Salat Jumat di Jagakarsa saat Covid

Masjid di dekat tempat saya tinggal yaitu masjid Al-Hikmah yang terletak di pinggir jalan raya Kahfi 2, Setu Babakan tetap mengadakan salat jumat berjamaah.

Salat dilaksanakan sebagaimana biasa. Karpet masjid pun tetap digelar, berbeda dengan masjid lain yang infonya tetap melaksanakan salat jumat namun tidak menggunakan karpet masjid. Pengurus masjid menjaga sterilisasi jamaah dengan memberikan hand sanitizer bagi setiap jamaah yang akan masuk ruangan masjid. Dua pengurus sudah siap di depan pintu masuk.

Saya tetap ikut salat jumat ke masjid dengan menggunakan protokoler kesehatan saat Covid-19 seperti menggunakan sajadah sendiri, membawa hand sanitizer dan tidak bersalaman. Selesai salat jumat, zikir kemudian salat sunnah dua rakaat dan langsung pulang ke rumah.

Berdasar pengamatan, jumlah jamaah salat Jumat tetap banyak seperti biasa. Masjid penuh.

Khatib Jumat sedikit mengulas wabah Covid-19 yang sedang merebak di DKI dan meminta masyarakat agar menjaga kebersihan dan higienitas. Selanjutnya, mengingatkan bahwa berita media yang banyak berfokus pada Covid-19 membuat kita lupa sudah memasuki tanggal 25 Rajab dan sebentar lagi memasuki tanggal 27 Rajab, hari dimana Nabi Muhammad Saw di Isra’kan oleh Allah Swt.

Jagakarsa berada di zona kuning Covid-19, infonya sudah ada 2 orang yang positif Corona. Orang-orang yang berada di zona kuning atau tidak potensial menularkan virus corona masih diperbolehkan salat berjamaah atau salat jumat.

Namun boleh juga untuk tidak melakukan salat jumat, karena virus corona bisa menjadi uzur atau alasan bagi masyarakat musliim di zona kuning untuk tidak melaksanakan salat Jumat atau berjamaah. Berdasarkan salah satu sumber dari PWNU.

Ikhtiar saya untuk tetap salat jumat berjamaah demi melaksanakan salah satu kewajiban syar’i sebagai umat Islam, disertai usaha membaca wirid dan zikir yang diajarkan Nabi tanpa menyalahkan mereka yang tidak salat jumat. Semoga siapa saja yang hari ini berkesempatan salat jumat di masjid sekitarnya diberikan keamanan dati wabah Corona yang merebak. Amiin. []

Tinggalkan komentar