Dekati Al-Quran dengan 4 Software Al-Quran Search Engine ini

Ramadhan, tamu yang agung, sangat merugi jika kita bertemu Ramdhan namun tidak ada perubahan dalam diri kita selepas Ramadhan baik dalam muamalah atau ibadah.

Salah satu cara agar kita bisa mendapatkan banyak pahala adalah dengan mendekati Al-Quran di bulan Ramadhan. Mendekati Al-Quran, bisa dengan membaca, menghafal atau menghayati makna-makna yang ada dalam Al-Quran.

Maka untuk memudahkan pembaca menghayati Al-Quran, saya mencoba mengulas beberapa software pencarian dalam Al-Quran, harapannya bisa membantu pembaca untuk lebih dekat dengan Al-Quran juga agar bisa tahu tentang informasi teknologi Islam, terutama dalam bidang Al-Quran.

4 software yang akan saya bahas adalah :

  1. Alfanous
  2. Lafdzi
  3. Quran Project
  4. Tarteel
alfanousquranicsearchengine_thumb2

Alfanous

Alfanous (yang berarti Lentera) adalah sebuah perangkat penelusuran ayat Al Qur’an yang maju lagi canggih. Tidak hanya sekedar menawarkan kecepatan dan ketelitian dalam pencarian teks dari sebuah ayat. Akan tetapi sekaligus memaparkan berbagai detail informasi yang berkenaan dengan kata yang dicari dan keterkaitannya dengan ayat lainnya.

Singkatnya Alfanous bisa disebut “google”nya penelusuran ayat Al Qur’an. Tahun 2012 Alfanous memenangi Algeria Web Awards kategori religion. Dan pada Mei kemarin kembali meraih predikat The Best Religious website dalam Algeria Web Awards 2013.

Berikut ini beberapa keistimewaan Alfanous :

  1. Alfanous adalah Search Engine , mesin penelusur yang mengedepankan kecepatan, ketelitian dan kestabilan, bukan hanya sekedar perangkat pencari ayat Al Quran
  2. Alfanous adalah Proyek FREE LIBRE OPEN SOURCE siapapun dapat menggunakan dan memberikan kontribusinya dalam perbaikan dan pengembangan kode, desain tampilan, penerjemahan dan kontribusi lainnya
  3. Alfanous dikembangkan menggunakan Bahasa Python, hingga secara independen dapat dibuat dalam tampilan antarmuka web ataupun desktop Android/Iphone/Windows phone, ataupun aplikasi facebook/tweeter/G+ dan lainnya
  4. Alfanous adalah proyek riset yang terus dikembangkan dengan tujuan terwujudnya kecepatan, keunggulan, dan kestabilan dalam penggunaannya
  5. Alfanous adalah aplikasi kaya fitur
  6. Alfanous memiliki beragam Interface dan mendukung banyak platform (windows, linux, web, smartphone)
  7. Alfanous 100% Free alias Gratis untuk digunakan, tidak dikenakan biaya atau iklan apapun
lafdzi-pencarian lafadz al quran_thumb[2]

Lafdzi

Aplikasi ini merupakan hasil dari penelitian skripsi Departemen Ilmu Komputer, Institut Pertanian Bogor oleh Muhammad Abrar Istiadi, S.Kom. Dibuat untuk memudahkan pencarian ayat dengan lafaz tertentu pada Al-Quran hanya dengan aksara Latin biasa berdasarkan pelafalan pembicara bahasa Indonesia, tanpa perlu mengetikkannya dalam aksara Arab.

Enaknya menggunakan Lafzi adalah tidak perlu terlalu pusing dengan detail transliterasi Arab ke Indonesia, yang penting bunyinya sama. Misalnya ketika sahabat mencari ayat yang ada kata  (  الذي خلق ) , maka tidak perlu terlalu detail menuliskan “alladzii kholaqo” cukup anda ketik sembarang “alladzi holako” atau “allazi holako” atau penulisan yang bunyinya hampir sama, maka lafzi akan membantu anda menelusuri dan menampilkan ayat yang dicari.

image_thumb[4]
Quran Project

Quran Project

Dibuat oleh Maulana Almatien, seorang Information Technologi Programmer telah bekerja di dunia IT kurang lebih 14 tahun. Berawal dari keinginannya untuk membangun dunia Islam, dia memulai memikirkan apa yang bisa dia lakukan untuk islam dengan kemampuannya, dengan Resources yang dia miliki  dan dia juga  telah mengikut pengajian, kajian-kajian islam dan organisasi islam. Dan akhirnya dia memutuskan untuk membuat sebuah project yang mana project ini di awali dengan sumber utama yang Allah turunkan yaitu Al Quran.

Quran Project ini hampir sama dengan Alfanous, Project ini menggunakan bahasa indonesia, perkata, bisa mencari kata dengan bahasa arab atau dengan akar kata, bisa dengan bahasa indonesia, lengkap dengan tafsir, terjemah 5 bahasa dengan lebih dari 20 penerjemah. Harapan dari Maulana Almatien, kalau bisa project ini terintegrasi dengan kehidupan sosial ummat islam, sehingga bisa membangun islam secara utuh.

Quran Project bersifat netral dan tidak dimiliki oleh golongan manapun, Quran Project Project adalah dakwah dan Project non komersil. Quran Project dibangun untuk ummat islam agar mudah mempelajari Al Quran dan Assunah.

Quran project ini tidak melulu adalah tentang Al Quran akan tetapi sangat luas jangkauannya. Quran project ini terdiri dari Referensi hadits-hadits, ilmu-ilmu pendukung Al Quran, Sejarah, Science dan lain-lain. Quran Project juga sebagai media informasi untuk ummat dan sebagai sarana media  social  juga sebagai alat bantu lainnya.

Misi Quran Project (QP)

  1. Al Quran menjadi imam untuk muslim
  2. Menyatukan ummat islam dengan Al Quran
  3. Mempermudah muslim dalam mempelajari Al Quran
  4. Memajukan kembali ummat islam dari sisi teknologi, budaya dan ilmu pengetahuan berdasarkan Alquran dan Sunnah
  5. Mengajak ummat untuk mengaplikasikan konsep zakat dan baitulmal sebagai dasar perekonomian islam
  6. Membangun perekonomian islam dengan menguatkan silaturahmi dan ukhuwah islam.

ini contoh pencarian dengan akar kata alif mim dan nun
http://quranuniverselife.org/search/words-ar/امن

Tarteel

Tartil (bahasa Arab: ترتيل‎) merupakan sebuah bentuk aturan dalam pembacaan Al-Qur’an yang berarti membaca Al-Qur’an secara perlahan dengan tajwid dan makhraj yang jelas dan benar. Allah mewajibkan umat Muslim untuk membaca Al-Qur’an dengan tartil sebagaimana firman Allah: “Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan tartil.” (QS. Al-Muzzammil: 4).

Berdasarkan ayat di atas, aplikasi AI Tarteel dibuat oleh beberapa programmer muslim yaitu Abdellatif Abdelfatah seorang software enginer di Twitter, Ali Abdallah menchanical enginer di Tesla, BaHaa Jr software enginer, Mohamed Omran software developer di Fixed Solutions kemudian Abu Bakar Abid dan Ali Abid keduanya PhD di Stanford University.

Keunggulan Tarteel

Ada keunggulan dari Tarteel yang ditunjukkan developer yaitu Recite, Memorize, and Search the Quran yaitu membaca, menghafal dan mencari ayat Al-Quran.

Recite (Membaca)

Fitur recite (membaca) memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan secara langsung bacaan Al-Quran yang didukung oleh Artificial Intelligence terbaru. Algoritma mengikuti kata demi kata pengguna dan menyoroti bagian yang mereka baca. Sangat membantu ketika pengguna membaca Al-Quran dan ingin mendapatkan petunjuk posisi bacaan dan atau mengikuti Imam atau rekaman audio.

Font Al-Quran sudah sesuai dengan mushaf standar yaitu mushaf Usmani atau cetakan Al-Quran madinah.

Memorize (Menghafal Al-Quran)

Seseorang sudah menghafal beberapa surat dalam Alquran, misalnya juz 30 dan juz 29. Ketika mendengar bacaan Alquran dari seseorang atau audio mp3, seringkali kita ingat ayat tersebut, tapi tidak 100%. Ayat berapa dan surat apa kita terlupa.

atau dalam kasus lain, ketika mengulang hafalan sering sekali kita menoleh lembaran Al-Quran untuk mengetahui ayat yang selanjutnya kita baca. Menggunakan Tarteel, kita dimudahkan untuk meninjau dan mempraktikkan hafalan Alquran mereka. Aplikasi melakukannya dengan menyembunyikan semua kata yang belum diucapkan, dan menyingkapkannya saat pengguna mengucapkannya. Fitur tersebut, membantu sangat membantu pengguna dalam mengulang hafalan Al-Quran dan bahwa pengguna tidak merusak hafalan mereka dan membaca bagian yang tidak mereka baca.

Search the Quran (Mencari Ayat Al-Quran)

Tarteel adalah aplikasi yang menggunakan AI untuk mendengarkan pembacaan Quran dan mengidentifikasi Ayat yang Anda baca. Tarteel menggunakan model speech-to-text kemudian melakukan pencarian teks untuk menemukan kecocokan ayat. Jika ayat tidak cocok maka pencarian berhenti atau dihasilkan kata mirip dengan kalimat yang kita ucapkan.

Aplikasi Tarteel bisa membantu kita mencari ayat tersebut dan memberikan daftar kata yang kita cari dalam seluruh ayat Alquran. Hasil dari pencarian adalah katalog ayat dan surat Alquran.

Satu pemikiran pada “Dekati Al-Quran dengan 4 Software Al-Quran Search Engine ini”

Tinggalkan komentar