Doa agar Disegerakan Haji dan Umroh

Siapa yang gak ingin bisa beribadah di tempat yang suci dan penuh berkah di kota Makkah dan Madinah. Apalagi jika bisa menyempurnakan rukun Islam yang kelima, rasanya ibadah jadi lebih sempurna. 

Senin lalu, sewaktu kajian di Masjid Pondok Indah yang diisi oleh Ust Ibrahim Halali, membahas tentang Dahsyatnya Shalawat. Beliau membahas banyak keutamaan shalawat. 

Beliau juga bercerita pengalamannya ketika dulu sebelum menjadi pembimbing haji dan umrah, beliau bertanya kepada seorang kiyai tips agar bisa haji dan umrah. 

Lalu kiyai tersebut memberikan nasehat agar membaca potongan shalawat yang ada di shalawat Barzanji yang bunyinya seperti ini. 

 يَا رَبِّ يَاسَامِعْ دُعَــــــــــــــــــــــانَا   ۞   يَارَبِّ بَلِّغْنَا نَـــــــــــــــــــــــــــــــزُوْرُهْ

Ya robbi yaa saami’ du’aanaa – Ya robbi ballighnaa nazuuruh

Ya Allah, wahai Zat Yang Maha Mendengar doa kami.

Ya Allah, sampaikan kami ziarah ke makamnya

Dibaca sesering mungkin. Alhamdulillah dengan mengamalkan bacaan di atas, beliau sekarang menjadi pembimbing haji dan umroh. 

Bisa diamalkan juga doa dari Nabi Ibrahim Alaihissalam dalam surat Al-Baqarah ayat 128, agar disegerakan untuk cepat dipanggil Allah sebagai tamunya (beribadah haji).

Berikut bunyi ayat tersebut

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۖ إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Rabbana waj’alna muslimaini laka wamin dzurriyyatina ummatan muslimatan laka wa arina manasikana watub ‘alaina innaka antat-tauwwabur rahim”

Artinya. “Wahai Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang taat kepada-Mu, begitu pula anak keturunan kami. Jadikanlah mereka ummat Islam, ajarkanlah cara-cara beribadah haji kepada kami, ampunilah dosa-dosa kami. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang kepada semua makhluq-Mu.”

Menurut Ustaz Rafiq Jauhary Lc dalam keterangannya di website BPKH Indonesia, bahwa dalam ayat ini ada bunyi kalimat “ajarkanlah cara-cara beribadah haji kepada kami” yang berisi doa agar umat Islam yang ingin segera berangkat ke baitullah bisa segera mendapatkan undangan Allah SWT.

Mari amalkan doa ini, agar kita bisa berkunjung ke kabah dan makam Nabi Muhammad saw. 

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID