Quthrub Online Sekarang Ada di qutrub.arabeyes.org

Bahasa Arab merupakan bagian dari agama Islam. Untuk dapat mempelajari Alquran, Hadits dan khazanah keilmuan Islam diperlukan kemampuan bahasa Arab yang memadai. Jadi ini harus didukung perkembangan teknologi, aplikasi Quthrub online salah satunya.

Quthrub Online, aplikasi tahshrif yang merupakan pengembangan dari aplikasi Quthrub yang pernah kami tulis sekitar 10 tahun yang lalu. Sila baca tulisan tentng Quthrub di tautan ini. Hadir dalam versi web yang lebih mudah dioperasikan dimana saja tanpa perlu unduh aplikasinya di hp atau komputer.

Informasi aplikasi Quthrub Online saya dapatkan infonya dari tweet Thaha Zaruqi pada tanggal 10 November yang lalu.

Saat ini saya membantu mengajar bahasa Arab untuk kelas SMP dan SMA di Khadija School Indonesia, saat masuk ke bahasan tentang Tashrif, saya gunakan buku yang pernah saya pelajari yaitu Amtsilah Tahsrifiyyah dan saya gunakan aplikasi online Sarf.One dan Quthrub ini.

Saya sampaikan kepada anak-anak, saya sudah beberapa tahun mengikuti perkembangan teknologi Islami dalam Bahasa Arab seperti Maktabah Syamilah, Quthru, Sarf dan lainnya. Saya yakin pengembangan aplikasi ini akan sangat membantu pelajar bahasa Arab di Pesantren dan Aliyah.

Saya pernah menanyakan kepada Thaha tentang perbedaan penggunaan Sarf One dan Quthrub, lalu beliau jelaskan bahwa Quthrub gunanya untuk men-tahsrif fi’il yang lebih umum berbanding sarf.one yang lebih khusus kepada sarf dan isytiqaq. Quthrub memungkinkan men-tahsrif fi’il yang tidak ada di kamus, sementara sarf hanya yang ada pada aplikasi.

Sila kunjungi link Quthrub berikut: https://qutrub.arabeyes.org/

Saya coba mengunjungi laman Quthrub di atas dan memasukkan kata dalam bahasa Arab yaitu Fi’il Tsulasi Mujarrad كَتَبَ, saya tuliskan tanpa harakat.

quthrub online

Karena kosa kata yang saya masukkan tidak saya tulis dengan harakat, akan muncul pilihan kosa kata fi’il madhi dan mudhari’ yang kita inginkan.

Quthrub online

Ada pilihan dua fi’il madhi dan mudhari’, saya pilih yang paling atas, yaitu كَتَبَ – يَكْتُبُ. Akan muncul hasilnya dalam dua jenis yaitu fi’il ma’lum (aktife voice) dan fi’il majhul (passive voice).

Tashrif Lughawi menggunakan Quthrub

Tashrif Lughawi fi’il Khumasi Shahih yaitu استمع dengan link berikut قطرب | تصريف الفعل استمع (arabeyes.org)

Tashrif Lughawi fi’il Khumasi Shahih yaitu استرجع dengan link berikut قطرب | تصريف الفعل استرجع (arabeyes.org)

Kegunaan Tashrif dari Quthrub ini untuk Tashrif Lughawi. Tashrif Luhghawi secara mudahnya adalah tashrif untuk bentuk kata yang sama tetapi ditinjau dari isim dhomirnya atau ditinjau dari jenisnya, apakah yang mudzakkar atau muannats, atau jumlahnya apakah yang mufrod, tatsniyyah atau jamak (isim).

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa digunakan oleh para guru atau pelajar Bahasa Arab di manapun berada.

DOWNLOAD QUTHRUB UNTUK WINDOWS (KLIK)

Jumal Ahmad | ahmadbinhanbal.com

Tinggalkan komentar