Yaziji: Aplikasi Pembuat Kalimat Bahasa Arab oleh Dr. Thaha Zaruqi

AHMADBINHANBAL.COMOpen-source kini sudah mulai berkembang pesat, aplikasi-aplikasi berguna dan bermanfaat banyak dibuat dengan metode open source sehingga bisa dipakai dan digunakan banyak orang di dunia.

Open-source juga sudah mulai masuk ke aplikasi pembelajaran bahasa Arab yang sudah saya amati dan ikuti sejak awal tahun 2010 ketika pertama kali saya mengenal Linux Sabily (Linux untuk Muslim). Ketika itu saya mengenal beberapa aplikasi di Linux Sabily yang dikembangkan oleh programmer muslim, seperti Alfanous, Syamilah di Linux, yang kemudian saya ikuti perkembangan aplikasi open source bahasa Arab yang dibuat oleh Dr. Thaha Zerouqi dari Al-Jazair.

Artikel kali ini akan mereview aplikasi website yang dibuat oleh Dr. Thaha yang bernama Iazqi, aplikasi berbasis web ini bisa digunakan untuk membuat kalimat bahasa Arab, hasilnya sesuai kaidah Nahwu dan Sharaf.

Sebelum mempelajari cara penggunaan Yaziji, kita akan belajar terlebih dahulu tentang apa saja struktur kalimat dalam bahasa Arab secara singkat, ini penting agar memudahkan kita saat menggunakan Yaziji, selanjutnya mengenal apa maksud dari Yaziji? apakah kata ini berasal dari bahasa Arab atau dari bahasa lain. Kemudian mengenal Dr. Thaha Zerouqi dan beberapa aplikasi untuk bahasa Arab buatannya yang beberapa sudah saya buatkan tutorialnya.

Setelah beberapa pendahuluan di atas, baru kita akan belajar bersama cara menggunakan aplikasi Yaziji ini. Artikel ini insya Allah masih akan terus diupdate jika terdapat kekurangan dalam penjelasannya, maka saya harapkan komentar dan saran untuk perbaikan artikel ini ke depan.

Apa Saja Struktur Kalimat Bahasa Arab?

Bentuk dasar kata dalam bahasa Arab (dikenal dengan Al-Kalimah) adalah Isim, Fi’il, dan Huruf.

Pengertian Isim, Fi’il dan Huruf

Isim secara garis besar bisa diartikan sebagai kata benda (kata sifat juga termasuk ke dalam isim). Fi’il diartikan sebagai kata yang pada dirinya sendiri mengandung arti dan padanya disandarkan pada waktu: lampau (past), kini (present), dan yang akan datang (future). Dan huruf diartikan sebagai kata yang mengandung arti (dapat dipahami maknanya) jika digabung dengan kata lain. Dengan demikian, huruf tidak akan memiliki makna, kecuali disandarkan pada kata yang lain.

Adapun tahapan-tahapan dalam membuat kalimat bahasa arab adalah sebagai berikut:

  • Harus bisa membedakan antara isim, fi’il, dan huruf. Kalau kita tidak bisa membedakannya, maka dipastikan kita tidak akan bisa menyusun kalimat.
  • Harus mengetahui macam-macam kalimat yang ada dalam bahasa arab dan mengetahui struktur-strukturnya.

Jumlah Ismiyyah

Bahasa arab dari kalimat adalah jumlah. Bahasa Arab memiliki 2 macam kalimat, yakni jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah. Struktur jumlah ismiyah terdiri dari mubtada’ + khabar mubtada’, sedangkan struktur jumlah fi’liyah terdiri dari fi’il + fa’il atau fi’il + fa’il + maf’ul bih.

Misalnya kita ingin menyusun jumlah fi’liyah, maka lihat dulu bagaimana strukturnya. Setelah tahu strukturnya, selanjutnya menyiapakan mufrodat atau kosa kata yang diperlukan. Kemudian selanjutnya menyusun kosakata-kosakata tersebut menjadi kalimat.

Jumlah Fi’liyyah

Begitupun jika kita ingin menyusun jumlah ismiyah, tahapannya sama dengan di atas.

Itulah cara membuat kalimat bahasa arab, baik jumlah ismiyah maupun jumlah fi’liyah. Dengan mengetahui strukturnya, kita bisa membuat kalimat dalam bahasa Arab dengan mudah.

Apa Arti Yaziji, Asal dan Sifat Orang yang Memiliki nama ini?

Saya selalu tertarik dengan nama-nama aplikasi bahasa Arab yang dibuat oleh Dr. Taha Zaruqi, seperti aplikasi beliau yang pertama kali saya kenal adalah Quthrub untuk membuat Tashrif, nama ini diambil dari ulama bahasa Arab, murid Sibawaih yang gemar datang pagi-pagi ke kediaman Sibawaih untuk belajar sehingga dipanggil Quthrub.

Makna Yaziji dalam bahasa Arab dan Turki

Arti Yazji

Ketika saya mencari di laman Google, saya dapatkan keterangan-keterangan yang sangat menarik. Berikut beberapa informasi yang saya kumpulkan.

Yaziji adalah istilah dalam bahasa Arab yang berasal dari Turki. Dikenal pekamaian kata ini di beberapa negara yang dekat dengan Turki yaitu Suriah dan Lebanon. Iazqi berasal dari kata “Yazici“, kata Turki yang berarti “penulis”. Yaziji biasa digunakan sebagai nama keluarga di Turki, tetapi di dunia Arab digunakan sebagai Isim muzakkar. Sebagian orang Arab menggunakan Iazqi sebagai nama keluarga, dengan menambahkan “Al” sehingga menjadi “Al-Yaziji” seperti tokoh ahli bahasa dan sastra dari Libanon, Ibrahim Al-Yaziji.

Yaziji Berasal dari Turki

Menurut orang Turki, Yaziji adalah gabungan dari dua kata, yang pertama adalah “Yaz”, yang berarti orang yang menulis, dan sedangkan “Ji” adalah tanda garis keturunan, ketika digabung menjadi kata Yaziji, yang mengacu sifat yang dicintai dan posisi sangat penting di kalangan Turki kuno.

Sifat Orang yang Memiliki Nama ini

Disebutkan bahwa nama Yaziji selama Kekaisaran Ottoman digunakan untuk menggambarkan seseorang yang fasih menulis, kemudian secara cepat berubah menjadi nama panggilan, nama ini kini sangat populer di negara Turki, ada banyak tokoh Turki terkenal yang menyandang nama ini.

Orang-orang yang membawa nama ini dicirikan oleh memiliki semangat petualangan dan selalu mencoba hal-hal baru sebagai sebagai sebuah kesenangan dan pembelajaran. Yaziji memiliki sifat setia, murah hati kepada teman-temannya, bekerja membantu orang yang kesusahan dan tidak meninggalkan anggota keluarganya dan selalu membantu mereka dengan usaha, fisik atau uang.

Orang yang menyandang nama Yaziji adalah orang yang memiliki makna hidup unik yang berbeda dari yang lain, selalu belajar dari kesalahan masa lalu dan bekerja untuk membangun masa depannya dengan cara yang dia lihat benar, tanpa takut bereksperimen lagi setelah gagal.

Thaha Zaruqi dan Aplikasi Buatannya untuk Bahasa Arab

Saya mengenalnya awal tahun 2010an ketika belajar linux dan open source islami, meski sekarang sudah jarang menggunakan linux tetapi perkembangan aplikasi open source islami masih terus saya ikuti.

Biografi Singkat

Thaha Zaruqi, lahir dari keluarga sederhana di Aljazair pada tahun 1978, tahun 1996 ia mulai belajar ilmu teknologi di universitas yang terletak di ibu kota Aljazair sampai akhirnya ia mendapat gelar Insinyur pada tahun 2001, lalu ia mengambil gelar Magister pada universitas yang sama dan selesai pada tahun 2005, setelah itu ia mengambil gelar Doktoral dalam bidang teknologi dan lulus tahun 2020 yang lalu dengan Tesis berjudul “Towards an Open Platform for Arabic Language Processing“.

Ia bercerita bahwa pada awalnya ia tidak memiliki kecenderungan untuk mempelajari ilmu teknologi, ketika kecil ia baru mengenal komputer dari televisi, dan baru memegangnya ketika ia sekolah di I’dadiyyah ( atau SD sekarang) dan ketika ia lulus dari Albekaloriya (SMP sekarang), oleh gurunya, ia dan teman-temannya diminta untuk menuliskan cita-cita mereka ke depan, maka Thaha Zaruqi meletakkan ilmu teknologi di urutan pertama, kemudian dokter dan penerjemah bahasa Cina, lalu ia memilih nomer pertama, kalau tidak mungkin sekarang ia sudah menjadi dokter spesialis atau bekerja sebagai penerjemah bahasa Cina.

Thaha mulai belajar bahasa pemrogaman pada tahun 1997 sebagaimana teman-temannya, bahasa pertama yang ia pelajari adalah pascal kemudian C lalu php ketika ia mulai belajar membuat website dan mulai bergaul dengan bahasa phython ketika ia sedang meneliti kelebihan dari program Addauli Littadqiq Al-imlai.

Aplikasi Buatan Thaha Zaruqi untuk Bahasa Arab

Sudah banyak program-program islami yang ia buat baik itu pribadi atau kolektif, seperti program ayaspell, bersama pengelola Attaqnin Alarabi ia membuat program Alkalimat Almustab’idah, program Arabic Light Stemmer yang ia beri nama Tasyafin dan program PyArabic bersama Akhi Khalid As-Sam’ah. Dan Quthrub adalah salah satu program yang ia buat secara kolektif bersama programmer yang lain seperti Musthafa Amarah, Isham Hamud, dan Profesor Marwan Albawwab yang menjadi penyunting dari Quthrub. Tutorial cara penggunaan Quthrub bisa Anda baca di tautan ini.

Beliau membuat aplikasi untuk mencari persamaan kata dan lawan kata bahasa Arab bernama Ar-Radif, aplikasi morfologi (tashrif) bahasa Arab bernama Sarf yang awalnya dibuat dalam bentuk aplikasi windows, sekarang sudah ada aplikasi webnya bernama Sarf.One.

Tutorial Penggunaan Aplikasi Yaziji

Yaziji adalah generator kalimat bahasa Arab, untuk mengunjungi webnya, klik link di bawah ini.

Alamat Website Yaziji

Nampak halaman kerja dari Yaziji berikut ini.

http://tahadz.com/yaziji/main
Halaman awal Yaziji

Tutorial Singkat

Sumber:

Thaza Zaruqi, http://tahadz.com/

معنى اسم يازجي بالتفصيل, https://almalomat.com/

Active Search Results (ASR) is an independent Internet Search Engine using a proprietary page ranking technology with Millions of popular Web sites indexed.

Tinggalkan komentar