Pengaruh Quthrub untuk Meningkatkan Kemampuan Shorof Siswa

Penelitian skripsi di UIN Sunan Ampel yang terbit tahun 2015 mengungkapkan pengaruh positif dari aplikasi Quthrub untuk meningkatkan kemampuan shorof siswa.

Ibta Ulfi Nur Laili dalam skripsinya mengungkapkan bahwa adalah guru kurang kreatif dalam penggunaan media pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dalam kegiatan belajar mengajar nahwu dan shorof di kelas yang mengakibatkan kemampuan shorof siswa kurang baik. Untuk itu peneliti mencoba menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi Quthrub v.1.0 yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan shorof siswa.

Dalam penelitiannya, Laili menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji normalitas data korlmogorov-smirnov dan uji paired sample T-test dengan aplikasi SPSS. Dalam hal ini mencari hubungan antara variable (x) Media pembelajaran Quthrub v.1.0 dengan variable (y) kemampuan shorof siswa dan mencari adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran quthrub v.1.0 untuk meningkatkan kemampuan shorof siswa kelas X SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang. Dan hal ini jelas dari hasil korelasi antara sebelum penggunaan Quthrub v.1.0 dan sesudahnya yaitu 0,424 artinya terdapat hubungan yang kuat. Dan juga t hitung lebih besar dari pada t table (11,966>2,026) artinya Ho ditolakdan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Quthrub v.1.0 dalam meningkatkan kemampuan shorof siswa kelas X SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang.

Semoga penelitian seperti ini akan lebih banyak lagi guna menjadikan pembelajaran bahasa Arab terutama Shorof yang dikenal susah menjadi mudah dan menyenangkan.

Sumber:

http://digilib.uinsby.ac.id/823/

Tinggalkan Balasan