PROFIL

Bismillahirrahmanirrahim,

Segala puji hanya bagi Allah dan semoga salawat dan salam senantiasa tercurah kepada uswah hasanah, Rasul Muhammad shalallahu alaihi wa sallam beserta keluarga, seluruh sahabat dan seluruh umat beliau yang istiqamah di atas risalahnya hingga Hari Akhir kelak. 

*****

Kata orang, tak kenal maka tak sayang. Jika diibaratkan blog ini adalah sebuah rumah dan saya adalah tuan dan pemilik rumah, dalam dunia realitas tentu tamu yang memperkenalkan diri terlebih dahulu kepada tuan rumah. Tapi dalam dunia virtual terjadi berkebalikan. Untuk keterbukaan dan tanggung jawab terhadap informasi yang disampaikan, dunia virtual menuntut tuan rumah memperkenalkan diri terlebih dahulu kepada tamu-tamu yang berseliweran dalam lalu lintas informasi.

Karenanya izinkan kami memperkenalkan diri tentang blog Ahmadbinhanbal.com, Curiculum Vitae Jumal Ahmad dan tentang Islamic Character Development.

Ahmadbinhanbal.com

Situs ahmadbinhanbal.com (sebelumnya ahmadbinhanbal.wordpress.com) kami buat sejak tahun 2010, awalnya diniatkan sebagai tempat menyimpan makalah-makalah kuliah, seiring waktu juga berisi diari dan hal–hal yang kami suka seperti open source dan aplikasi Islami.

Tahun 2020, situs ini mulai didaftarkan ke hosting dan domain mandiri dan program google ads yang digunakan untuk biaya hosting dan domain.

Akhir 2022 sampai tahun 2023, pengunjung blog ini menurun drastis, dari yang awalnya ribuan perhari menjadi ratusan perhari. Ini membuat kami tidak bisa mengandalkan biaya hosting dan domain hanya dari Google Ads, salah satu jalan yang sedang kami ikhtiyari adalah membua pintu donasi untuk biaya website. (kunjungi laman donasi).


Jumal Ahmad Ibnu Hanbal

Jumal Ahmad bin Hanbal. Hambali adalah nama bapak kami. Lahir dari sebuah keluarga sederhana di kaki Gunung Sumbing, Jawa Tengah di sebuah desa bernama Adipuro, terletak 1500 Mdpl dan sudah tidak ada lagi desa di atasnya, dikenal dengan sebutan ‘Desa Atas Awan’.

Memiliki minat dalam bidang pendidikan dan pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam. Beberapa tema pendidikan yang sedang dipelajari adalah critical thinking, meta-level reflection, self regulated learning, termasuk child centered education dan parenting.

Sempat aktif di Islamic Character Development dengan menulis tema-tema pengembangan karakter dan Yayasan Aksi Peduli Bangsa yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan di Pedalaman Mentawai dan mengkoordinir dai yang dikirim berdakwah di Pedalaman.

Latar Belakang Pendidikan

  1. TK Al-Islam Desa Adipuro
  2. MI Al-Islam Desa Adipuro
  3. SMP Muhammadiyah Kaliangkrik
  4. Madrasah Aliyah Nurul Hadid
  5. D3 Pesantren Tinggi Al-Islam
  6. Program Takmili LIPIA Jakarta
  7. S1 Jurusan Tarbiyah STIT INSIDA Jakarta
  8. S2 Pengkajian Islam Jurusan Pendidikan di SPs UIN Jakarta

Pengalaman Tugas Akhir

  1. Karya tulis bahasa Indonesia di PT Al-Islam berjudul : Pandangan Islam Liberal terhadap Al-Quran; Studi Komparatif Konsep Al-Quran Islam Liberal dengan Muktazilah.
  2. Karya tulis bahasa Arab di PT Al-Islam berjudul : Minhaj wa Ara’ Ibnu Taimiyyah fi Tafsiril Quran
  3. Karya tulis Skripsi di STIT INSIDA berjudul : Efektifitas Pembelajaran Al-Quran dengan Metode Pakistan di Pesantren Tahfidh Bina Qolbu, Cisarua, Bogor.
  4. Karya tulis Tesis di SPs UIN Jakarta berjudul: Reflective Practice dalam Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus di SMA Al-Aziz Islamic Boarding School Bandung Barat

Pengalaman Kerja

  1. Guru di Pesantren Darur Robbani Semarang (1 tahun)
  2. Guru di MA Nurul Hadid (1 tahun)
  3. Instruktur Tahfidh di Pesantren Bina Qolbu, Cisarua
  4. Pengurus Dan Admin di Akademi Thibbun Nabawi (Athin) Bekasi
  5. Kontributor fimadani.com dan darulkautsar.net Malaysia
  6. Pengurus bagian Kurikulum di Rumah Cinta Quran Bintaro
  7. Konseptor di Islamic Character Development Jakarta
  8. Asisten Sekretaris di Yayasan Aksi Peduli Bangsa Jakarta

Pengalaman Organisasi

  1. Ketua Organisasi Santri Pesantren Luqman Al-Hakim
  2. Bagian Bahasa Organisasi Santri di MA Nurul Hadid
  3. Bagian Tamu UKM PT Al-Islam
  4. Editor Buletin Al-Islam
  5. Ketua Buletin Al-Islam
  6. Pengurus Athin
  7. Kontributor

Pelatihan/ Kursus

  1. Pelatihan web dan hacking di MA Nurul Hadid
  2. Daurah Ilmu syar’i di PT Al-Islam
  3. Daurah Kristenisasi
  4. Peserta Konferensi Tahfidh Dunia di Masjid Istiqlal
  5. Pelatihan dan Seminar bersama Aksi Peduli Bangsa
  6. Pelatihan dan Seminar bersama Islamic Character Development

Islamic Character Development (ICD)

Islamic Character Development – ICD adalah sebuah forum kajian intensif tentang pembangunan akhlak yang berlandaskan Alquran dan Hadis Rasulullah Saw yang kemudian dilanjutkan dengan kajian analisa kurikulum yang digunakan oleh sekolah-sekolah.

Islamic Character Development berawal dari kawan-kawan yang konsen mendalami agama Islam yang pernah mengecap pendidikan di Tunisia, Aljazair, Mesir, Arab Saudi, Jordania serta kawan-kawan dari disiplin ilmu lain seperti psikolog yang memiliki perhatian dalam pembangunan akhlak bangsa.

Visi ICD

“Membangun Akhlak bangsa sebagai pondasi peradaban yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama Islam”

Misi ICD

  1. Menjadikan Alquran dan Hadis sebagai dasar nilai dalam pembangunan akhlak.
  2. Membangun paradigma pendidikan karakter bangsa berdasarkan nilai-nilai agama Islam.
  3. Melakukan riset dan studi banding tentang karakter bangsa.
  4. Bersinergi dengan pihak yang memiliki tujuan membangun karakter bangsa melalui berbagai bentuk kegiatan.

Kami (Jumal Ahmad) mulai bergabung ke ICD pada tahun 2013, kami banyak membantu program dari direktur ICD yaitu Ust. Arifin Jayadiningrat dan menjadi bagian Sekretaris di ICD.

Ketika beberapa program mulai berhenti, kami terus berusaha memperkenalkan Islamic Character Development dengan menulis di blog tentang tema karakter dan pembangunan akhlak dan menulis buku di bawah nama Islamic Character Development.

id_IDID