Siapa Mau Mengajar di Pedalaman Mentawai?

Mahasiswa/i muda dan energik biasanya punya ide segar yang hanya tertuang dalam karya tulis ilmiah, deretan teori dan ilmu yang dipelajari mengambang tanpa implementasi. Siapakah yang tergugah terjun mengabdikan diri, mengamalkan ilmu yang dipelajari? Perlu keberanian besar untuk mau berjuang di tempat terpencil apalagi pedalaman, lebih susah lagi kalau sudah merasa nyaman di ibu kota ­čśů.

Tidak mudah untuk bisa masuk ke pedalaman Mentawai, gambaran sederhana perjalanannya seperti ini, dari Jakarta naik pesawat ke Padang, kemudian dari Padang ke Pelabuhan naik Kapal Mentawai Fast selama 4 jam atau naik Kapal Feri 12 jam sampai di Pelabuhan Siberut, kemudian naik becak motor ke Siberut dari situ biasanya kita memilih waktu sore menuju pedalaman Mentawai yaitu Buttui selama 8 jam perjalanan dengan perahu pompong.

Teman baik saya, Farhan dan Khairul dari UIN Jakarta, punya jiwa besar, rela menunda mengikuti proses wisuda dan mengabdikan diri di Dusun Buttui, Pedalaman Mentawai yang sedang dibangun Aksi Peduli Bangsa.Dalam pengabdiannya mereka mengajarkan banyak hal kepada masyarakat Buttui, mulai dari cara mandi, wudhu, membaca, bermain, bernyanyi, pramuka dan lain sebagainya.

Satu tahun setelah pengabdian, mereka berdua dimudahkan oleh Allah untuk meneruskan jenjang S2-nya, Khairul sekarang sedang kuliah di Aljazair dan Farhan sedang akan apply ke beberapa universitas di Timur Tengah. Mungkin inilah salah satu kemudahan yang Allah berikan kepada hamba-Nya yang membantu saudaranya dalam kesulitan.

Kali ini Aksi Peduli Bangsa mencari talenta muda yang siap memberikan satu tahun waktunya untuk mengabdi di pedalaman Mentawai. Info dan kontak ada di flyer ini. Terima kasih.

Salah satu relawan pendidik yang masuk kriteria di tahun 2017 sukses membuat perubahan di Dusun Buttui, salah satunya dengan membantu mendaftarkan PAUD Bakti Bangsa ke diknas Padang dan mendapatkan izin operational.

IMG-20180706-WA0027

Update Juli 2018

Broadcast pencarian guru Agama Islam di Buttui.

IMG-20180727-WA0000

Assalamualaikum wr wb

Kami membutuhkan tenaga GURU AGAMA ISLAM tingkat SD untuk ditempatkan di pedalaman Kepulauan Mentawai.

Bagi yang berminat
Hubungi

Rina +628179997915
Jumal +62813 1412 6287
Obi +6281311011822
Arifin +63811940969

Wassalamualaikum wr wb

#pedulimentawai
#gurupedalaman

Pembangunan sosial pendidikan di Pedalaman Mentawai.

11 pemikiran pada “Siapa Mau Mengajar di Pedalaman Mentawai?”

  1. Waalaikum Salam wr wb.
    Jika cocok langsung diberangkatkan.
    Sudah ada 1 Relawan berangkat 1 bulan yang lalu.

    Membantu APB merintis PAUD Bakti Bangsa di Pedalaman Mentawai

Tinggalkan komentar