Review Lengkap ACON, the Arabic Conjugator - Tashrif Online Bahasa Arab - JUMAL AHMAD

Review Lengkap ACON, the Arabic Conjugator – Tashrif Online Bahasa Arab

Yale University dalam situs Arabic at Yale ketika menyebutkan tentang resources untuk Arabic Verb Conjugation atau kita kenal dengan Ilmu Tashrif, menyebutkan dua website yang bisa digunakan untuk Tashrif secara online, web tersebut adalah:

  1. Quthrub di tautan https://qutrub.arabeyes.org/, saya sudah lama mengenal Quthrub dan menuliskan reviewnya, saya coba mengenalkan ini kepada para penuntut ilmu yang sudah cukup dasar ilmu Sharafnya, adapun yang masih mengenal dan menghafal Tashrif, saya sarankan hafal dulu baru nanti diperkenalkan aplikasi ini. Beberapa tulisan tersebut bisa diakses di direktori ini https://ahmadbinhanbal.com/?s=quthrub atau lihat video di tautan ini https://youtu.be/eIrYW8XnRa0
  2. موقع لتصريف الأفعال العربية yang dibuat oleh Prof. Azkari al-Husain, websitenya bisa dibuka di tautan ini http://azahou45.free.fr/tasrif/, insya Allah biidznillah akan saya siapkan reviewnya pada tulisan mendatang.
  3. Acon.Baykal di tautan http://acon.baykal.be/, insya Allah kita akan lebih mengenal Acon Baykal di tulisan ini.

Mengenal ACON, the Arabic Conjugator

Apakah Anda seorang pelajar atau penutur bahasa Arab yang berpengalaman, Anda tentu menyadari bahwa konjugasi kata kerja Arab (tashrif) itu sangat rumit. Ada berbagai jenis dan bentuk konjugasi dan aturan tentang akar huruf yang mudah membuat kita kehilangan jejak.

ACON adalah alat referensi kata kerja, didukung oleh Grammar Engine yang secara otomatis mengkonjugasikan kata kerja. Sekali lagi, ini benar-benar mengkonjugasikan kata kerja yang Anda masukkan dengan menerapkan aturan tata bahasa Arab!

Tidak seperti yang disebut konjugator lainnya, ACON tidak bergantung pada daftar konjugasi tetap. Anda cari konjugasi untuk kata kerja yang Anda butuhkan, dan menelusuri daftar “kata kerja serupa” di aplikasi atau buku referensi cetak.

ACON lebih seperti kalkulator yang memungkinkan Anda untuk mengkonjugasikan kata kerja fiksi, sehingga sangat bagus untuk bereksperimen.

ACON tersedia secara ACON Online dan Aplikasi ACON. ACON Online gratis untuk digunakan (http://acon.baykal.be/) tetapi infonya memiliki fungsionalitas terbatas dibandingkan dengan Aplikasi ACON di Playstore. Jika Anda serius ingin belajar bahasa Arab atau jika Anda seorang guru atau profesional bahasa, disarankan untuk mengunduh Aplikasi ACON.

Cara Menggunakan ACON, the Arabic Conjugator

Mari kita coba belajar bersama-sama menggunakan ACON ini, tentunya kita buka dulu link dari ACON ini di http://acon.baykal.be/

Selanjutnya kita perhatikan menu dan ikon yang ada di bagian paling atas; ada ROOT, TYPE, PERFECT VOWEL, IMPERFECT VOWEL dan DISPLAY.

Tampilannya seperti ini.

ACON, the Arabic Conjugator

Kita bahas satu-satu menu-menu di atas.

  1. ROOT – adalah akar atau kata dasar dari kata kerja (فعل)dalam bahasa Arab yang terdiri dari 3 huruf, Huruf pertama disebut disebut Fa’ Fi’il, huruf kedua disebut A’in Fi’il dan huruf ketiga disebut Lam Fi’il. Untuk merubah susunan hurufnya, silakan klik tanda panah ke bawah dan pilih huruf yang nantinya menjadi satu kesatuan kata misalnya ضرب، جلس، شرب. Pada layar sudah tampak default kosa kata كتب yang artinya menulis.
  2. TYPE – dalam pelajaran Tashrif disebut dengan Wazan. Wazan adalah pola dasar dalam ilmu shorof yang terdiri dari 3 huruf asli, sedangkan mauzun adalah kata yang mengikuti wazan dalam hal polanya. Pada Type ini sudah ada beberapa wazan yang menggabungkan tsulasi mujarrod dan tsulaszi mazid yaitu فعل، فعّل، فاعل، أفعل، تفعّل، تفاعل، انفعل، افتعل، افعلّ، dan استفعل. Klik tanda panah ke bawah untuk memilih type atau wazan yang berbeda.
  3. PERFECT VOWEL – yang saya fahami adalah fi’il madhi atau kata kerja lampau dalam bahasa Arab, pada gambar di atas merujuk pada kata كَتَبَ yang bisa kita rubah harakat Ain Fi’ilnya atau huruf kedua menjadi berharokat fathah (كَتَبَ), berharokat kasroh (كَتِبَ), atau berharokat dhommah (كَتُبَ).
  4. IMPERFECT VOWEL – yang saya fahami adalah fi’il mudhari atau kata kerja sekarang atau akan datang dalam bahasa Arab, pada gambar di atas merujuk pada kata يَكْتُبُ yang bisa kita rubah harakat Ain Fi’ilnya atau huruf kedua setelah huruf ya’ menjadi berharokat fathah (يَكْتَبُ), berharokat kasroh (يَكْتِبُ), atau berharokat dhommah (يَكْتُبُ).
  5. DISPLAY – tampilan layar, ada dua pilihan; western dan traditional, keduanya tidak ada pengaruh ke tampilan.

Silakan dicoba-coba menu di atas.

Kita lihat hasil dari Aracbi Conjugator untuk kata كَتَبَ – يَكْتُبُ

Kata Kerja Aktif كَتَبَ – يَكْتُبُ artinya menulis dengan perbedaan dhamirnya

ACON, the Arabic Conjugator

Kata Kerja Pasif كَتَبَ – يَكْتُبُ artinya ditulis dengan perbedaan dhamirnya

ACON, the Arabic Conjugator

Review Lengkap Video Menggunakan ACON, the Arabic Conjugator

Saya membuat video sederhana untuk mengenalkan ACON, the Arabic Conjugator. Isinya masih minim banget karena kurang on time, namun yang sederhana ini semoga bermanfaat. Jika Anda membaca artikel ini, luangkan waktunya untuk menonton meski sebentar.

Sekian review sederhana dari kami, jika ada penjelasan yang kurang atau salah, tolong sampaikan perbaikan di kolom komenter untuk saya perbaiki.

Informasi tentang ACON bisa Anda lihat di tautan ini http://acon.baykal.be/about.php.

Terima kasih

Jumal Ahmad | ahmadbinhanbal.com

Tinggalkan komentar