Qurán Gateway | Alat Riset dan Analisa Al-Quran Di Dalam Genggamanmu

Beberapa tahun yang lalu saya menulis review tentang alat digital Al-Quran bernama Alfanous Quranic Search Engine yang berfungsi laiknya Google untuk Al-Quran. Semua tulisan saya tentang Alfanous bisa dilihat di link ini. (Alfanous).

Jika anda seorang pemelajar Al-Quran atau Islamic Studies dan ingin mendalami ayat-ayat Al-Quran dengan bantuan aplikasi atau tool yang canggih, saya persilakan anda menggunakan tool Qurán Gateway yang dikembangkan oleh para peneliti di Oxford University.

Alat ini menyediakan basis data yang diperlukan untuk studi teks Al-Qur’an termasuk database yang ditandai secara morfologis, grafik, grafik, dan foto-foto manuskrip.

Pada tahun 2014, sekelompok kecil spesialis dalam Islam dan teks Al-Qur’an memperhatikan perlunya membuat edisi digital untuk studi Al-Qur’an. Dua tahun berikutnya, mereka mulai membayangkan bagaimana mereka dapat mengubah pekerjaan mereka menjadi alat digital yang bermanfaat bagi komunitas ilmiah dan awam secara lebih luas, untuk membuat segalanya menjadi lebih mudah bagi peneliti berikutnya.

Mereka memperhatikan bahwa walaupun sudah ada banyak perangkat lunak berkualitas tinggi yang tersedia untuk studi teks-teks Bibel, beberapa alat digital seperti itu belum ada untuk studi teks Qur’an. Keadaan ini mengilhami mereka untuk memulai pengembangan alat semacam itu, dan hasilnya adalah mereka membuat Quran Gateway.

Dr. Andrew G. Bannister menjelaskan ketika awal membuat tool ini bahwa dia mengunjungi Haifa dan Leeds University untuk membuat morphologi dari setiap kata-kata dalam Al-Quran dengan label dan identifikasi setiap ayat. Kemudian membuat analisa komputernya. Menurutnya dengan cara ini telah memangkas bertahun-tahun waktu yang dibutuhkan dan mempercepat program doktoralnya selesai tepat waktu.

Qurán Gateway ini baru dirilis jadi kalau Anda ingin mencoba mengunakannya bisa mendaftarkan free trial selama 14 hari. Saya sudah mencobanya dan berhasil, kini giliran Anda.

Quran Gateway menghadirkan pengalaman mencari teks yang sangat inovatif, mudah digunakan, fleksibel dan dengan tampilan yang bagus.

Manfaat atau Kegunaan Quran Gateway

  • Mode Pencarian: 1. Mencari surat, ayat, atau kombinasi kata, 2. Mencari dalam bahasa Arab atau Latin, 3. Pencarian bisa difilter sesuai kegunaan, gender, nomer, orang dan lainnya, 4. Mencari satu kata, kalimat atau gabungan kalimat.
  • Mode Evaluasi: 1. Dalam satu muka ditampilan teks Al-Quran, transliterasi latin dan terjemah pilihan bahasa Inggris, 2. Klik kata ke referensi kamus atau leksika, 3. Menguji akar kata, 4. Menguji asosiasi kata atau kalimat.
  • Mode Diagram Batang: 1. Menampilkan hasil pencarian lewat tabel atau diagram batang, 2. Membuat visualisasi data dengan hanya klik saja.
  • Mode Formula Diksi Al-Quran: 1. Menguji diksi Al-Quran antara 3, 4 atau 5 baris, 2. Mengeksplor formula diksi dari surat atau seluruh Al-Quran.
  • Mode Manuskrip Kuno: 1. Menguji 300 manuskrip Al-Quran kuno, 2. Tautan text ke gambar untuk melihat lebih detail

Ketika Anda sudah bisa login free trial, Anda akan mendapatkan tatap muka Qurán Gateway seperti berikut ini.

Tampilan halaman utama Quran Gateway

Di kolom kosong paling tengah, Anda bisa menuliskan ayat atau surat yang ingin Anda cari, kemudian tekan Enter atau klik Search. Misalnya anda mengetikkan ayat: 2: 1-4, muncul hasil tampilan seperti ini.

Pada hasil pencarian di atas, kita ditampilkan dalam satu halaman teks Al-Quran, latin dan terjemah bahasa Inggris dari Yusuf Ali. Kita berada dalam Reader Mode. untuk beralih ke mode lainnya, cukup klik kotak disebelahnya. Interlinear Mode menunjukkan tabel yang berisi kata-kata ayat yang sedang kita cari dari segi asal kata, wazan, gender dan sebagainya. Parse Mode menunjukkan hasil lain berupa tabel tentang setiap kata pada ayat yang kita cari, dari segi definitif, preposisi, noun dan sebagainya kemudian ditunjukkan perbedaan terjemah bahasa Inggris dari beberapa terjemah Al-Quran.

Intertextual Connections

Salah satu kelebihan dari data base Quran Gateway adalah membandigkan Al-Quran dengan teks-teks lain.

Dari Web QG, masuk ke Browse dan klik Intertextual Connections, seperti pada gambar di bawah ini.

Image

Kemudian akan diberikan beberapa list deskripsi dan nama kitab, jilid dan halamannya dan koneksinya dengan ayat Al-Quran. Darisini kita bisa membandingkan teks dari Al-Quran dengan teks dari kitab lain yang ditampilkan Quran Gateway.

Grammatical Features by Sura

Image

Disini Anda bisa mencari informasi tentang suatu surat baik dalam bentuk makiyyah atau madaniyahnya, gender, person, number, form, case dan mood. Hasilnya ditampilkan dalam bentuk diagaram batang.

Ini tampilan hasil digram batangnya.

Jika ulasan di atas belum jelas dan membingungkan, Anda bisa menonton 10 video training Quran Gateway di bawah ini. Semoga bisa membantu.

Sumber: info.qurangateway.org

Jumal Ahmad | ahmadbinhanbal.com

4 pemikiran pada “Qurán Gateway | Alat Riset dan Analisa Al-Quran Di Dalam Genggamanmu”

Tinggalkan komentar