Tutorial Sarf.one: Aplikasi Tashrif Bahasa Arab Secara Online

Sarf.one – aplikasi tahshrif online sepertinya merupakan pengembangan dari aplikasi sarf yang pernah kami tulis sekitar 10 tahun yang lalu. Sila baca di tautan ini. Hadir dalam versi web yang lebih mudah dioperasikan dimana saja tanpa perlu unduh aplikasinya di hp atau komputer.

Peluncuran aplikasi sarf.one pertama kali saya dapatkan infonya dari tweet Thaha Zaruqi, pengembang quthrub, mishkal, ar-radif, arabic word slider, kamus ar-ramooz.

Berikut bahasan tentang Sarf.one di artikel ini.

Alamat Sarf.One

Sarf.one bisa dikunjungi di tautan ini: https://sarf.one/ dan muncul halaman utama seperti ini.

sarf.one
Halaman utama sarf.one

Gambar di atas adalah tampilan awal dari Sarf.one, sangat simpel sekali dan mudah dipahami.

Aplikasi Sarf.one dapat digunakan untuk dua hal yaitu Isytiqaq dan Tashrif. Sebelum lebih lanjut, kita bahas sedikit tentang pengertian kedua istilah bahasa Arab ini, agar nantinya ketika menggunakan Sarf.one akan lebih mudah kita pahami.

Pengertian Isytiqaq

Pengertian Isttiqaq menurut Amil Badi Ya’qub dalam kitab Fiqhul Lughah wa Khashaishuha yaitu أخذ كلمة من أخرى بتغيير ما مع التناسب فى المعنى. Artinya: “Membentuk kata dari kata yang lain dengan berbagai perubahan, namun tetap memiliki hubungan makna.”

Isytiqaq adalah proses pembentukan kata yang dapat melahirkan beberapa kata. Antara beberapa kata yang dihasilkan melalui proses pembentukan tersebut tetap memiliki makna yang mirip dengan makna kata dasarnya.

Sebagai contoh, dari akar kata ضرب /daraba/ bisa di bentuk kata-kata berikut : ضارب /dârib-un/ “pemukul”, مضروب /madrûb-un/ “yang dipukul‟, مضرب /midrab-un/ “alat pemukul‟, اضرب /idrib/ “pukullah‟, لا تضرب /lâ tadrib/ “jangan pukul‟, dan seterusnya. Walaupun bentuknya berbeda, namun antara satu kata dengan kata yang lain memiliki hubungan makna, yaitu “pukul”.

Pengertian Tashrif

Sedangkan pengertian Tashrif menurut bahasa yaitu perubahan atau perpindahan, dan menurut istilah adalah perubahan atau perpindahan kalimah dari bentuk satu atau asal satu (masdar/fiil madzi) ke bentuk lain yang berbeda-beda karena menghendaki makna yang dituju.

Terlihat dari kedua pengertian di atas, seakan antara tashrif dan isytiqaq tidak ada perbedaan. Persamaan keduanya juga menimbulkan pertanyaan dari para penuntut ilmu, sebagaimana pertanyaan seseorang yang memintakan fatwa kepada Majma’ Al-Lughah Al-Arabiyyah alas Syabakah Alamiyyah yang diketuai oleh Prof. Dr. Muhammad Jamal Shaqr.

Ketika menjawa pertanyaan tentang perbedaan Isytiqaq dan Tashrif, lajnah fatwa ini menjelaskan demikian:

سؤال من: أسامة الشويخي التوزني

سلامٌ عليك..

أريد أنْ توجهوني إلى ما يُمَكِّنُني من التمييز بين التصريف والاشتقاق.

أثابكم الله.

الفتوى (551):

حيا اللهُ السائلَ الكريم.
مما جمعه الدكتور محمد إبراهيم عبادة في ذلك – معجم مصطلحات النحو والصرف والعروض والقافية- أن التصريف هو “جعل حروف الكلمة على صيغ مختلفة لضروب من المعاني، مثل ضرب، ضرب، ضارب، وتضارب، واضطرب. وقيل يراد به تغيير الكلمة عن أصلها من غير أن يكون ذلك التغيير دالاً على معنى طارئ على الكلمة، نحو تغييرهم قول إلى قال، ويشمل ذلك الإعلال والإبدال والنقل (…). وقيل هو علم يتعلق ببنية الكلمة وما لحروفها من أصالة وزيادة وصحة وإعلال وشبه ذلك”- وأن الاشتقاق هو “أخذ لفظ من آخر بشرط مناسبتهما معنى وتركيبًا ومغايرتهما في الصيغة، مثل أكل: آكِل، مأكول، أكُول، مأكل. وقال البصريون إن المصدر أصل الاشتقاق، وقال الكوفيون الفعل أصل الاشتقاق”.

أما نحن فالتصريف عندنا تطبيق علم الصرف الذي هو منهج البحث عن طبيعة بناء الكلمة توصلاً إلى قواعدها الضابطة. والاشتقاق مرحلة أولى من مراحل بناء هذه الكلمة.
والله أعلم!

اللجنة المعنية بالفتوى:

أ.د. محمد جمال صقر
(عضو المجمع)
أ.د. عبدالرحمن بودرع
(نائب رئيس المجمع)
أ.د. عبد العزيز بن علي الحربي
(رئيس المجمع)

Keunggulan Aplikasi Sarf.One

Berikut beberapa keunggulan dari Sarf.One yang bisa saya temukan dan semoga bermanfaat

  • Menampung semua fi’il dalam tsulatsi dan ruba’i dalam bahasa Arab (lebih dari 24.000 kata kerja tsulasi dan ruba’i)
  • Menampung semua mashdar sima’i fi’il tsulatsi (sekitar 14.400 mashdar)
  • Mampu menghasilkan semua kata benda turunan, dan mashdar qiyasi. (lebih dari 80.000 isim musytaq dan mashdar).
  • Menampung semua kaidah nahwu dan sharaf yang terkait dengan derivasi (isytiqaq) dan konjugasi kata kerja (tashrif), kata benda dan mashdar, serta kaidah tashrif musytarak (i’lam, ibdal dan idgham).
  • Menampung semua kaidah penulisan huruf hamzah, baik dalam bentuk fi’il atau isim.
  • Ketepatan dalam penggunaan harakat.

Tutorial Menggunakan Sarf.one

Berikut ini step by step tutorial menggunakan Sarf.One untuk Tashrif online Bahasa Arab

  1. Kunjungi website Sarf One di https://sarf.one/.

    Tuliskan bentuk kata Tsulatsi (tiga huruf) atau Ruba’i (empat huruf) di kolom yang ada. Saya contohkan kata: بدء. Muncul keterangan Tashrif, bentuk fi’il Mujarradnya dan bentuk Muta’adi atau Lazimnya.sarf.one

  2. Bentuk Fi’il Tsulasi Muajrrad, Tsulasi Mazid dengan 1 Huruf, Tsulasi Mazid dengan 2 Huruf dan Tsulasi Mazid dengan 3 Huruf

    Muncul tabel hasil tashrifnya, wazan yang sesuai akan muncul mauzunnya (fi’il), wazan yang tidak sesuai akan ditandai strep di tengah. Contoh Tsulasi Mazid 1 huruf.sarf.one tsulazi mazid 1 huruf

Contoh lain dengan kosa kata ثني bisa dilihat di video pendek berikut.

Keterangan lengkap tutorial menggunakan Sarf.One dari artikel ini sudah saya buatkan di Youtube, jika berkenan silakan disimak dan dilike videonya.

Sekian review awal kami, insya Allah akan kami tambah jika ada update info barunya.

Silakan sampaikan pertanyaan jika ada yang ingin ditanyakan terkait sarf.one. Atau bantu share kepada yang lain khususnya para pelajar yang sedang belajar bahasa Arab, semoga informasi ini bermanfaat.

Terima kasih

Jumal Ahmad | ahmadbinhanbal.com

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *