Pengalaman Wisuda Online SPs UIN Jakarta

Wisuda Online SPs UIN Jakarta – Alhamadulillah, hari ini bertepatan dengan tanggal 14 November 2020, UIN Syarif Hidayatullah melaksanakan wisuda online, salah satunya saya yang menjadi alumni Sekolah Pasca Sarjana UIN Jakarta. Proses terakhir dari rangkaian belajar saya selama di program pasca UIN Jakarta.

Perjuangan yang menguras tenaga, waktu, pikiran, harta dan umur. Kalau tidak dengan perjuangan, mana bisa saya dan teman teman yang hari ini wisuda bisa sampai memakai toga hari ini. Ini nikmat besar dari Allah Swt kepada para wisudawan dan wisudawati hari ini, semoga ilmu pengetahuan yang didapatkan dapat berguna bagi agama, bangsa dan negara.

Wisuda online UIN Jakarta ke -118 kali ini tidak ada riuh sorak sorai wisudawan dan orang tua yang menemani proses wisuda seperti yang dirasakan ketika wisuda sarjana S1 dahulu. Walau demikian, rasa terima kasih saya sampaikan sedalam dalamnya kepada kedua orang tua yang selalu mendukung langkah sampai tahap ini. Motivasi dan doa yang tulus dari mereka selalu mengiringi perjuangan di kampus tercinta ini yaitu Sekolah Pasca Sarjana UIN Jakarta.

Data Bagian Akademik menyebutkan, Wisuda virtual bertema “Peluang dan Tantangan Kerja Generasi Millenial di Era New Normal” diikuti oleh 934 orang bakal diwisuda yang masing-masing berasal dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 177 orang, Fakultas Adab dan Humaniora 61 orang, dan Fakultas Ushuluddin 72 orang. Lalu, Fakultas Syariah dan Hukum 115 orang dan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi 104 orang. Selanjutnya, Fakultas Dirasat Islamiyah 12 orang, Fakultas Psikologi 65 orang, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis 67 orang. Kemudian, Fakultas Sains dan Teknologi 75 orang, Fakultas Ilmu Kesehatan 66 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 48 orang, Fakultas Kedokteran 2 orang, dan Sekolah Pascasarjana 70 orang.

Selesai wisuda ini, bagi mahasiswa Magister di SPs yang ingin mengambil ijazah, ada beberapa persyaratan pengambilan yang harus dipenuhi, yaitu:

  1. Bukti perbaikan tesis/disertasi.
  2. Tanda terima penyerahan tesis/disertasi yang sudah dijadikan buku ber-ISBN dari perpustakaan dan para penguji dan pembimbing.
  3. Tanda terima penyerahan file PDF tesis/disertasi dari perpustakaan.
  4. Draft artikel jurnal yang diprint dan sudah disetujui ketua program magister atau doktor.
  5. Surat rekomendasi ketua SPs kepada bagian akademik bahwa poin-poin di atas sudah dipenuhi.

Saat ini saya sedang menyiapkan makalah untuk jurnal publikasi, mohon doanya agar dimudahkan.

Memang, wisuda bukan akhir dari perjuangan, karena habis ini kami harus menulis jurnal dari hasil penelitian sebagai syarat mengambil ijazah, dan tentu saja perjuangan besar selanjutnya telah menanti.

Perjuangan belajar selama di kampus tercinta ini mengambil kesan yang mendalam yang tidak dinarasikan dengan kata kata kecuali syukran jazilan kepada seluruh dosen atas semua ilmu dan bimbingan yang telah diberikan. Semoga ilmu kami dapat bermanfaat dunia akhirat, khususnya dalam mendakwahkan agama Allah Swt.

Berikut foto-foto sederhana wisuda saya dari rumah kontrakan di Kukusan, Beji, Depok.

wisuda online sps uin jakarta  jumal ahmad
Wisuda Online Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta, 2020
wisuda online sps uin jakarta  jumal ahmad
Jumlah wisudawan/wati di wisuda online sps uin jakarta
memakai toga wisuda
Wisuda online ditemani adik

Dokumentasi ujian-ujian Tesis bisa dibaca di tautan in. Semoga jadi penyemangat.

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *