Tentang Saya

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamu’alaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh,

Segala puji hanya bagi Allah. Saya memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan kepada-Nya. Saya berlindung kepada Allah dari kejahatan diri saya pribadi dan kejelekan amal perbuatan saya. Barangsiapa Allah beri petunjuk, maka tiada yang dapat menyesatkannya. Dan barangsiapa Allah sesatkan, maka tiada yang dapat memberinya petunjuk.

Saya bersaksi bahwa tiada illah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Dan saya bersaksi bahwa Muhammad shalallahu alaihi wa sallam adalah hamba dan Rasul-Nya.

Semoga salawat dan salam senantiasa tercurah kepada uswah hasanah, penghulu dan penutup kenabian, pembawa cahaya, insan kamil, Rasul Muhammad shalallahu alaihi wa sallam beserta keluarga, seluruh sahabat yang pernah berjumpa dan membenarkan serta beriman terhadap risalah beliau, ulama, cendekia dan ilmuwan penerus dakwah beliau, dan seluruh umat beliau yang istiqamah di atas risalahnya hingga Hari Akhir kelak. 

*****

Kata orang, tak kenal maka tak sayang. Jika diibaratkan blog ini adalah sebuah rumah dan saya adalah tuan dan pemilik rumah, dalam dunia realitas tentu tamu yang memperkenalkan diri terlebih dahulu kepada tuan rumah. Tapi dalam dunia virtual terjadi berkebalikan. Untuk keterbukaan dan tanggung jawab terhadap informasi yang disampaikan, dunia virtual menuntut tuan rumah memperkenalkan diri terlebih dahulu kepada tamu-tamu yang berseliweran dalam lalu lintas informasi. Karenanya izinkan saya memperkenalkan diri.

Saya Jumal Ahmad bin Hanbal As-Suyuthi. Hambali adalah nama bapak saya dan Sayuti adalah nama kakek dari jalur bapak. Lahir dari sebuah keluarga sederhana di kaki Gunung Sumbing, Jawa Tengah di sebuah desa bernama Adipuro, terletak 1500 Mdpl dan sudah tidak ada lagi desa di atasnya.

Memiliki minat dalam bidang pendidikan dan pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam. Beberapa teman pendidikan yang sedang dipelajari adalah critical thinking, meta-level reflection, self regulated learning, termasuk child centered education dan parenting.

Saat ini aktif di Islamic Character Development dengan menulis tema-tema pengembangan karakter dan Yayasan Aksi Peduli Bangsa yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan di Pedalaman Mentawai dan mengkoordinir dai yang dikirim berdakwah di Pedalaman.

Blog mulai dibuat pada tahun 2010 atas saran dari Ust. Zain An-Najah untuk menyimpan tulisan-tulisan kuliah dalam bentuk blog agar tersimpan terus dan alhamdulillah terus bertahan sampai sekarang.

Saya tutup perkenalan singkat ini dengan doa teruntuk kedua orang tua dan istri yang telah merawat dan menghangatkan saya, serta para guru dan kawan yang telah menggali dan mengukir pemahaman saya. Semoga Allah merahmati beliau semua, mengampuni dosa-dosanya, menunjukinya kepada jalan kebenaran dan kelak memasukkannya ke dalam jannah dari pintu mana saja yang diinginkan. 

Billahi taufiq wa al-hidayah,

Wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Profile sederhana saya bisa dilihat di bawah ini.

Curriculum Vitae

Latar Belakang Pendidikan

  1. TK Al-Islam Desa Adipuro
  2. MI Al-Islam Desa Adipuro
  3. SMP Muhammadiyah Kaliangkrik
  4. Madrasah Aliyah Nurul Hadid
  5. D3 Pesantren Tinggi Al-Islam
  6. S1 Jurusan Tarbiyah STIT INSIDA Jakarta
  7. S2 Pengkajian Islam Jurusan Pendidikan di SPs UIN Jakarta

Pengalaman Tugas Akhir

  1. Karya tulis bahasa Indonesia di PT Al-Islam berjudul : Pandangan Islam Liberal terhadap Al-Quran; Studi Komparatif Konsep Al-Quran Islam Liberal dengan Muktazilah.
  2. Karya tulis bahasa Arab di PT Al-Islam berjudul : Minhaj wa Ara’ Ibnu Taimiyyah fi Tafsiril Quran
  3. Karya tulis Skripsi di STIT INSIDA berjudul : Efektifitas Pembelajaran Al-Quran dengan Metode Pakistan di Pesantren Tahfidh Bina Qolbu, Cisarua, Bogor.
  4. Karya tulis Tesis di SPs UIN Jakarta berjudul: Religiusitas, Refleksi dan Subjektivitas Keagamaan: Studi Kasus Mahasiswa FITK UIN Jakarta.

Pengalaman Kerja

  1. Guru di Pesantren Darur Robbani Semarang (1 tahun)
  2. Guru di MA Nurul Hadid (1 tahun)
  3. Instruktur Tahfidh di Pesantren Bina Qolbu, Cisarua
  4. Pengurus Dan Admin di Akademi Thibbun Nabawi (Athin) Bekasi
  5. Kontributor fimadani.com dan darulkautsar.net Malaysia
  6. Pengurus bagian Kurikulum di Rumah Cinta Quran Bintaro
  7. Konseptor di Islamic Character Development Jakarta
  8. Asisten Sekretaris di Yayasan Aksi Peduli Bangsa Jakarta

Pengalaman Organisasi

  1. Ketua Organisasi Santri Pesantren Luqman Al-Hakim
  2. Bagian Bahasa Organisasi Santri di MA Nurul Hadid
  3. Bagian Tamu UKM PT Al-Islam
  4. Editor Buletin Al-Islam
  5. Ketua Buletin Al-Islam
  6. Pengurus Athin
  7. Kontributor

Pelatihan/ Kursus

  1. Pelatihan web dan hacking di MA Nurul Hadid
  2. Daurah Ilmu syar’i di PT Al-Islam
  3. Daurah Kristenisasi
  4. Peserta Konferensi Tahfidh Dunia di Masjid Istiqlal
  5. Pelatihan dan Seminar bersama Aksi Peduli Bangsa
  6. Pelatihan dan Seminar bersama Islamic Character Development
  7. Kuliah Umum di Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta

Publikasi

Blog

https://ahmadbinhanbal.com/