Gunakan 6 Website ini untuk Memberi Harakat Otomatis Tulisan Bahasa Arab Gundul

Bahasa Arab memiliki kekhasan sendiri yang tidak dimiliki oleh bahasa yang lain.

Salah satunya adalah dalam masalah harakat atau  tanda baca.

Selesai menulis huruf bahasa Arab di komputer atau HP tidak otomatis ada harakatnya kita perlu memasukkan harakatnya agar bisa dipahami orang lain.

Masalah salah dan keliru kalimat bahasa Arab akibat salah harakat ini adalah yang pertama kali mendasari Abul Aswad Ad-Duali untuk membubuhkan harakat dan tanwin dalam kalimat bahasa Arab, kemudian beliau tuliskan dalam sebuah buku sebagai pengantar dalam meluruskan kesalahan bacaan yang umumnya ada di masyarakat.

Setelahnya ada Khalil bin Ahmad al-Farahidi yang mengembangkannya dengan menambah beberapa harakat yang diambil dari huruf. Lebih lanjut sila baca Sejarah Harakat dan Tanda Titik Huruf di Al-Quran.

Cara memberi harakat pada tulisan Arab sebenarnya mudah.

Biasanya yang saya lakukan adalah menuliskan hurufnya kemudian langsung saya berikan harakatnya agar bisa langsung dibaca hasilnya, ada beberapa shortcut harakat Bahasa Arab yang bisa digunakan di antaranya:

  • Shift + Q = Fathah
  • Shift + E = Dhammar
  • Shift + A = Kasrah
  • Shift + X = Sukun
  • Shift + W = Fathah Tanwin
  • Shift + R = Dhammah Tanwin
  • Shift + S = Kasrah Tanwin dan
  • Shift + ~ = Tasydid. Silakan kunjungi tutorial menggunakan Shortcut Harakat.

Jika Anda repot dan kesulitan menulis harakat di Keyboard.

Atau bagi Anda yang sudah bisa menulis harakat di keyboard tetapi ingin lebih cepat dan lebih meringankan pekerjaan, bisa Anda gunakan rekomendasi 6 website untuk memberi harakat bahasa Arab dengan mudah.

Website-website ini mampu memberikan harakat kalimat bahasa Arab dengan ketelitian yang sangat bagus.

1. Mishkal

Mishkal dibuat oleh tiga developer muslim yaitu Taha Zerrouki, Ziouche Walid dan Sohaib Afifi. Anda bisa menggunakan Mishkal di websitenya dengan tampilan seperti ini.

Tampilan awal Mishkal
Tampilan awal Mishkal
Link Website Mishkal

Langkah pertama, siapkan teks yang ingin Anda lakukan Tasykil online, simpan di word atau notepad, selanjutnya masuk ke halaman awal Mishkal.

Pastekan teks tadi ke kotak nomor 1 kemudian klik تشكيل dan hasilnya akan muncul di kotak nomor 2. Setelah keluas hasil dari Mishkal, kita bisa melakukan edit harakat pada huruf yang tidak sesuai harakatnya, Mishkal memberikan beberapa sugesti harakat yang bisa dipilih dengan mengklik tanda segitiga ke bawah pada setiap kata bahasa Arab.

Mishkal

Setiap kata bahasa Arab yang kita pilih akan muncul keterangan bentuk katanya pada bagian sebelah kiri yang saya tandai kotak merah, ini membantu pembelajar bahasa Arab belajar bentuk kata dan tata bahasa Arab.

Tutorial penggunaan Mishkal bisa Anda simak pada video tutorial berikut.

2. Tashkeel

Website taskil yang kedua bernama rdi-tashkeel.com, jika Anda ingin mencari di halaman google, tuliskan kata rdi juga, jangan hanya tashkeel karena nanti bisa diarahkan ke situs yang lain.

Tashkeel dibuat oleh RDI atau “The Engineering Company for the Development of Digital Systems” yang pertama kali didirikan pada tahun 1993 di Kairo, Mesir. Selain Tashkeel, RDI juga membuat produk lain yaitu Kateb, Sotoor dan Natiq yang semuanya berbasis teknologi paling terbaru berbasi AI.

Untuk menggunakan Tashkeel, silakan masuk ke websitenya di alamat ini:

Link Website RDI – Taskeel

Tampilan awalnya akan berbahasa Inggris, karena Anda akan menulis harakat dalam bahasa Arab, maka perlu dirubah ke tampilan bahasa Arab, sila klik opsi bahasa Arab pada bagian atas sebelah kanan.

Tampilan awal RDI - Tashkeel
Tampilan awal RDI – Tashkeel

Kolom nomer 1 adalah kolom yang bisa Anda gunakan untuk mengcopy pastekan teks yang akan anda tasykil. Jumlah katanya hanya terbatas yaitu 200 kata saja. Klik شكّل yang ada di tombol paling tengah, hasil tasykil akan muncul di kolom nomer 2.

Ada pilihan copy hasil Tasykil, disarankan menggunakan opsi ini daripada mencopas secara manual karena hasilnya akan lebih rapi dari Taskeel langsung.

Saya telah mencoba menggunakan Tashkeel dan hasilnya sangat bagus, kekurangannya adalah jumlah kata yang dibatasi.

Sila simak video sederhana di bawah ini, saya mereview Tashkeel dan membandingkan dengan Mishkal dari Tahadz.com.

3. Learning Aljazeera

Pertama kali mengenal website Learning di situs berita Al-Jazeera, saya dapatkan dari tweet Syaikh Abdullah Mullani dari US, ketika beliau menulis di tweetnya bahwa website ini sangat disarankan untuk anak SD dan SMP yang sedang belajar bahasa Arab.

Saya pun sempat menggunakan video-video bahasa Arab di situs ini untuk mengajarkan bahasa Arab pada santriwati Khadija School Indonesia di Bogor.

Informasi adanya Tashkil online di situs ini baru saya dapatkan ketika mengumpulkan informasi Tasykil online selain Misyhal dan RDI-Tashkeel.

Silakan masuk ke website Learning Al-Jazeera berikut:

Link Website Learning Aljazeera

Scroll ke bawah dan klik tanda Tashkil yang berada di tengah (tanda kotak merah). Video pembelajaran bahasa Arab yang tadi saya sampaikan ada di bawah kolom ini, sila simak juga untuk menambah kosakata dan mendengarkan bahasa Arab.

Opsi Tashkil di Learnign AlJazeera
Tashkil

Selanjutnya, akan muncul halaman Tasykil seperti ini.

Nomor 1 adalah tempat Anda mencopy paste atau menuliskan kata bahasa Arab yang ingin di tashkil. Jumlah katanya tidak terbatas seperti di RDI-Tashkeel.

Centag nomor 2 untuk menyetujui layanan Tashkil

Centang nomor 3 untuk menunjukkan kita bukan robot.

Klik النتيجة untuk mendapatkan hasil Tasykilnya.

Tasykil di website Al-Jazeera ini hasil kerjasama dengan Ma’had Qathar Lil Buhuts Al-Hasubiyah.

4. Arabic-keyboard.org

Tampilan awal ada home, search, translate, tolls, game, learn arabic, dan untuk memberikan harakat pilihlah tasykil huruf.

Cobalah klik Tashkil Huruf

Link Tashkeel Huruf di Arabic Keyboard

Muncul halaman untuk menuliskan teks, kita juga bisa memunculkan keyboard dengan mengklik tanda keyboard + di sebelah kiri atas.

arabic keyboard

Menulis langsung dengan keyboard jadi lebih mudah karena ada bantuan sugesti kata yang ditulis. Di sebelah kiri bawah tersedia tombol-tombol harakat jika kita ingin memberi harakat langsung. Ada tombol Google dan Youtube jika ingin langsung melakukan pencarian.

Berikut ini hasil dari Taskhil menggunakan Arabi Keyboard. Anda bisa lihat langsung keakuratannya.

5. 7Koko.com

Pada tampilan awal website 7koko.com, ada beberapa fasilitas yaitu mengetahui waktu salat negara di seluruh dunia, kamus inggris Arab dan Tasykil. Pilih Tasykil untuk mengharokati otomatis.

Link Tashkeel di 7koko.com

Cara menggunakan tasykil dengan mengkopi teks dan paste di kolom tersedia. Selanjutnya klik tasykil. Ada pilihan untuk menghapus Tasykil dan mencopy hasil Tashkil

Kualitas harakat dari 7koko.com kurang begitu akurat karena terdapat beberapa kata yang tidak diberi harakat dan beberapa kata juga tidak sesuai dengan kaidah tata bahasa Arab.

6. Syakalli

Melalui paragraf sebelumnya kita telah mengenal beberapa situs pemberi harakat yang luar biasa, semuanya dilakukan tanpa perlu mengunduh program apa pun di komputer atau di smartphone Anda. Kita juga mengetahui bagaimana membuat tasykil online dengan mudah.

Melalui paragraf berikutnya kita akan mengetahui lagi bagaimana melakukan taskil online menggunakan salah satu situs terbaik di internet yaitu situs Shakalli yang memiliki sekelompok besar fitur yang akan kita pelajari bersama melalui paragraf berikut.

Syakalli dibuat oleh Sakhr, perusahaan global dalam Teknologi Bahasa Arab, Sakhr telah mendapatkan rangking nomor 1 dalam akurasi dan performance dalam NLP Bahasa Arab (lihat http://www.sakhr.com/index.php/en/)

halaman awal Syakalli
halaman awal Syakalli

Perhatikan teman, website ini memiliki sejumlah fitur besar, dan situs ini termasuk situs yang baru sehigga memiliki banyak kelebihan yang belum tentu dimiliki pendahulunya.

Saya memilihnya menjadi situs atau website terakhir, karena saya ingin meninggalkan yang terbaik di paling akhir.

Link Website Syakalli

Adapun fitur-fitur luar biasa yang bisa Anda dapatkan di Syakalli adalah sebagai berikut:

  • Fitur terpenting yang bisa Anda dapatkan dengan situs ini adalah antarmuka utama yang sederhana dan sangat mudah, dan Anda tidak akan menghadapi masalah apa pun dalam proses penggunaan dan tidak akan ada kesulitan sama sekali. Keakurasian Taskilnya bisa sampai 95%. Wah sangat akurat ya…
  • Selain itu, situs ini menawarkan serangkaian diakritik (tasykil) yang berbeda seperti diakritik penuh (tasykil penuh) yaitu pada kalimat sharaf dan huruf akhirnya, tasykil akhir kalimat saja sesuai tempat i’rabnya, atau diakritik (tashkil) wajib, ketika Anda memulai proses penggunaan, Anda akan dapat mengetahui perbedaan antara setiap jenis sendiri tanpa masalah sama sekali.
  • Website ini berpedoman pada kaidah sharaf dan nahwu dari 7 juta kata yang telah dipilih oleh para ahli bahasa.
  • Anda dapat dengan mudah menggunakan situs ini, baik di ponsel cerdas Anda atau dari komputer Anda dengan mudah, dan Anda tidak akan menghadapi masalah sama sekali dalam melakukannya.
  • Jika Anda men-tasykil lebih dari 5 lembar atau bahkan satu kitab misalnya, maka hasilnya akan dikirimkan via email Anda.

Selanjutnya kita akan belajar bersama bagaimana proses menggunakan situs yang luar biasa ini, mari simak bersama.

  • Klik di sini dan segera Anda akan diarahkan ke dalam situs dan dari sana Anda akan dapat segera memulai proses penggunaan Syakalli.
  • Antarmuka utama akan muncul kepada Anda seperti pada gambar berikut, silakan menulis teks apa pun di dalam antarmuka itu, lalu klik opsi إبدأ التشكيل seperti yang ditunjukkan pada gambar ini, dan segera proses pembentukan ucapan akan dimulai dalam beberapa detik tanpa masalah sama sekali.
proses Tasykil online menggunakan Syakalli
  • Selanjutnya akan muncul hasil Tasykil online.
  • Syakalli memberikan opsi untuk membenarkan harakat yang tidak pas (mirip seperti yang ada di Mishkal) sebelum mensyakallnya, dengan diberi tanda warna merah.
  • Syakalli juga memberikan opsi menyambung ke Mu’jam Muashir dan kata-kata sinonimnya (al-mutaradifat)
Syakalli dan Mu’jam bahasa Arab

Oke, sekian review tentang 6 Website Pemberi Harakat Otomatis Tulisan Bahasa Arab Gundul.

Semoga bermanfaat…

Rekap 6 Website penyedia Harakat Online

  1. Misykal : http://tahadz.com/mishkal
  2. Rdi-tashkeel.com : https://rdi-tashkeel.com/ar/home
  3. Learning Al-Jazeera : http://learning.aljazeera.net/
  4. Arabic-keyboard : http://www.arabic-keyboard.org/tashkeel/
  5. 7Koko.com : 7koko.com/apps/tashkil
  6. Syakalli : https://tashkeel.alsharekh.org/

Ada beberapa website yang dahulu bisa digunakan untuk harakat otomatis namun sekarang websitenya sudah tidak aktif lagi, di antaranya:

  1. Ali-Soft.com
  2. Harakat.ae, pernah saya tuliskan di sini Harakat.ae, Harokat Arab Online.

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

4 Comments

  1. SALAM…
    maaf mengganggu kak, teruntuntuk dari 6 website syakkal tadi, yang paling rekom yang mana kak?? terimakasih kak

  2. Waa’alaikum salam, Terima kasih atas kunjungannya. Dari 6 website Tasykil online di atas, saya merekomendasikan Misykal, Tashkeel dan Syakalli, sila pilih salah satunya.

  3. blog artikel seputar website digital sangat bermanfaat. Berbagai jenis teknologi dimanfaatkan sesuai dengan perkembangan zaman. Augmented Reality Indonesia merupakan teknologi yang mengintegrasikan dunia nyata dengan elemen-elemen digital, seperti gambar dan suara, melalui penggunaan perangkat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *