Tarteel, Aplikasi AI untuk Membaca, Menghafal dan Mencari Ayat Al-Quran

Tartil (bahasa Arab: ترتيل‎) merupakan sebuah bentuk aturan dalam pembacaan Al-Qur’an yang berarti membaca Al-Qur’an secara perlahan dengan tajwid dan makhraj yang jelas dan benar. Allah mewajibkan umat Muslim untuk membaca Al-Qur’an dengan tartil sebagaimana firman Allah: “Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan tartil.” (QS. Al-Muzzammil: 4).

Berdasarkan ayat di atas, aplikasi AI Tarteel dibuat oleh beberapa programmer muslim yaitu Abdellatif Abdelfatah seorang software enginer di Twitter, Ali Abdallah menchanical enginer di Tesla, BaHaa Jr software enginer, Mohamed Omran software developer di Fixed Solutions kemudian Abu Bakar Abid dan Ali Abid keduanya PhD di Stanford University.

Keunggulan Tarteel

Ada keunggulan dari Tarteel yang ditunjukkan developer yaitu Recite, Memorize, and Search the Quran yaitu membaca, menghafal dan mencari ayat Al-Quran.

Recite (Membaca)

Fitur recite (membaca) memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan secara langsung bacaan Al-Quran yang didukung oleh Artificial Intelligence terbaru. Algoritma mengikuti kata demi kata pengguna dan menyoroti bagian yang mereka baca. Sangat membantu ketika pengguna membaca Al-Quran dan ingin mendapatkan petunjuk posisi bacaan dan atau mengikuti Imam atau rekaman audio.

Font Al-Quran sudah sesuai dengan mushaf standar yaitu mushaf Usmani atau cetakan Al-Quran madinah.

Memorize (Menghafal Al-Quran)

Seseorang sudah menghafal beberapa surat dalam Alquran, misalnya juz 30 dan juz 29. Ketika mendengar bacaan Alquran dari seseorang atau audio mp3, seringkali kita ingat ayat tersebut, tapi tidak 100%. Ayat berapa dan surat apa kita terlupa.

atau dalam kasus lain, ketika mengulang hafalan sering sekali kita menoleh lembaran Al-Quran untuk mengetahui ayat yang selanjutnya kita baca. Menggunakan Tarteel, kita dimudahkan untuk meninjau dan mempraktikkan hafalan Alquran mereka. Aplikasi melakukannya dengan menyembunyikan semua kata yang belum diucapkan, dan menyingkapkannya saat pengguna mengucapkannya. Fitur tersebut, membantu sangat membantu pengguna dalam mengulang hafalan Al-Quran dan bahwa pengguna tidak merusak hafalan mereka dan membaca bagian yang tidak mereka baca.

Search the Quran (Mencari Ayat Al-Quran)

Tarteel adalah aplikasi yang menggunakan AI untuk mendengarkan pembacaan Quran dan mengidentifikasi Ayat yang Anda baca. Tarteel menggunakan model speech-to-text kemudian melakukan pencarian teks untuk menemukan kecocokan ayat. Jika ayat tidak cocok maka pencarian berhenti atau dihasilkan kata mirip dengan kalimat yang kita ucapkan.

Aplikasi Tarteel bisa membantu kita mencari ayat tersebut dan memberikan daftar kata yang kita cari dalam seluruh ayat Alquran. Hasil dari pencarian adalah katalog ayat dan surat Alquran.

Tarteel bisa digunakan untuk mencari ayat Al-Qur’an dengan cara merekam ayat yang kita baca. Jika pengucapan kita sesuai, maka akan muncul tulisan dari bacaan yang kita rekam. Hasil pencarian penggalan ayat ini ada di beberapa surat yang ditampilkan dalam kompilasi daftar ayat. Selain sebagai alat mencari (search engine), Tarteel juga bisa digunakan membantu menghafal Al-Qurán dengan merekamnya.

Aplikasi sederhana ini bisa dimanfaatkan guru tahfidz Alquran atau santri Tahfidz untuk mengulang hafalannya.

Tarteel Versi 4: Algoritma lebih cepat, Terjemah Al-Quran dan hal menakjubkan lainnya

Jika Anda baru pertama kali mengetahui tentang Tarteel, ada baiknya Anda membaca terlebih dahulu postingan saya sebelumnya tentang Tarteel, Aplikasi AI untuk Membantu Membaca dan Menghafal Al-Quran. Disitu saya sebutkan tiga kelebihan dari Tarteel yaitu Recite, Memorize, and Search the Quran yaitu membaca, menghafal dan mencari ayat Al-Quran.

Sebagaimana disebutkan pengembang yaitu Abdellatif Abdelfattah bahwa misi Tarteel adalah untuk memudahkan umat Islam belajar membaca firman Allah (SWT) dan memberikan orang-orang yang memiliki akses terbatas kepada Imam dan Syekh sebuah sarana untuk menjaga hubungan mereka dengan Allah (SWT) dan kitab-Nya.

Kita doakan agar team pengembang Tarteel dimudahkan urusannya dan mendapatkan pahala yang besar, Amiin.

Umat Islam butuh pemuda-pemuda seperti ini, meskipun sudah menempati posisi bekerja di tempat yang fantastik seperti Twitter dan Tesla, tapi mereka tetap berjuang untuk berbuat apa yang mereka bisa untuk Islam, dalma hal ini mereka membuat aplikasi untuk memudahkan memnaca Al-Quran. Jika banyak orang yang membaca Al-Quran karena aplikasi ini, maka pahala besar juga untuk mereka para pengembang.

Tarteel sudah sampai ke versi ke-4, pada versi ini ada beberapa tambahan atau update dari Tarteel yaitu Algoritma lebih cepat, Terjemah Al-Quran, font Al-Quran dan Live Correction.

Algoritma lebih cepat

Kelebihan Tarteel adalah ketika Anda membaca Al-Quran, algoritma Tarteel mencocokkan ayat demi ayat yang dibaca dengan menyoroti bagian yang sedang dibaca.

Di versi ke-4 ini, algoritma di atas sudah diperbaiki dimana akurasi pencocokan (matching) sudah sampai 98%, pencocokan pun berjalan dengan cepat seperti real time. Ada repetisi yaitu mengulang ayat atau kata menyesuaikan yang dibaca. Dan terakhir adalah dukungan aksen, algoritma tarteel sekarang memiliki dukungan berbagai aksen yang berbeda, mengenali pelafalan meskipun Anda bukan penutur asli Arab.

Terjemah Al-Quran

Terjemah Al-Quran sudah ada, pada versi ini baru pada terjemah Al-Quran dalam bahasa Inggris. Semoga ke depan bisa ditambah terjemah Al-Quran dari bahasa lain termasuk bahasa Indonesia yang merupakan pendudukn muslim terbesar di dunia.

Gambar di bawah sebelah paling kiri adalah tampilan ayat Al-Quran dan terjemahnya. Perubahan untuk menampilakn atau tidak terjemah Al-Quran ada di bagian pengaturan.

Image for post

Indopak dan Font Adaptif

Tarteel memperbaruin font Al-Qurannya dengan beberapa pilihan selain font mushaf Usmani sesuai dengan penulisan Al-Quran yang sudah umum.

Font tersebut adalah rasm Indopak yang yang familiar bagi mata orang Indonesia. Font ini sudah dipakai di Aplikasi Al-Quran Android Indonesia.

Kemudian ada adaptive font yang bisa dirubah-rubah. Pengaturan perubahan ini ada di bagian pengaturan.

Live Correction

Ini update yang sangat menarik bagi saya yaitu live correction, kita membaca Al-Quran di Tarteel dan aplikasi menyoroti kesalahan tajwid dan hafalam kita.

Selain update di atas, menjelang Ramadan 2021, team Tarteel melakukan beberapa pembaruan di aplikasi Tarteel, di antaranya:

Pembaruan Home Screen

banyak pengguna awal termasuk saya sendiri kebingungan dengan apa yang harus dilakukan ketika membuka Tarteel. Edisi baru ini Tarteel lebih disederhanakan dengan menampilkan dua icon saja yaitu mic untuk mulai membaca dan alquran untuk navigasi ayat Al-Quran.

Copy dan Share

Poin baru di Tarteel untuk Anda bisa meng-copy dan share ayat, terjemah dan tafsir ke wa, telegram atau sosial media lainnya.

Terjemah Bahasa Dunia

Sudah ada terjemah ke beberapa bahasa dunia seperti Inggris, Perancis, Urdu dan India.

Lebih lengkap tentang Tarteel, sila merujuk tautan berikut; https://blog.tarteel.ai/

Demo Tarteel

Berikut demo dari Tarteel untu membaca dan menghafal

Info dan Download

Lebih lengkap tentang Tarteel, sila merujuk tautan berikut; https://www.tarteel.io/about.

Tautan unduh

Bagaimana tanggapan Anda tentang aplikasi Tarteel ini?

Silakan tulis komentarnya di kolom komentar di bawah.

Terima kasih

Jumal Ahmad | ahmadbinhanbal.com

3 pemikiran pada “Tarteel, Aplikasi AI untuk Membaca, Menghafal dan Mencari Ayat Al-Quran”

Tinggalkan komentar