software Mishkal di komputer, karena software Mishkal bersifat portable.

Ketika artikel ini dibuat, software Mishkal sudah mencapai versi 0.1.4 dan suport digunakan pada Operasi Windows All Version. File portable software Mishkal mempunyai ukuran hanya 35 MB saja.

Beberapa kegunaan dari Misykal sebagai berikut:

  1. Memberi harakat pada kalimat atau paragraf berbahasa Arab.
  2. Memberi harakat secara otomatis
  3. Mengkoreksi tulisan berharakat dalam Bahasa Arab
  4. Membantu untuk memberi harakat
  5. Bisa diperbesar atau diperkecil tampilan atau ukuran hurufnya.
  6. Tampilan lebih menarik dari versi sebelumnya

Informasi unduh file di tautan berikut;

Selesai mengunduh file, selanjutnya klik winrar untuk ekstraksi file dan install Misykal. Maka Anda akan mendapatkan tampilan seperti ini.

Tool di bagian atas pada baris pertama terlihat tanda-tanda harakat yang bisa Anda gunakan untuk menuliskan harakat sendiri. Misalkan saya menlis تسير السفن في البحار dan memberi harakat dengan tombol harakat yang ada.

Kemudian saya coba menggunakan Tombol otomatis تشكيل dengan mencentang تشكيل أواخر الكلمات yaitu memberikan harakat di akhir kata.

Setelah selesai mengetik huruf Arab pada jendela Mishkal, untuk memberi harakat silakan Anda klik tombol (تشكيل). Anda juga bisa memberi harakat pada ketikan Arab yang dibuat pada program lain, misal dari Office Word. Caranya cukup copy paste saja ketika Arab tersebut.

Berikut adalah contohnya ketikan Arab yang sudah diberi harakat menggunakan software Mishkal :

Meskipun software Mishkal dirancang khusus untuk memberi harakat secara otomatis, namun tidak terlepas juga dari kesalahan. Kemungkinan akan terdapat satu atau lebih kata yang tidak sesuai. Artinya pemberian syakal dengan Mishkal tidak menjamin 100% benar. Untuk itu silakan koreksi setiap Anda selesai memberi syakal.

Untuk mengoreksi setiap kata yang salah caranya cukup mudah, Anda tinggal klik kanan pada kata yang mau dibenarkan dan pilih bacaan mana yang benar.

Jika pilihan bacaan yang direkomendasikan Mishkal tidak ada, maka Anda harus membuat harakat secara manual. Tenang, karena Mishkal sudah menyediakan pilihan harakat manual pada Toolbar.

Selain itu software Mishkal tidak hanya bisa kita gunakan untuk memberi harakat saja. Kita bisa mengubah tampilan huruf menjadi lebih besar atau lebih kecil. Kita juga bisa mencetak (print) hasil huruf Arab. Atau mungkin saja kita ingin mengubah jenis huruf Arab dengan font lain.

Saya juga mencoba Misykal untuk membedakan tulisan berharakat dari kitab Adwaul Bayan juz 1 hal 5 dari Syamilah dengan hasil harakat dari Misykal

Gambar kitab Adwaul Bayan

syamilah-contoh asli untuk misykal

Proses Misykal ketika berkerja

proses tasykil

Dan ini hasilnya….

hasil tasykil

Dari hasil perbandinga antara Syamilah dan Misykal saya mendapati bahwa masih ada harakat yang kurang tepat dari Misykal. Nah…untuk memperbaikinya anda bisa blok kata apa saja kemudian klik kanan dan pilih option إقتراحات التشكيل. Contohnya seperti di bawah ini.

New Picture

Mishkal di Android

Harakat menjadi masalah penting bagi orang yang ingin belajar bahasa Arab agar bisa membaca dengan benar dan menghasilkan makna dan pemahaman yang benar terhadap teks. Melihat hal ini, saya tertarik untuk mengeksplore aplikasi-aplikasi yang bisa membantu belajar bahasa Arab.

Saat ini Anda bisa menggunakan Mishkal di Android yang baru saja diupdate oleh Thaha Zaruqi di playstore. Jika mau mengunduhnya, sila ketik ‘Mishkal’ di Google Play Store anda atau langsung klik tautan ini.

Gambar Screenshot
Tampilan Mishkal di Android

Saya mencoba menuliskan bahasa Arab di Mishkal dan mendapatkan hasil sebagai berikut.

Kesimpulannya , jika sahabat berurusan dengan pemberian harakat pada teks-teks Arab yang banyak, Mishkal jelas akan sangat membantu. Bayangkan jika sahabat melakukannya secara manual dengan menggeser tombol arrow (panah) keyboard kekiri lalu memberi harakat pada tiap-tiap huruf satu persatu. Dengan Mishkal, sahabat cukup membukanya via open file atau copy-paste ke Mishkal. Lalu tekan satu tombol tasykiil , maka Mishkalakan memproses sendiri secara otomatis. Selanjutnya sahabat tinggal mengoreksi bagian-bagian yang diperlukan saja hanya dengan klik kanan-pilihkata dan klik sekali.

Silahkan Download Aplikasinya DISINI

Memberi Harakat Otomatis via Web Mishkal

Sekian dan Terima kasih.

Silakan tuliskan komentar dan pengalaman Anda menggunakan Mishkal.

18 pemikiran pada “Misykal: Sofware Pemberi Harakat Teks Arab”

  1. Insya Allah…blog anda sudah saya kunjungi, bagus sekali dan bermanfaat, umat islam butuh pemuda-pemuda seperti anda yang berjihad di ranah teknologi informasi yang sampai saat ini masih banyak dikuasai oleh orang-orang kafir.

  2. Terima kasih kembali.

    Mohon bantuannya menyebarkan info ini agar lebih bermanfaat untuk umat. Terlebih lagi software ini bukan bajakan atau open source artinya bisa dikembangkan oleh siapa saja yang punya keilmuan dalam bidang programming.

    Sungguh waktu saya menulis ulasan beberapa software islam seperti misykal, quthrub, radif, alfanous dan elkirtasse saya merasakan keikhlasan mereka membuat aplikasi-aplikasi ini.

Tinggalkan komentar