Pesona Negeri di Atas Awan, di Desa Adipuro Kaliangkrik Magelang - JUMAL AHMAD

Pesona Negeri di Atas Awan, di Desa Adipuro Kaliangkrik Magelang

Desa atas awan prampelan

Indonesia adalah negeri yang kaya akan keindahan alam dan kebudayaannya. kekayaan akan sumber alamnya merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Indonesia adalah surga bagi para pecinta alam untuk dapat menikmati dan mengeksplorasi setiap sudut nusantara yang menyajikan berbagai pemandangan alam yang indah dan menakjubkan yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Mau berkunjung ke tempat yang rasanya berada di ‘negeri lain’ di atas awan? Cobalah berkunjung ke Magelang, tepatnya di desa Adipuro kecamatan Kaliangkrik.

Desa ini berada di kaki gunung Sumbing, berada di desa ini sesekali terlihat hamparan awan yang terlihat lebih rendah dari desa, seolah kita berada di negeri di atas awan. Gugusan awan putih yang dihiasi pancaran sinar matahari menimbulkan landskap alam yang sangat indah.

Penduduk desa Adipuro rata rata bekerja sebagai petani, melihat mereka pergi ke ladang setiap pagi hari dan kembali ke rumah di siang hari atau sore hari juga menjadi pemandangan yang indah.

Pendidikan di Adipuro juga berkembang baik, sudah ada 2 pesantren berdiri desa ini yang banyak dikunjungi orang orang dari luar desa bahkan luar jawa untuk belajar di sana. Tempat ini masih susah sinyal sehingga anak anak bisa fokus belajar dan tidak terganggu dengan hp dan gadget.

Untuk berkunjung ke Adipuro yang berjarak sekitar 7 kilometer dari Kaliangkrik anda bisa mengaksesnya menggunakan kendaraan umum ojek setiap hari dari pasar Kaliangkrik atau angkot di setiap hari pasaran di tanggal jawa Legi dan Pon.

Tarif ojek dari pasa Kaliangkrik ke Adipuro sekitar 15 ribu sekali antar, sehingga kalau pulang pergi (PP) sekitar 30 ribu. Sementara jika menggunakan jasa mobil pasaran bisa lebih murah sekitar 5 ribu sekali antar, tapi bisanya pas hari pasaran.

Adipuri, Desa di Atas Awan

  • 7 kilometer dari kecamatan Kaliangkrik.
  • Tarif ojek 15 ribu, tarif mobil pasaran 5 ribu
  • Fasilitas: wisata alam muthuk, masjid-masjid, pesantren

Desa prampelan, adipuro berdekatan dengan desa Butuh yang sekarang dikenal dengan Nepal Van Java-nya. Jika di Butuh kita bisa menikmati pemandangan saja, maka di Prampelan ini bukan hanya pemandangan namun masyarakatnya menjadi daya tarik tersendiri.

Masyarakat Islam yang taat menjadi ciri khas desa Adipuro, semarak keislaman berupa pengajian dan taklim ada setiap hari. Meskipun demikian, budaya jawa seperti wayang dan keseniang tetap ada yang biasanya muncul setiap hari besar.

Kumpulan foto-foto Prampelan saya simpan di Board Prampelanesia di Pinterest. Sila kunjungi tautan ini.

2 pemikiran pada “Pesona Negeri di Atas Awan, di Desa Adipuro Kaliangkrik Magelang”

Tinggalkan komentar