Protector of Al Aqsha, Game Mobile untuk Menjelajah Masjid Al-Aqsha

Kali ini saya akan update informasi perkembangan teknologi Islam dalam hal game. Zaman sekarang, siapa sih yang gak pernah main game? Siapa yang punya HP, maka pasti ada gamenya sekalipun game ular yang kadang sudah built in dari developer.

Bagi yang suka main game yang gak jelas dan ingin merubah atau berpindah ke game yang lebih bernuansa Islamic, sila coba game Al-Aqsha Mosque Guard Educational Game yang didesain untuk lebih mengenal masjid Al-Aqsha, nama gamenya Protector of Al-Aqsha atau حارس المسجد الأقصى.

Aplikasi ini didesain oleh sekelompok pemuda Palestina dari Burj Al-Lak Lak Community Center yang didukung oleh Turkey’s Vakti Kıraat association. Game didesain untuk mengedukasi remaja tentang sejarah Al-Aqsha dan budaya yang ada disekitar Al-Aqsha.

Pemain game dapat lolos ke level berikutnya setelah menjawab 250 pertanyaan tentang sejarah dan mendapatkan gelar “Guard,” “Servant” dan “Mentor” dalam empat tahap yang terpisah.

Jika pemain berhasil menjawab semua pertanyaan dengan benar, mereka memenangkan kunci gerbang Al-Maghrib di sudut tenggara kompleks masjid, yang telah dikendalikan oleh pasukan Israel sejak Israel pertama kali menduduki Yerusalem Timur selama Perang Timur Tengah 1967.

Pemain bisa lari-lari di sekitar masjid Al-Aqsha untuk mencari dan menjawab 250 pertanyaan berkaitan dengan sejarah dan agama.

Jika pemain bisa menjawab dengan betul, dia akan mendapatkan 15 kunci, dan jika pemain gagal menjawab dengan betul, 10 kunci akan ditarik. Pemain perlu menggumpul kunci-kunci untuk bisa terus naik ke peringkat selanjutnya.

Perlu 40 kunci untuk pemain masuk ke peringkat selanjutnya. Jika pemain bisa menjawab semua pertanyaan di peringkat akhir, pemain akan menjadi “mentor” dan menerima kunci ke pintu Al-Mughrabi dan pemain akan digelar sebagai “pelindung” karena telah sukses membebaskan Masjid Al-Aqsa.

Pintu Al-Maghribi adalah kawasan yang terletak di bagian tenggara kawasan Masjid Al-Aqsa yang telah dikawal oleh tentara Israel pada waktu penaklukan Israel di kawasan timur Baitulmuqaddis pada masa Perang Timur Tengah 1967.

Kelebihan dari game ini, kita bisa melihat lebih dekat gambaran luar dan dalam masjid Al-Aqsha dan nama-nama gedung di masjid Al-Aqsha. Kekurangannya, game ini masih menggunakan bahasa Arab, belum menggunakan bahasa Inggris yang lebih umum di dunia. Semoga ke depan bisa dirilis dalam versi bahasa Inggrisnya.

Jika ingin coba download di Google Play, sila klik tautan ini.
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.MQ.JerusalemProtector

Tautan di Youtube bisa anda lihat di bawah ini.


Sebentar lagi bulan Ramadan, mungkin game ini bisa menjadi sarana menunggu waktu buka puasa dengan mengenal lebih dekat masjid Al-Aqsha dari game ini.

Sumber:

https://www.dailysabah.com/religion/2019/02/21/palestinian-group-develops-educational-game-app-about-al-aqsa-mosque

Jika berkenan, sila membagikan informasi ini kepada siapa saja yang Anda inginkan kebaikan baginya. Bisa jadi kebaikan kecil yang kita lakukan akan membuka kebaikan-kebaikan selanjutnya bagi orang lain. Terima kasih.

2 pemikiran pada “Protector of Al Aqsha, Game Mobile untuk Menjelajah Masjid Al-Aqsha”

Tinggalkan Balasan