Udzkuruni, Mendekatkan Alquran untuk Tunanetra Lewat Jemari

Senang sekali kali ini saya bisa update lagi informasi tentang perkembangan teknologi islami khususnya tentang Alquran. Pada postingan beberapa bulan lalu saya pernah memberikan info aplikasi Alquran buatan anak Indonesia dari Andi UNPAM yang disebut Aplikasi Alquran Indonesia. Aplikasi ini sangat membantu kita untuk membaca, menghafal dan mengulang Al-Quran.

Selanjutnya, ada komentar pembaca tulisan di atas yang memberikan informasi terbaru tentang aplikasi Udzkuruni dari mahasiswa UNAIR yang berguna untuk membantu membaca Alquran bagi orang tunanetra dan memenangkan lomba kategri desain Alquran pada Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQM) di Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) Banda Aceh 27 Juli hingga 4 Agustus 2019 yang lalu.

Aplikasi ini bermula dari kendala seorang instruktur baca tulis Alqurnan yang memiliki disabilitas netra pada saat memberikan pelatihan dan biaya yang tidak sedikit untuk mencetak modul braille, maka dibuatlah inovasi ini untuk mempermudah mempelajari Al Qur’an.

Sebagaimana Alfian, mahasiswa Antrolopogi UNAIR yang menjadi pengajar Alquran braile dan trainer pelatihan baca tulis Alquran Braile di Jawa Timur.

Uzkuruni adalah aplikasi berbasis android dengan fitur utama untuk belajar huruf hijaiyyah braile yang dilengkapi suara dan getaran juga telah disesuaikan bagi penyandang tunanetra agar mudah mengoperasikan aplikasi tersebut. Sertam fitur tambahan berupa murattal surat-surat Alquran dan evaluasi belajar sebagai pendukung.

Aplikasi Udzkuruni digunakan untuk belajar Al Qur’an bagi disabilitas netra dengan beberapa kelebihan:

  • Menghafal pola huruf Hijaiyah menggunakan talkback yang ada di smartphone.
  • Belajar huruf braile di manapun.
  • Mengganti cara belajar huruf braile yang konvensional.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Sumber berita: http://news.unair.ac.id/2019/08/07/tiga-mahasiswa-unair-ciptakan-desain-aplikasi-al-quran-ramah-disabilitas-netra/

Fitur Udzkuruni
belajar huruf hijaiyyah dengan getaran
ada murattal alquran

Tinggalkan Balasan