Nasyid Penghafal Al-Quran, Menggugah dan Memotivasi Semangat Menghafal Al-Quran

Banyak genre musik di dunia, salah satunya nasyid islami. Berbeda dengan jenis musik lain yang bertema cinta sesama manusia, nasyid islami memiliki tema seputar ajaran agama.

Kali ini saya ingin berbagi lagu nasyid Al-Quran, yaitu Nasyid dalam Bahasa Arab yang bermanfaat untuk menggugah semangat membaca dan menghafal Al-Quran.

Berikut secara rinci manfaat dari Nasyid Al-Quran ini.

1. Menambah Semangat Membaca dan Menggafal Al-Quran

Tema umum nasyid Al-Quran adalah ajakan untuk lebih mendekat kepada Al-Quran dan memberikan semangat dalam membaca dan menghafal Al-Quran.

Nasyid ini sering saya lantunkan di HP dan Laptop saya dan menemani aktifitas atau bergantian setelah mendengarkan bacaan murattal para masayikh qurra’.

2. Membangkitkan Gairah Menghafal Al-Quran

Tak ayal, ketika mendengar nasyid Al-Quran ini, gairah Anda akan terpompa. Muncul dorongan kuat, yang dihembuskan nasyid Islami, yang menggerakkan Anda untuk lebih mendekat dengan Al-Quran. Sangat cocok jika didengarkan saat Anda didera kurang semangat menghafal Al-Quran.

3. Menenangkan Hati

Rata-rata nasyid islami dibawakan dengan irama lembut, tempo lambat, dan nasyid Al-Quran yang saya bagikan ini tidak ada musiknya. Pesan yang terkandung dalam lirik nasyid Al-Quran ini tak sekedar ditujukan bagi pendengaran, melankan hati dan rasa pendengarnya.

Dari beberapa manfaat mendengarkan nasyid islami di atas, semoga Anda dapat merasakan semuanya. Namun, tentu saja, nasyid Al-Quran hanyalah musik. Ia sebagai selingan dalam mengisi rutinitas kehidupan. Hal utama yang tetap harus Anda lakukan adalah melantunkan dan mendengarkan ayat-ayat suci Alquran. Juga mendatangi majelis keilmuan dan ceramah pengajian.

Nasyid di SoundCloud

Sila mendengarkan langsung dari list Nasyid Al-Quran di kanal SoundCloud saya berikut. Nasyid ini bisa Anda dengarkan dari Aplikasi SoundCloud atau langsung dari Web Browser Anda jika Anda belum mengunduh aplikasi SC.

Nasyid di Youtube

Atau dengarkan beberapa nasyid Al-Quran yang sudah saya upload ke Youtube.

Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *