Tips dan Trik Pinterest 2021

Pinterest pertama kali didirikan oleh Ben Silbermann, Paul Sciarra dan Evan Sharp. Pengembangannya pertama kali dicetuskan pada bulan Desember 2009, dan kurang lebih setahun setelahnya (Maret 2010) layanan Pinterest memasuki fase beta tertutup yang penggunaannya baru terbatas untuk kalangan tertentu saja. Di bulan kesembilan setelah peluncuran, Pinterest mempunyai pengguna sebanyak 10.000 orang.

Berkembang pesat, Ben kemudian menghadirkan aplikasi berbasis iOS pada bulan Maret 2011 yang secara efektif mendongkrak popularitas Pinterest di antara gemerlapnya Facebook. Namun di bulan April 2012 Pinterest resmi mencopot sistem undangan untuk anggota baru yang disambut baik oleh jutaan orang yang sudah lama menunggu untuk mendaftar. Dalam waktu singkat pengguna Pinterest melejit hebat, walhasil menurut Experian Hitwise, di tahun yang sama Pinterest mengklaim posisi ketiga tepat di belakang Facebook dan Twitter sebagai jejaring sosial terbesar di Amerika Serikat.

Berkembang sedemikan apik, Pinterest yang bermarkas di San Francisco, California, Amerika Serikat kemudian mendapatkan pendanaan sebesar $225 juta pada tahun 2013 yang secara otomatis mendongrak nilai situs yang diperkirakan senilai $3,8 miliar. Ekspansi pun dilakukan, beberapa di antaranya dengan membeli Livestar, Hackermeter dan Hike Labs.

Meski fitur dan layanan yang ada memberikan fungsi untuk berjejaring dengan pengguna lain, Ben sendiri menggambarkan Pinterest sebagai ‘catalog of ideas‘ alih-alih sebagai jejaring sosial dalam wawancara dengan Fortune.

Mengenal Pinterest

Pinterest merupakan virtual pinboard yang memungkinkan Anda untuk membuat koleksi atau album foto. Uniknya, koleksi maupun album tersebut bisa Anda buat dari hasil unggahan Anda sendiri atau dari kumpulan gambar pengguna lain yang Anda temukan di Pinterest.

Platform media sosial ini bisa Anda gunakan di perangkat PC maupun ponsel. Fleksibilitas penggunaannya inilah yang membuat Pinterest populer dan memiliki banyak pengguna hingga detik ini.

Pinterest banyak digunakan untuk membuat keputusan barang yang mau dibeli, melihat produk suatu brand dan atau memulai projek baru. Bagi pemilik blog seperti saya, pinterest digunakan sebagai ladang mendulang traffik kunjungan ke blog.

Istilah-Istilah yang ada di Pinterest

  1. Pin: Gambar yang kita lekatkan pada Pinboard Pinterest, Dalam PIN kita bisa menyisipkan link blog. Jadi sebgai media promosi blog juga.
  2. Pinner: User yang melakukan penempelan (pin) atau tempel ulang gambar (repin)
  3. Pinning: Upaya untuk melekatkan sebuah gambar pada papan Pinterest
  4. Pin It Button: Tombol Pin yang bisa kita letakkan di blog atau website
  5. Repin: tindakan membagikan pin pengguna lain

Tips Awal Membuat Pinterest

Buat Username yang jelas

Seperti sosial media lainnya, kita bisa daftar akun langsung dari webnya, klik saja tautan ini https://id.pinterest.com/. Kalau sudah daftar, Anda bisa langsung mengkoneksikan ke akun yang lain seperti Twitter atau Instagram atau cukup dari email dan koneksikan nanti.

Di Pinterest, ada dua nama yang perlu Anda ketahui: nama pengguna dan nama tampilan Anda. Nama pengguna Anda adalah yang akan digunakan di URL halaman Pinterest Anda (www.pinterest.com/username), tetapi bukan nama yang ditampilkan di profil Anda. Dalam hal ini, nama pengguna dan nama tampilan profil Pinterest saya sama; https://id.pinterest.com/jumalahmad/_created/.

Nama profil akan lebih mudah jika disamakan dengan akun sosmed lain, ini akan mempermudah anda atau orang lain mengenal.

Buat Profil yang menarik

Foto profil bisa berupa foto close up Anda atau sesuatu yang menunjukkan anda berbeda dari yang lain, khususnya sebuah perusahaan, logonya bisa dipasang diprofil, dengan latar belakang putih akan membuat foto profil semakin jelas.

Tambahkan juga keterangan profil Anda yang menujukkan siapa anda, passion dan antusias.

Tips Awal Membuat Pin di Pinterest

Upload Pin

Jika ada foto yang ingin Anda unggah ke Pinterest, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan fitur unggah. Buka halaman utama Pinterest dan klik tombol “Create” di bagian tengah dan klik “create Pin” untuk menambahkan pin atau Idea Pin untuk unggah caroseoul foto dan vide. Klik “tanda panah ke atas” untuk unggah file di sudut kiri.

Anda dapat menambahkan pin dengan menempelkan URL situs web atau dengan mengunggah foto dari komputer atau handphone.

Anda juga bisa membuat Idea pin yang nantinya akan muncul di bagian paling atas profil. Di Idea pin anda bisa menggabungkan foto dan video dengan jumlah 20 slide foto dan video berdurasi maksimal 60 detik.

Ini tampilan idea pin saya yang berisi pengalaman foto dan video di pedalaman Mentawai.

Membuat Board

Membuat board atau papan dapat dilakukan secara mudah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke akun Pinterest
  2. Klik foto profil di pojok kanan atas halaman untuk membuka profil Anda
  3. Klik ikon plus di sebelah kanan layar Anda, di samping ikon filter
  4. Pilih Papan
  5. Masukkan nama untuk papan Anda dan klik bidang di bawah Tanggal untuk menambahkan tanggal akhir atau rentang tanggal
  6. Geser tombol Rahasiakan papan ini jika Anda ingin merahasiakannya
  7. Klik Buat

Pinterest bisa Anda manfaatkan tidak hanya untuk memasang foto produk saja, melainkan dapat dimanfaatkan agar lebih interaktif. Hal ini memungkinkan para pengguna Pinterest mampu berkomunikasi secara langsung melalui fitur komentar pada postingan Anda.

Contoh board saya banyak berisi kumpulan pin tentang quote inspirasi dan pembangunan akhlak, selain itu board khusus dari blog saya.

Contoh lain, jika Anda tengah menjalankan bisnis desain. Anda bisa memanfaatkan Pinterest untuk memajang karya desain Anda. Kelompokkan tiap jenis berdasarkan tema tertentu, kemudian buatlah pula tutorial atas sebagian desain Anda, bisa dalam bentuk foto, infografis, atau video. Tayangkan semuanya di board Anda, izinkan pengguna untuk memasang pin pada desain yang mereka sukai. Selain itu, jawablah komentar, pertanyaan, atau tanggapan dari pengguna lain yang mengunjungi board Anda.

Jika ada pin dari akun yang anda sukai, bisa di repin dan dimasukkan ke board. Secara langsung pin akan masuk ke board anda.

Rubah ke Akun Pinterest Bisnis

Ada sejumlah kelebihan yang menjadikan akun Pinterest bisnis patut dipertimbangkan untuk dipilih, antara lain fitur analitik yang memungkinkan Anda memantau berapa jumlah pin yang dibagikan ulang, klik ke tautan, view dan lain sebagainya.

  1. Login seperti biasa ke Pinterest, kemudian klik profil kemudian klik ikon pensil di laman Pin yang tampil di layar. Menu ini akan menghantarkan Anda ke halaman profil.
  2. Di halaman profil, klik Pengaturan Akun – Konversikan Akun.
  3. Muncul jendela popup tentang alamat email yang tampil otomatis di form. Jika yakin ingin lanjut, klik Lanjutkan.
  4. Selesai, akun Pinterest Bisnis Anda sudah jadi.

Jika sudah membuat akun bisnis, ada fitur analitik yang memungkinkan Anda memantau berapa jumlah pin yang dibagikan ulang, klik ke tautan, view dan lain sebagainya.

Ini contoh pantauan tampilan yang bisa saya lihat di akun saya.

Tips Download Foto dan Video di Pinterest

Untuk men-download foto dan video dari Pinterest, Anda tidak butuh aplikasi apapun, bisa dari desktop ataupun smartphone.

  • Silahkan buka situs Pinterest kemudian login seperti biasa ke akun Anda. Berbeda dengan banyak layanan, di Pinterest Anda hanya bisa menjelajah isinya saat dalam kondii login. Jadi, Anda wajib punya akun terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, cari foto dan video yang menarik di sana.
  • Kemudian salin URL yang ada di browser.
  • Buka tab baru, kemudian salin tautan ini (https://www.expertsphp.com/pinterest-video-downloader.html) dan paste-kan.
  • Setelah situs terbuka, paste link video Pinterest yang tadi sudah Anda buka.

Sekian tips dan trik dari kami, insya Allah akan terus dilengkapi.

Tinggalkan komentar