Ngrujak Bareng Keluarga

Momen Idul Adha baik sekali dimanfaatkan sebagai momen untuk kumpul keluarga. Dua hari raya dan tiga hari tasyriq adalah hari bersenang senang bagi umat Islam, keluarga dan masyarakat. 

Dalam 5 hari ini diperintahkan oleh Nabi secara langsung untuk makan, minum dan berzikir. Rasulullah saw bersabda,Hari-Hari Tasyriq adalah hari-hari makan, minum dan dzikir.” (HR. Muslim)

Sebagaimana juga dijelaskan oleh Syaikh Shalih Fauzan bin Fauzan: 

“Pada hari Tasyriq, terkumpul di dalamnya kenikmatan jasmani dan hati bagi seorang mukmin. Nikmat jasmani dengan menikmati makanan dan minuman sedangkan nikmat hati dengan berdzikir dan bersyukur.”

Sudah dua tahun ini bapak dan ibu menyempatkan datang ke Jakarta merayakan Idul Adha disini, ditempat adik mengajar di Jonggol. 

Saya dan keluarga gak pergi kemana mana, misalnya ke Mekarsari atau tempat rekreasi lainnya karena pemandangan di Jonggol Farm sudah bagus dan enak, seperti tadi sore, saya, adik, bapak dan ibu ngrujak bareng di kebun zaitun dan delima. 

Bawa dua tikar, cowek dan beberapa buah apel, mangga dan lain lain.  Bahagia itu sederhana, kumpul bersama keluarga adalah kebahagiaan tiada tara. 

Ini foto kami ngrujak bareng tadi sore, tapi masih ada yang kurang karena istri tercinta masih di Magelang, dia berhalangan ikut bapak dan ibu karena harus menemani anak SMA-nya jalan jalan ke Pacitan. 

Insya Allah hari kami besok saya pulang ke Magelang buat jemput dia, sabar ya say… 😊😊

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *