Perbedaan Pembelajaran dan Pemelajaran

Saya sedang sedang meneliti tentang reflective learning di Fakultas Tarbiyah salah satu universitas di Jakarta. Saya ingin tahu sejauh mana refleksi mahasiswa dan sejauh mana peran fakultas dan universitas mengembangkan kemampuan refleksi mahasiswanya.

Secara teoritis, Boud dkk menyebutkan reflective learning sebagai “a generic for those intellectual and affective activities in which individuals engage to explore their experiences  in  order  to  learn  a  new  understanding  and  appreciations.” yaitu kegiatan  intelektual  dan afektif    dimana    individu-individu    terlibat    dalam    upaya mengeksplorasi pengalaman  mereka  dalam  rangka  mencapai  pemahaman  dan  apresiasi-apresiasi baru.

Kata proses menjadi sangat identik dalam reflective learning. Lalu apa padanan dari kata ini? Saya menemukan dua kata yang sangat mirip yaitu pembelajaran dan pemelajaran. Saya membuka KBBI versi mobile di android dan menemukan keterangan berikut:

Pembelajaran: proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar.

Pemelajaran: proses, cara, perbuatan mempelajari.

Karena masih bingung juga, apalagi istilah ini akan dijadikan judul dalam penelitian, maka saya menanyakan hal ini kepada pak Ivan Lanin di akun twitternya.

https://platform.twitter.com/widgets.js

Intinya, pak Ivan menyarankan padanan pemelajaran untuk kata learning dan padanan dari reflective learning adalah pemelajaran reflektif. Sumber yang beliau berikan untuk mengkaji lebih jauh bahasan ini, ada di tautan berikut: https://pondokbahasa.wordpress.com/2008/08/11/pembelajaran-dan-pemelajaran/

Saya juga menemukan keterangan tambahan dari bapak Hendra Gunawan tentang pembelajaran dan pemelajaran di makalah pdf beliau berikut: https://hgunawan82.files.wordpress.com/2018/10/pembelajaran_dan_pemelajaran.pdf

Tinggalkan komentar