Bagaimana Membangun Karakter Bangsa?

Salah satu bidang pembangunan yang sangat penting dan menjadi fondasi kehidupan bermasyarakat dan benegara adalah pembangunan  karakter bangsa.

Bangsa yang eksis adalah bangsa yang memiliki karakter dan jati diri yang kuat, pembangunan karakter merupakan wujud nyata menjaga segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Selain itu, pembangunan karakter merupakan sebuah dinamika inti proses kebangsaan yang terjadi tanpa henti dalam kurun sejarah, baik pada zaman penajajahan maupun pada zaman kemerdekaan.

Pembangunan karakter merupakan gagasan besar yang dicetuskan para pendiri bangsa karena sebagai bangsa yang terdiri dari berbagai suku dan bangsa, hal ini sangat penting karena menyangkut kesamaan pemahaman, pandangan dan gerak langkah mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran seluruh rakyat Indonesia.

Dalam hal ini

  1. Karakter merupakan hal yang sangat esensial dalam berbangsa dan bernegara, hilangnya karakter akan menyebabkan hilangnya generasi penerus bangsa.
  2. Karakter berperan sebagai “kemudi” dan kekuatan sehingga bangsa ini tidak berombang-ambing.
  3. Karakter tidak datang dengan sendirinya, tetapi harus dibangun dan dibentuk untuk menjadi bangsa yang bermartabat.

Pembangunan karakter mengacu pada tiga tataran besar

  1. Untuk menumbuhkan dan memperkuat jati diri bangsa.
  2. Untuk menjaga keutuhan NKRI
  3. Untuk membentuk manusia dan masyarakat Indonesia yang berakhlak mulia dan bangsa yang bermartabat.

Pembangunan karakter

  1. Diaktualisaasikan secara nyata dalam bentuk aksi nasional
  2. Melalui pendekatan sistemik dan integratif dengan melibatkan keluarga, satuan pendidikan, pemerintah, dan masyarakat.

Jumal Ahmad / ICD

Tinggalkan komentar