Review Lengkap Tashrif Reverso – Arabic Verb Conjugator

Tashrif Reverso – Arabic Verb Conjugator – Tashrif/tasrif atau conjugation adalah perubahan sistem perubahan bentuk kata dalam bahasa Arab. Bagi yang telah belajar bahasa Arab, istilah Tasrif sudah menjadi biasa.

Di website ini saya kumpulkan review aplikasi dan website yang bisa digunakan para daris (pembelajar) bahasa Arab untuk memudahkan tashrif. Software atau aplikasi ini tidak dimaksudkan untuk santri yang masih belajar dasar nahwu atau tashrif, karena sebagaimana nasehat guru saya, kalau untuk daris awal bahasa Arab diajarkan ini akan membuat mereka malas.

Jika para santri sudah memiliki dasar tashrif, sila gunakan aplikasi-aplikasi ini, sebagai refreshing pembelajaran tasrif dan mengenalkan mereka bahwa tashrif sudah sampai ke kemajuan teknologi. Saya pun pernah menggunakan beberapa aplikasi yang saya review untuk mengajarkan tashrif di kelas.

Beberapa aplikasi/web tashrif yang sudah saya review di antaranya:

  1. Sarf.One
  2. ACON
  3. Mauqi’ Tashrif Af’al Arabiyyah oleh Azkari Husein

Website Tasrif Reverso yang akan kita review ini akan semakin memudahkan daris (pembelajar) Tasrif menguasai bahasa Arab, baik kata kerja dasar, kata kerja turunan, fi `l mu` tall dan lainnya. Reverso Memuat Tasrif Tasrif fi `l madhi mudhari` dan ‘amr.

Sebelum ke reviewnya, kita kenali dulu perushaan Reverso yang membuat aplikasi ini.

Perusahaan Reverso dan Pendirinya

Reverso adalah pemain lama dalam perusahaan bahasa khususnya berbasis AI, alat terjemahan, dan layanan bahasa. Termasuk terjemahan online berdasarkan NMT, kamus kontekstual, tata bahasa alat konjugasi. Bertempat di Prancis.

Reverso didirikan oleh Théo Hoffenberg pada tahun 1997, enginer lulusan École Polytechnique di Paris yang sangat meminati bahasa. Untuk menyimak kisah perkembangan awal Reverso oleh pendirinya, sila baca dan simak podcast dari Slator ini.

Cara Menggunakan Reverso untuk Tashrif Online

Selanjutnya kita langsung ke pembahasan cara menggunakan reverso untuk tashrif online. Jika Anda orang yang lebih suka melihat (visual) daripada membaca, sila simak penjelasan Tasrif Reverso di video berikut.

Tampilan Reverso

Buka link ini untuk menuju website tasrif reverso

  • Ini adalah taskbar dimana Anda bisa menuliskan kata yang ingin Anda Tashrif-kan. Ada bantuan keyboard online yang bisa digunakan untuk menulis bahasa Arab dan bahasa lainnya
tasrif reverso taskbar

  • Setelah selesai menuliskan kata yang ingin ditashrif, klik صَرِّف
tombol tashrif di reverso
  • Disebelah kiri ada informasi fi’lul yaum yang bisa kita klik untuk melihat tashrif dan macam-macam kata yang paling banyak dicari tashrifnya.
kosa kata di tasrif reverso

Tashrif kata دخل

Saya coba memasukkan di taskbar kata دخل

  • Tuliskan kata yang ingin di tashrif, misal دخل
  • Ada audio untuk pelafalan kata yang ditandai tanda suara.
  • Disampingnya muncul keterangan muradif/persamaan kata dari kosa kata yang sedang kita cari.
  • Bentuk tashrif Reverso ada 3 yaitu Madhi, Mudhari’ dan Amr
taskbar di reverso

Tahsrif Fi’il Mabni Ma’lum di Reverso

  • Struktur kalimat dalam tata bahasa Arab biasanya terdiri dari fi’il, fa’il, dan maf’ul. Jika sebuah kalimat menyebutkan fa’ilnya disebut Mabni Ma’lum dan kalimat yang fa’ilnya tidak disebutkan disebut Mabni Majhul.
  • Tabel reverso ini menyebutkan bentuk Mabni Ma’lum dalam bentuk Madhi (tulisan tertutup iklan), Mudhari’ dan Amr.
  • Pada Tabel, Fail ditulis dalam warna abu-abu: أنت، هو، هي, هم dan lainnya, Kata kerja dalam warna biru.
fi'il mabni ma'lum

Tahsrif Fi’il Mabni Majhul di Reverso

  • Setelah sebelumnya kita belajar Fi”il Mabni Ma’lul yaitu kata kerja aktif atau kata kerja yang diketahui subjek/pelakunya kini kita belajar Fi’il Mabni Majhul untuk Madhi, Mudhari dan Amr
  • Cara membuat fi’il majhul untuk fi’il madhi dengan mengkasrah huruf sebelum terakhir dan mendhammahkan semua huruf mutaharrik (huruf hidup) sebelumnya.
  • Cara membuat fi’il majhul untuk fi’il mudhari’ dengan mendhammahkan huruf pertamanya dan mengkasrah huruf sebelum terakhirnya.
fi'il mabni ma'lum di reverso

Membuat Isim

  • Di bagian paling bawah, kita bisa melihat hasil dari bentuk Isim untuk kosa kata yang kita cari. Bentuk Isim yang ada yaitu Isim Fail, Isim Maf’ul dan Isim Mashdar.
membuat isim di reverso

Tashrif Reverso di Tampilan Handphone

Bagi Anda yang ingin menggunakan Tashrif Reverso di Handphone juga bisa, berikut beberapa tampilan dan contoh Tashrif Reverso yang kami ambil dari tutorail Abu Hafshoh.

tashrif reverso dari handphone
tashrif reverso dari handphone-01
tashrif reverso dari handphone-03

Sekian tutorial dari kami, semoga bermanfaat. Jika ada informasi yang kurang, insya Allah akan ditambahkan di tulisan ini. Semoga bisa menjadi rujukan bersama.

Tinggalkan komentar