Quthrub, Aplikasi untuk Mentashrif Bahasa Arab dengan Mudah

Quthrub pertama kali saya temukan bermula dari keinginan saya untuk memudahkan santri memahami bahasa Arab, kemudian saya googling di direktori google bahasa Arab dan saya menemukan aplikasi ini.

Sebelum kita mengetahui lebih detil tentang aplikasi Quthrub ini, saya ingin memberikan sedikit ringkasan tentang materi-materi yang mesti difahami dalam materi sharaf, yang kebetulan saya ajarkan juga untuk santri saya.

Pengantar Ilmu Sharaf

Sharaf secara bahasa berarti penukaran, pengembalian dan pemindahan, dan makna ilmu sharaf yaitu ilmu yang mempelajari ilmu bahasa Arab bukan dari segi mabni dan mu’rabnya.  Sighat berarti bentuk kata. Pada pokoknya ada tiga macam sighat dalam bahasa Arab yaitu; Fi’il (kata kerja), isim (kata benda) dan huruf.

Dari Fi’il ada empat macam sighat yaitu:

  • Fi’il Madhi, yaitu kata kerja lampau
  • Fi’il Mudhari’, yaitu kata kerja sedang atau akan datang
  • Fi’il Amr, yaitu kata kerja perintah
  • Fi’il Nahi, yaitu kata kerja larangan

Dari Isim ada sepuluh sighat yaitu:

  • Sighat Masdhar, yaitu bentuk kata dasar
  • Mashdar Mim, yaitu mashdar yang mendapat tambahan mim
  • Isim Fa’il, yaitu kata benda yang menunjukkan pengertian pelaku
  • Shifat Mutasyabihah biismil Fa’il, yaitu kata sifat yang disamakan dengan isim fa’il
  • Sighat Mubalaghah, yaitu bentuk penyangatan
  • Isim Tafdhil, yaitu kata benda yang mengandung pengertian lebih
  • Isim Maf’ul, yaitu kata benda yang menunjukkan pengertian penderita
  • Isim Makan, yaitu kata benda yangmenunjukkan pengertian tempat
  • Isim Zaman, yaitu kata benda yang menunjukkan pengertian waktu
  • Isim Alat, yaitu kata benda yang menunjukkan pengertian alat

Sedangkan huruf tidak mempunyai pembagian, huruf adalah kata yang menunjukkan pada makna yang lain seperti fii ( di, di dalam) dan qad (sungguh).

Wazan berarti timbangan: yaitu timbangan kata atau semacam rumus karena setiap perubahan shighat mengikuti wazannya. Karena asal kata semua bahasa Arab adalah tiga huruf, maka dipilihlah kata yang menjadi wazannya yaitu kata fa’ala. Kata fa’ala terdiri dari tiga huruf dengan uraian fa’, disebut fa’fi’il, ‘Ain disebut Ainul Fi’il dan Lam disebut Lamul Fi’il.

Fi’il ditinjau dari komponen hurufnya (fa’ fi’il, ain fi’il dan lam fi’il) terbagi menjadi tujuh komponen (bina’)

  • Bina’ Salim: yaitu bina’ yang fa’ dan lam fi’ilnya tidak berupa huruf illat dan hamzah
  • Bina Mahmuz: yaitu bina’ yang salah satu dari fa’, ain dan lam fi’ilnya berupa hamzah
  • Bina’ Mudha’af: yaitu bina yang ‘ain dan lam fi’ilnya sama hurufnya
  • Bina’ Mitsal: yaitu bina’ yang fa’ fi’ilnya berupa huruf illat
  • Bina’ Ajwaf: yaitu bina’ yang ain fi’ilnya berupa huruf illat
  • Bina’ Naqis: yaitu bina’ yang la fi’ilnya berupa huruf illat
  • Bina’ Lafif: yaitu bina’ yang fa’ dan lam fi’ilnya berupa huruf illat dan disebut lafif mafruq dan bina’ yang a’in dan lam fi’ilnya berupa huruf illat dan disebut lafif maqrun.

Selanjutnya mari mengenal lebih dekat tentang aplikasi Quthrub ini.

Quthtub, Aplikasi untuk mentashrif Bahasa Arab

Quthrub adalah software yang dibuat oleh developer arab yang terkumpul dalam http://www.arabeyes.org yang dibuat untuk memudahkan orang yang ingin belajar tata bahasa Arab terutama kaidah shorof dan tashrif yang meliputi bentuk-bentukwaktu yang sering dipakai seperti fi’il madhi, mudhari’ dan amr.

Cara menggunakan Quthrub:

  • Tulislah kata dalambahasa Arab dengan harakat dan tasydid yang sempurna di kotak  kosong, contohnyatulis kata كَتَبَ، كَاتَبَ.
  • Pilihlah bentuk tashrif yang anda inginkan apakah semua bentuk waktu (kullu azminah) yang meliputi fi’il madhi, mudhari’, amr, mabni majhul atau mudhari’ yang mansubat (yaitu fi’il muhdari yang berharakat fathah karena didahului adawatun nasb seperti huruf An, Lan, Izan dan Kay) atau majzum (yaitu fi’il muhdari yang berharakat sukun karena didahului adawatul jazmi seprti lam dam laa an-nahiyah)  .
  • Pilih bentuk fi’il yang anda inginkan apakah lazim (tidak membutuhkan maf’ulbih) atau muta’adi (membutuhkan maf’ulbih)
  • Klik tombol”صرّف الفعل”.

Mengenal Thaha Zaruqi, Programmer Quthrub

Thaha Zaruqi, lahir dari keluarga sederhana di Aljazair pada tahun 1978, tahun 1996 ia mulai belajar ilmu teknologi di universitas yang terletak di ibu kota Aljazair sampai akhirnya ia mendapat gelar Insinyur pada taun 2001, lalu ia mengambil gelar Magister pada universitas yang sama dan selesai pada tahun 2005, setelah itu ia mengambil gelar Doktoral dalam bidang teknologi.

Ia tinggal di kota Alkhabuziyyah Ash-Shaghirah (maaf kalau salah menulis) yang terletak sekitar 100 meter dari ibu kota Aljazair.

Ia bercerita bahwa pada awalnya ia tidak memiliki kecenderungan untuk mempelajari ilmu teknologi, ketika kecil ia baru mengenal komputer dari televisi, dan baru memegangnya ketika ia sekolah di I’dadiyyah ( atau SD sekarang) dan ketika ia lulus dari Albekaloriya (SMP sekarang), oleh gurunya, ia dan teman-temannya diminta untuk menuliskan cita-cita mereka ke depan, maka Thaha Zaruqi meletakkan ilmu teknologi di urutan pertama, kemudian dokter dan penerjemah bahasa Cina, lalu ia memilih nomer pertama, kalau tidak mungkin sekarang ia sudah menjadi dokter spesialis atau bekerja sebagai penerjemah bahasa Cina.

Thaha mulai belajar bahasa pemrogaman pada tahun 1997 sebagaimana teman-temannya, bahasa pertama yang ia pelajari adalah pascal kemudian C lalu php ketika ia mulai belajar membuat website dan mulai bergaul dengan bahasa phython ketika ia sedang meneliti kelebihan dari program Addauli Littadqiq Al-imlai.

Sudah banyak program-program islami yang ia buat baik itu pribadi atau kolektif, seperti program ayaspell . , bersama pengelola Attaqnin Alarabi ia membuat program Alkalimat Almustab’idah  , program Arabic Light Stemmer yang ia beri nama Tasyafin dan program PyArabic bersama Akhi Khalid As-Sam’ah. Dan Quthrub adalah salah satu program yang ia buat secara kolektif bersama programmer yang lain seperti Musthafa Amarah, Isham Hamud, dan Profesor Marwan Albawwab yang menjadi penyunting dari Quthrub. Profil selengkapnya dari programmer penuh talenta ini bisa anda lihat di blognya disini.

Dalam sebuah forum di facebook yang bernama Computational Linguistics Forum terdapat beberapa masukan untuk software Quthrub ini seperti tentang encoding, tampilan dan yang lainnya, bisa anda baca di link ini. Menariknya, artikel itu lalu dijawab oleh Thaha Zaruqi di blognya tahadz.

Thaha Zarouqi menyelesaikan tesis doktoralnya dalam bidang open source dengan judul ‘Towards an Open Platform for Arabic Language Processing’. Karyanya bisa dilihat di tautan ini.

Thaha juga pernah dimintai tanggapan seputar perkembangan teknologi yang bisa membantu bahasa Arab di Journal al Bilad.

https://fb.watch/4uvwcDuHV2/

Selamat kepada Dr. Taha Zarouqi semoga terus menebar manfaat dan mengembangkan aplikasi-aplikasi baru dalam pengembangan Bahasa Arab.

Siapakah Quthrub?

Dalam portal pustaka online wikipedia bahasa Arab disebutkan bahwa Quthrub adalah nama dari Abu Ali Muhammad bin Al-Mustanirin Ahmad Al-Bashri, salah satu imam dalam bahasa arab ketika masanya, banyak menyelisihi Sibawaih dalam beberapa hal.

Dia dipanggil quthrub berawal dari keseringan Sibawaih mendapatkan Abu Ali setiap kali keluar dari rumahnya untuk melaksanakan salat Subuh untuk menuntut ilmu, dengan harapan Abu Ali mendapatkan waktu private untuk belajar dan bertanya kepada Sibawaih. Lalu ia mengatakan: “Kamu itu seperti melata malam yang selalu bergerak dan tak pernah istirahat”. Maka sejak itu Abu Ali mendapat julukan Quthrub dan lebih dikenal dengan panggilan tersebut. Dikenal oleh ahli bahasa sebagai orang pertama yang membuat tsulatsi yang dikenal dengan Tsulatsi Quthrub.

Quthrub lahir di Bashrah, ketika dewasa dia mulaia belajar Bahasa Arab dari ahlia bahasa di zamannya, orang pertama yang menjadi gurunya adalah Sibawaih dan menjadi gurunya yang paling lama, selanjutnya dia belajar dari Isa bin Umar Ats-Tsaqafi dan Yunus bin Habib.

Quthrub mengajar anak Abu Dulaf Al-Qasim bin Isa, beliau condong kepada faham Muktazilah karena beliau lahir dari keluarga berfaham Muktazilah, maka ketika beliau menulis tafsir, beliau enggan untuk memperkenalkannya ke khalayak umum karena takut dari tanggapan jelek masyarakat umum.

Quthrub menyelisihi beberapa ahli nahwu dalam hal tujuan dari I’rab, menurut dia alif, wawu dan ya’ dalam mustanna dan jama’ sama dengan kedudukan fathah, kasrah dan dhammah dalam i’rab.

Menurut ahli bahasa Ibnu Duraid dan Tsa’lab kata Quthrub berarti hewan kecil yang banyak bergerak. Abu Ali atau Quthrub adalah orang pertama yang membuat mutsalats dalam bahasa arab yang kemudian dikenal dengan mutsalats quthrub, yang banyak diikuti oleh  Al-Bathlayusi, Al-Khatibdan Al-Balnasi. Kitab ini telah disyarh oleh Dhiyauddin AbulIzz Al-Mughits bin Alawi Al-Baghdadi Al-Lughawi Al-Hanbali yang wafat pada tahun 583 H. Kesibukannya selain mengarang dan menulis buku adalah menjadi guru dari Amir Abu Dalf Al-Ajli.

Ia juga orang pertama yang menulis risalah tentang fi’il-fi’il mabni. Quthrub wafat di Baghdad pada tahun 206 H.

Quthrub dalam pengertian bahasa Arab

Menurut ahli bahasa Ibnu Duraid dan Tsa’lab kata Quthrub berarti hewan kecil yang banyak bergerak. Abu Ali atau Quthrub adalah orang pertama yang membuat mutsalats dalam bahasa arab yang kemudian dikenal dengan mutsalats quthrub, yang banyak diikuti oleh  Al-Bathlayusi, Al-Khatibdan Al-Balnasi.

Kitab ini telah disyarh oleh Dhiyauddin AbulIzz Al-Mughits bin Alawi Al-Baghdadi Al-Lughawi Al-Hanbali yang wafat pada tahun 583 H. Kesibukannya selain mengarang dan menulis buku adalah menjadi guru dari Amir Abu Dalf Al-Ajli. Ia juga orang pertama yang menulis risalah tentang fi’il-fi’il mabni. Quthrub wafat di Baghdad pada tahun 206 H.

Karangan-karangannya:

  • Ma’ani al-quran
  • Kitab an-Nawadir
  • Kitab al-Azminah
  • Kitab al-adhdad
  • Khulqul insan
  • Gharibul hadits
  • Kitab al-ilal fin nahwi
  • Kitab al-isytiqaq
  • Kitab al-qawafi
  • Kitab al-ushul
  • Kitab as-shifat
  • Khuluqul fursi
  • Ar-raddu alal mulhidin
  • Kitab al-Ashwat
  • Kitab al-firaq dan yang lainnya.

Kisah Mutsalats Quthrub

Quthrub mengumpulkan dalam bukunya kata-kata yang tersusun dari tiga huruf yang mempunyai 3 harakat dan berbeda-beda maknanya. Beliau kumpulkan dalam bentuk natsr (paragraf) bukan nadham (puisi). Bukunya kecil tapi sarat dengan ilmu, beliau lah yang memberi jalan kepada orang-orang setelah beliau untuk meneruskan pekerjaan beliau.

Syaikh Syarafuddin Al-Andalusi ketika men-syarh kitab Mutsalats Quthrub menyebutkan bawah awalnya buku ini belaiu tulis dalam bentuk paragraf, kemudian ketika beliau berjalan ke kota Albahansa bertemu dengan Abu Bakar Al-Warraq yang menyempurnakannya.

Saya tertarik dengan bacaan Mutsalats Quthrub dari Syaikh Ukasyah dan Aisyah Lawal yang saya dapatkan dari Al-Hirz Institute. Syaikh Ukkasyah, beliau yang mendidik Hamzah yang dulu menang juara 2 pas lomba Al-Qur’an di Dubai dan ust Abdurrohim juara 4.

Mendengar bacaan keduanya sangat terharu karena suaranya Syaikh Ukasyah indah lebih lagi suara Aisyah, sangat merdu. Masya Allah.

Ini bacaan Mustalath Quthrub dari Syaikh Ukasyah

Videonya cukup interaktif karena ada tulisan dan gambarnya.

Dan berikut video dari bacaan Aisyah Lawal.

Sebelah kanan Syaikh Ukasyah dan sebelah kiri ayahnya Aisyah.

PDF Nadzom Mutsallats Quthrub

Nadzom Mutsallats Quthrubi versi Archive.org

Nadzom Mutsallats Quthrubi versi yg dibaca syaikh Ukkasyah

Kelebihan Aplikasi Quthrub

Kelebihan dari Quthrub ini adalah bisa di import ke bentuk html, cukup dengan mengklik icon tashdir di sebelah kanan atas, lalu save dan file akan disimpan dalam bentuk html, selain itu juga bisa dicetak, yang memudahkan bagi guru atau ustadz ketika mengajarkan ilmu shorof.

Disebutkan dalam situs resminya bahwa software ini masih memerlukan penyempurnaan seperti interface yang kurang menarik dan content kata yang masih perlu di perbanyak. Aplikasi ini bisa berjalan pada OS linux dan windows, untuk mendownloadnya, anda bisa mengklik link di bawah ini.

Quthrub untuk versi windows:

http://sourceforge.net/projects/qutrub/files/qutrub_beta.zip/download

Quthrub untuk versi linux:

http://sourceforge.net/projects/arabeyes/files/Qutrub/qutrub-0.5.tar.gz/download

Selanjutnya kita harus menyadari bahwa Ilmu Sharaf dan Nahwu adalah tata bahasa Arab yang digali dari Al-Quran oleh para tokoh Islam dahulu, agar generasi dan anak cucu yang akan datang dapat memahami Al-Quran dan Sunnah khususnya, serta kitab berbahasa Arab umumnya.

Umat Islam tidak akan mampu memahami Al-Quran dan Sunnah tanpa mengetahui tata bahasa Arab dan Sunnah sebagai pedoman hidup dalam segala segi kehidupan. Maka secara langsung kita diperintah agar mempelajari bahasa Arab yang menjadi alat utama untuk mempelajari Al-Quran dan Sunnah.

Berdasarkan kaidah hukum Islam yang mengatakan “Sesuatu yang tidak akan sempurna (wajibnya) kecuali dengan sesuatu yang lain, maka sesuatu yang lain itu menjadi wajib pula” dapat ditarik kesimpulan bahwa mempelajari bahasa Arab itu hukumnya wajib, sebagaimana mempelajari Al-Quran dan Sunnah. Bahkan salah satu bukti kesungguhan kita agar masuk surga adalah dengan mempelajari bahasa Arab karena bahasa Arab menjadi bahasa penghuni surga. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi, bahwa Rasulullah saw bersabda: “Cintailah bahasa Arab karena aku adalah turunan Arab, Al-Quran berbahasa Arab,dan sebagai bahasa penghuni surga kelak”.

Semoga kita dapat menyadari sabda Rasulullah saw di atas dan semoga aplikasi Quthrub ini berguna bagi kita semua untuk memahami bahasa surga itu. Amiin ya rabbal ‘alamin.

Update:

Beberapa hari yang lalu ada Bapak Ridha dari Malang yang bertanya kepada saya via sms di nomer yang ada di profil saya, dia tanya kenapa quthrubnya gak bisa diinstal di pc beliau, lalu saya tanyakan hal ini pada Taha via Twitter, dan berikut perbincangan kami.

Rilis Versi Baru 1.0 Software Quthrub

Qutrub versi 1.0 telah hadir. Di versi barunya ini ditambahkan perbaikan untuk beberapa kesalahan dan kekurangan yang ada dalam Quthrub 0.5 versi sebelumnya, penggunaan program phython dan juga ada terjemah kata dalam bahasa Malaysia dan Jepang. Terjemah ke bahasa melayu oleh Yasin Alwi dan terjemah ke bahasa Jepang oleh Karim Urais dan Ihab Ubaid.

Quthrub adalah software atau aplikasi untuk melakukan tashrif bahasa Arab secara mudah dan simple, hasil kerja dan usaha sekelompok kecil yang menghadirkan hasil yang besar. Nama Quthrub dipilih karena dia adalah salah satu ulama pendahulu dalam ilmu bahasa, nahwu dan sastra, selain itu namanya juga mudah disebut dan mudah diingat, saya yakin nama ini sangat cocok dan tepat.

Di review saya sebelumnya tentang Quthrub 0.5 sebenarnya salah satu programmer Quthrub, Thaha Zaruqi (linuxscout) mengajak saya untuk ikut andil menerjemahkan dalam bahasa Indonesia, kata dia program ini sangat cocok untuk native language dan diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Dan sampai sekarang ajakan dia belum bisa saya penuhi karena beberapa keterbatasan saya, mungkin ada rekan-rekan programmer atau mahasiswa Islam dan Arab seperti LIPIA atau universitas Islam lainnya yang mau ikut andil??

Sangat menarik jika kita mencermati perkembangan FOSS (Free Open Source Software), banyak pengembang yang rela mengorbankan kemampuan dan harta mereka untuk membuat suatu software meskipun mereka tak mendapatkan keuntungan finansial secara lansung dari aktifitas ini.

Ada beberapa motifasi penggerak para pengembang FOSS untuk ikut andil dalam pengembangan open source seperti: merasa senang ketika bisa ikut andil dalam suatu pekerjaan, untuk berkontribusi di komunitas atau forum yang mereka ikuti, sebagai ajang untuk memecahkan masalah coding atau sharing coding seperti GPL yang memungkinkan orang lain untuk melihat source code atau memodifikasinya, sebagai karir dan juga untuk mengembangkan kemampuan programming.

Link Download:

Software Quthrub 1.0: https://sourceforge.net/projects/qutrub/

Maktabah Quthrub: http://pypi.python.org/pypi/LibQutrub/1.0

2589

Aplikasi Quthrubii di Android

Saya mendapatkan update tulisan dari Tuan Thaha Zaruqi, developer aplikasi Quthrub untuk mentashrif Bahasa Arab. Beliau memberikan informasi bahwa beliau dan dua orang temannya telah mengembangkan aplikasi Quthrubi yang bisa digunakan untuk anak-anak belajar Bahasa Arab.

Tuan Thaha Zaruqi di blognya tahadz.wordpress.com juga menyampaikan kesyukurannya karena telah mendapatkan penghargaan dari Mohammed bin Rashid Arabic Language Award atas karyanya dalam mengembangkan Bahasa Arab tentang tashrif, nahwu dan tasykil (harakat) dalam bentuk teknologi yang memudahkan orang lain untuk belajar bahasa Arab.

Arabic Language Award diberikan kepada lembaga atau perseorangan yang sudah berusaha untuk memperkenalkan Bahasa Arab kepada masyarakat umum dengan cara yang mudah dipahami. Maka tag line dari penghargaan ini adalah “Al-Arabiyyah lil Hayaah“ yaitu Bahasa Arab untuk Kehidupan, suatu proyek yang menjadikan bahasa Arab itu mudah dan dipakai sehari-hari.

Berikut ini beberapa tampilan dari Quthrubii

3
4

Pengaruh Quthrub untuk Meningkatkan Kemampuan Shorof Siswa

Penelitian skripsi di UIN Sunan Ampel yang terbit tahun 2015 mengungkapkan pengaruh positif dari aplikasi Quthrub untuk meningkatkan kemampuan shorof siswa.

Ibta Ulfi Nur Laili dalam skripsinya mengungkapkan bahwa adalah guru kurang kreatif dalam penggunaan media pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dalam kegiatan belajar mengajar nahwu dan shorof di kelas yang mengakibatkan kemampuan shorof siswa kurang baik. Untuk itu peneliti mencoba menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi Quthrub v.1.0 yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan shorof siswa.

Dalam penelitiannya, Laili menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji normalitas data korlmogorov-smirnov dan uji paired sample T-test dengan aplikasi SPSS. Dalam hal ini mencari hubungan antara variable (x) Media pembelajaran Quthrub v.1.0 dengan variable (y) kemampuan shorof siswa dan mencari adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran quthrub v.1.0 untuk meningkatkan kemampuan shorof siswa kelas X SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang.

Dan hal ini jelas dari hasil korelasi antara sebelum penggunaan Quthrub v.1.0 dan sesudahnya yaitu 0,424 artinya terdapat hubungan yang kuat. Dan juga t hitung lebih besar dari pada t table (11,966>2,026) artinya Ho ditolakdan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Quthrub v.1.0 dalam meningkatkan kemampuan shorof siswa kelas X SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang.

Semoga penelitian seperti ini akan lebih banyak lagi guna menjadikan pembelajaran bahasa Arab terutama Shorof yang dikenal susah menjadi mudah dan menyenangkan.

Sumber:

http://digilib.uinsby.ac.id/823/

Analisis Kamus Quthrub dalam Pandangan Ilmu Shorof

Penelitian skripsi yang lain dilakukan oleh Dewi Shalihah dari IAIN Walisongo Semarang Jurusan Ilmu Bahasa Arab.

Dewi membahas tentang Quthrub dilihat dari pandangan ilmu shorof, apakah sesuai dengan ilmu shorof dan bagaimana cara menggunakan Quthrub.

Dewi menemukan bahwa contoh bina shohih kalimat فتح dalam kamus quthrub sesuai dengan kaidah shorof. Bina mahmuz kalimat املdalam kamus quthrub sesuai dengan kaidah shorof. Sedangkan dalam contoh bina ajwaf kalimat صان dalam kamus quthrub tidak sesuai dengan kaidah shorof, kalimat صان aslinya صون dalam kamus quthrub sesuai dengan kaidah ilmu shorof.

Sumber:

093211022_Skripsi_Coverdll.pdf

22 pemikiran pada “Quthrub, Aplikasi untuk Mentashrif Bahasa Arab dengan Mudah”

  1. software nahwu masih jarang di indonesia apalagi yang disajikan dengan tampilan yang user friendly, tapi alhamdulillah saya kenal dengan satu pesantren di daerah cirebon, Nurul Hadid namanya yang sedang membuat flash tutorial dari kitab Nahwu Wadhih yang banyak dipakai di Indonesia, sampai saat ini baru versi betanya, kalau sudah sampai full version dan sipa go publick bisa saya informasikan..oh yaaa..terima kasih sudah mengunjungi blog sederhana saya

  2. Turut berdoa, smoga Allah memberi kemudahan para developernya untuk menyelesaikan Flash Nahwu nya. Amin. jgn lp akhi share di KLSI ya?jk uda rampung.

  3. السلام عليكم
    شكرا أخي أحمد لعى نشر هذا المقال
    فالبرنامج مهم للمسلمين المتعطشين للغة العربية
    وأعلمكم أنّ واجهة البرنامج متوفرة بلغات عديدة، لذا يسرني أن أدعوكم للمساهمة في ترجمة البرنامج إلى الاندنوسية
    سلام
    مكور البرنامج

  4. Sangat kreatif…semoga dengan program bahasa Arab antum, bisa memudahkan orang lain untuk belajar dan memahamo bahasa yang mulia bahasa Arab bahasa nanti di surga. Adakah yang bisa saya kontribusikan untuk program antum ini…

  5. afwan … mau tanya…
    kenapa tampilan di laptop ana hurufnya terputus-pustus ya? jadi harakatnya juga berjauh jauhan dengan hurufnya?

Tinggalkan komentar