Kenapa punya saya jumlah kitab yang bisa didownload hanya 91?

Pertanyaan:

@hisyamms1027: izin bertanya, kenapa punya saya jumlah kitab yang bisa didownload hanya 91?

Jawaban

Ribuan koleksi kitab terkumpul di Maktabah Syamilah yang mudah dikelola, praktis, murah dan informasi isi kitab dapat ditemukan dari menu search, sehingga tidak banyak menghabiskan waktu untuk mendapatkan informasi di dalamnya. Program ini dapat diunduh dari internet dengan alamat https://shamela.ws/page/download

Maktabah Syamilah sudah diupdate sampai pada tingkat ke empat (4.0) pada awal bulan Januari 2021. Tampilan layar utama dari Maktabah Syamilah 4.0 seperti tampak pada gambar di atas.

Jika anda memakai versi Maktabah Syamilah sebelumnya dengan kode nomor 3 (3.48, 3.57, 3.64, dan 3.65) akan tampak tampilan berbeda, menu pencarian kitab yang sebelumnya ada di pokok kanan atas dan cukup ramai, kini disederhanakan dengan 5 icon penting saja.

  1. Memilih kitab. Fungsi ini terdapat pada ikon gambar buku terbuka.
  2. Membuka al-Quran. Fungsi ini terdapat pada ikon gambar al-Quran.
  3. Pencarian (search). Mencari penggalan teks yang terdapat dalam sejumlah kitab yang dipilih. Fungsi ini terdapat pada ikon gambar kaca pembesar.
  4. Download PDF. Fungsi ini terdapat pada ikon gambar logo PDF.
  5. Update kitab. Fungsi ini terdapat pada ikon gambar logo ceklist berwarna hijau (atau merah jika ada kitab yang perlu diupdate).

Perlu menjadi perhatian bahwa Maktabah Syamilah 4.0 berbeda dengan Maktabah Syamilah versi 3 sebelumnya, karenanya anda tidak bisa update dari Syamilah versi 3 menjadi versi 4.0. Anda harus unduh file baru Maktabah Syamilah 4.0.

File download Syamilah 4 terbagi menjadi dua yaitu

  1. Versi software tanpa kitab | 266 Mb. DOWNLOAD FILE
  2. Versi software plus kitab | 6,82 Gb DOWNLOAD FILE

Pada percobaan di laptop, saya gunakan Versi software tanpa kitab karena software Syamilah 3.65 masih ada di laptop. Selanjutnya Syamilah akan membuat folder baru di Komputer dengan nama Shamela4.

Jika file yang bisa diunduh hanya 91, insya Allah masih bisa ditambah yaitu dengan update kitab dari menu At-Tarqiyah di sebelah kiri atas. Setahu saya tidak ada batasan jumlah unduh, bahkan sering ada info kitab-kitab baru yang bisa diunduh.

Di bawah ini video cara install dan update kitab di Syamilah 4.

Sila disimak juga.

Penjelasan cara instal dan update Maktabah Syamilah 4

Tautan pertanyaan.

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID